"Mama mana?" Jungkook nanya Taehyung yang gendong dia sambil turun tangga. Mau makan malam, ngga liat mamanya siapin makanan. Di meja terhidang masakan siap saji.
Taehyung dudukin Jungkook ke kursi dulu baru jawab.
"Mama Nana pergi ke London. Gantiin papamu kerja, mama mu pinter. Jadi bisa berurusan. Iyakan?" Taehyung berusaha setenang mungkin, gantian natap wajah tiga orang lainnya yang dibikin biasa aja. Jimin sama Chanyeol yang paling jago. Tu anak bedua kayak ngga berdosa banget amjim mukanya. Emang gada dosa sih mereka mah sama Yoona. Kalo si Yoongi emang dari sononya gak ketebak. Datar-datar aja sambil main ponsel. Namjoon sibuk makan, iyain omongan Taehyung.
"Lama da? Adek mau mekap-mekap sama mama"
Kok nyes ya? Empat orang dewasa itu seketika ngerasain tertohok luar biasa. Gimana nanti? Gimana jelasin ke Jungkook kalo mamanya gak pulang-pulang? Sementara Yoona gak mungkin pulang lagi ke rumah sini. Gimana jelasin kalo Namjoon sama Yoona itu bukan orang tua kandungnya? Masing-masing dari mereka berpikir keras. Sampai suara Jungkook yang minta nasi mecah lamunan.
"Jung—"
Chanyeol mau buka suara, tapi gelengan kuat dari Namjoon bikin dia urungin niat. Jungkook cuma jawab "Hm" doang, mulutnya lagi penuh.
Nelan, "Apa kamu? Mau lampok aku?" Sumpah random. Tapi ke gaje an Jungoo bikin suasana sedikit lebih cair.
"Mau cium"
"IH DA MAU. TAEBUNGIE LIAT CENDOL, DIA MAU LEBUT AKU LOH" Toa banget. Membahana pula. Seluruh ruangan yang awalnya sepi macam goa, sekarang lebih rame berkat celotehan Jungkook.
"AKUU TAK mudah MENCINTAI TAKKK mudah bilang ciNTA TAPI MENGAPA dengan TAEBUNGIE aku JATUH CINTAAAA" Karaoke an seru bener. Taehyung yang denger cuma bisa lemparin kulit kacang ke kepala Jungkook.
"HEH KAMU LEMPAL-LEMPAL! ILI YA SUALAKU BAGUS?" Sip, yang dituduh Chanyeol, karna Chanyeol juga makan kacang. Gak terima dong, si abang dituduh. Dia nendang pelan pantat Jungkook yang ketutup pampers sampe tu anak rada maju gara-gara dorongan kaki panjang Chanyeol.
"KALO PANTATKU TILUS TANGGUNG JAWAB" Bales injek kaki Chanyeol, terus tarik rambutnya sampe Chanyeol dongak. Aib banget, Jungkook sampe ngakak. Yoongi yang biasanya macam gada tanda-tanda kehidupan, mulai narik senyum keatas lihat kelakuan anak Namjoon yang udah dia anggap keponakan.
"Eh kamu senyum? Coba lagi. Manis banet tau, aku kalah deh" Ganti posisi jadi ke pangkuan Yoongi. Narik-narik bibir tipis Yoongi yang diubah si empu jadi datar lagi. Tatapannya jadi dingin lagi. Liat perubahan ekspresi Yugi, Jungkook jadi kesel. Dia nabok pipi kanan si pucat terus bilang,
"SEMPAK MASIH KUMAMON DA USAH SOK KELAS"
Nying. TaeCenJimNam pen ngakak tapi takut mati.
Pagi jam setengah sebelas, Jimin siramin bunga mawar di halaman Namjoon. Cantik, bunganya udah pada mau mekar. Adek lagi berenang di kolam plastik yang kalo mau make mesti dipompa dulu. Dia ketawa riang, cuaca hangat emang paling pas berenang di luar. Suasananya adem, Namjoon baca buku di bangku panjang, Yoongi dengerin musik, Jimin rawat tanaman, Chanyeol sama Taehyung asik ketawa sambil nyemil. Makan terus, kalo di Daegu jam segini gak mungkin mereka leha-leha, makan-makan eperi taim. Enak juga jadi orang kaya. Gak sabar kerja keras biar kaya. Kaya monyet kata Jungoo.
Dari tadi malam, Namjoon gak bisa tidur. Ya lu bayangin aja, tidur di kamar yang pas siang tadi ada orang gantung diri. Akhirnya Namjoon mutusin buat pindah jadi ke ruang tamu. Bayangan Yoona bikin dia gak bisa merem. Kalo kalian nanya gimana proses pemakamannya, Namjoon udah serahin ke saudara jauh Yoona. Dan meminta mereka buat bungkam masalah ini karena gak mau Jungoo tau.
Saluran televisi di matikan Namjoon, bilang kalo tv nya rusak. Jadi adek seharian gak nonton tv apapun termasuk berita, kalo mau pinjem hp juga aplikasi berita terupdate dihapus. Namjoon gak nutupin kematian istrinya dari media, takutnya banyak yang salah paham, menduga Namjoon lah yang membunuh. Dia cuma belum kuat lihat anaknya murung.
Sampai sekarang masih belum nyangka Yoona udah gak ada. Hari-hari biasa yang mereka lalui berasa mimpi. Walaupun jarang ngumpul, tapi sejauh ini Yoona termasuk istri yang bertanggung jawab atas Namjoon. Nyiapin air hangat pas suaminya pulang kerja, bikinin kopi, mijet pundak, bantu susun dokumen segala macam.
"HUWAAAA" Tangisan pecah Jungkook membuyarkan semua kegiatan orang yang ada di halaman itu. Dia kegelincir, nangis bukan karna sakit, tapi karna bebek karetnya kempes gegara gak sengaja ketindih kenceng. Si Bubi; nama pelampung bebek adek, meregang nyawa.
Semuanya 'kan pada sayang Jungoo, jadi otomatis khawatir, lepas kegiatan demi bantu dejung. Kecuali Chanyeol, dengan laknatnya itu orang ngakak.
"Hati-hati, ini licin. Kan udah dibilangin jangan naik turun" Perkataan Yoongi bener, seandainya aja adek gak keluar masuk kolam, gak turun naik seluncuran dia gak bakal jatoh.
Jungkook moyongin bibir, tadi nangis bohongan. Gak ada sakit-sakitnya, kan dia jatoh di atas pelampung.
"Gapapa?" Taehyung bantu berdiri, ngeraba-raba badan adek, takutnya ada yang lecet. Tetiba Chanyeol ikutan berdiri.
"Gapapa?!" Ikutan ngeraba, mau goda si kecil. Sesuai kemauan cendol; mau bikin Jungkook sebel. Berhasil, adek nepis tangan Chanyeol terus otw gigit tapi ditahan.
"LIAT TAEBUNGIE! DIA LABA ASET KAMU"
Taehyung nyentil bibir Jungoo, "Masih kecil bahas aset"
Semua kembali ke kegiatan setelah mastiin Jungkook gapapa. Adek juga lanjutin berenangnya. Besok-besok dia mau ajak keong berenang bareng ah. Mau ikut da kalian?
KAMU SEDANG MEMBACA
[Taebungie Saranghae]
RandomBerawal dari penculikan anak menggemaskan BUKAN HOMO WOY, INI BROTHERSHIP-! #1 - th