Melihat kepergian kedua putrinya. Permaisuri Li Wei merasa dia tidak pernah merawat dan melihat bagaimana putrinya tumbuh, dan sebagai seorang Ibu, ia bahkan tidak mengenali sifat kedua anaknya, Apa dirinya adalah Ibu yang buruk?
Setelah mengantar Putra Mahkota dan keedua putrinya pergi, Permaisuri Li Wei berjalan di sepanjang koridor istana bersama beberapa dayang di belakangnya. Wanita itu melihat kesana-kemari memperhatikan setiap sudut jalan yang dilewatinya.
Nampak sepi. Itulah yang permaisuri Li Wei rasakan. Para pelayan yang melihat Permaisuri Li Wei pun segera menunduk memberi hormat, tetapi ia mengacuhkan nya. Pikirannya saat ini dipenuhi ulah-ulah Chu Mei yang selalu membuat keributan dan membuatnya marah.
Permaisuri Li Wei melewati kediaman matahari milik Xia Ai, kemudian berhenti sejenak untuk melihat suasana di kediaman matahari yang sederhana tanpa adanya barang-barang mahal dan berharga.
Sungguh ia baru memperhatikan keadaan kediaman ini, keadaannya jauh dari kata mewah yang seharusnya untuk seorang putri kekaisaran besar.
Pelayan yang melihat junjungan mereka berhenti di kediaman matahari dibuat bingung. Bukankah Permaisuri tidak pernah perduli pada Putri Sulung? Mengapa setelah Putri Sulung pergi, Permaisuri tiba-tiba memperhatikan Kediaman Matahari? Sungguh aneh.
"Dayang Cho, apakah Kediaman Matahari memang seperti ini sejak bertahun-tahun lalu?" Tanya Permaisuri Li Wei pada dayang Cho, karna ia sama sekali tidak tahu apapun tentang putrinya.
"Menjawab Yang Mulia, kediaman matahari memang seperti ini sejak bertahun-tahun lalu. Sederhana dan polos, Yang Mulia." dayang Cho menjawab apa adanya yang ia tahu sejauh ini.
"Mengapa tidak ada barang-barang mahal dan mewah di kediaman Putri Sulung?" Sekali lagi permaisuri bertanya, ia masih tidak mengerti mengapa kediaman putrinya sangat berbeda dari kediaman awan milik Mei Lan yang glamor.
"Menjawab Yang Mulia, setahu hamba Kediaman Matahari tidak pernah mendapat kiriman barang-barang mewah dan mahal seperti Yang Mulia sebutkan. Dan tuan putri sulung juga tidak pernah meminta apapun selain beberapa pakaian, buku, dan barang lainnya yang dia perlukan,"
Dayang Cho menjelaskan, meskipun ia bukan pelayan dari Kediaman Matahari, tapi ia mendengar banyak dari beberapa pelayan yang berlalu-lalang.
"Mengapa seperti itu? Bukankah setiap bulan kaisar selalu mengirim beberapa barang bagus di setiap kediaman para putri. Kenapa Kediaman Matahari tidak mendapatkan nya?" Tanya Permaisuri Li Wei cukup heran. Siapa yang menyeludupkan barang-barang yang seharusnya diterima putrinya?
"Mohon ampun Yang Mulia, hamba mendengar bahwa setiap barang yang dikirimkan Yang Mulia Kaisar selalu masuk di kediaman putri bungsu, Yang Mulia." dayang Cho berkata jujur, sebenarnya ia juga kasihan melihat kehidupan kedua putri yang selalu diacuhkan.
"Bagaimana bisa?! Siapa yang memerintahkan perubahan seperti itu?!" Sentak Permaisuri Li Wei. Ia cukup marah mendengar bahwa putrinya tidak mendapatkan hak yang seharusnya dia dapatkan, ia tidak tahu mengapa dirinya seperti ini. Bukankah ia juga tidak memberikan kasih sayang yang sama rata pada ketiga putrinya?
"A-ampun Yang Mulia, Pu-putri Mei Lan yang memerintahkan perubahan i-tu." dayang Cho menjawab dengan tubuh gemetar.
"Sejak kapan Putri Mei Lan melakukan ini?" tanya Permaisuri yang pusing mendengar putrinya melakukan kejahatan selama ini, ia duduk di kursi di depan kediaman.
"Menjawab, Yang Mulia. Sekitar 5 sampai 7 tahun lalu,"
"Hufft, Bengong benar-benar tidak tahu masalah ini. Lalu, apakah kediaman bulan juga sama keadaan nya?" Permaisuri Li Wei beralih menanyakan kediaman Chu Mei.
"Iya, Yang Mulia."
"Baiklah, mari lanjutkan perjalanan menuju Kediaman Naga milik kaisar" Permaisuri Li Wei bangkit dari duduknya dan berjalan menuju Kediaman Naga, untuk menanyakan masalah ini. Ntah mengapa ia menjadi perduli pada kedua putrinya yang telah pergi.
Setelah sampai, Kasim mengumumkan kedatangan permaisuri.
"YANG MULIA PERMAISURI MEMASUKI KEDIAMAN" Kasim berteriak lantang.
Kaisar Wang yang mendengar kedatangan permaisuri nya pun tetap tenang sambil membaca buku.
"Salam, kaisar." Permaisuri Li Wei memberi salam pada suaminya yang berstatus kaisar dengan hormat.
"Silahkan duduk, Permaisuri. Ada apa gerangan dirimu datang, tumben sekali?" Kaisar Wang langsung bertanya, karna ia cukup penasaran.
"Suamiku, apa kau mengirimkan barang-barang ke Setiap kediaman putri kita setiap bulan nya?" tanya Permaisuri Li Wei setelah duduk dan berbicara dengan raut wajah serius.
Kaisar Wang cukup terkejut dengan pertanyaan istrinya. Pertanyaan macam apa itu? Tentu saja ia mengirim barang-barang di setiap kediaman putrinya secara merata, meskipun ia tidak terlalu perduli, tetapi ia masih memiliki rasa kemanusiaan pada kedua putrinya yang ia acuhkan.
"Tentu saja. Pertanyaan macam apa ini?" Ujar Kaisar Wang heran.
"Lalu mengapa kediaman matahari terlihat begitu polos dan sederhana? Sama sekali tidak mencerminkan kediaman putri kekaisaran besar,"
Pria paruh baya itu terkejut mendengarnya. Ia memang beberapa kali melewati kediaman matahari, tapi ia tidak terlalu memperhatikan keadaan kediaman itu.
"Tidak mungkin, aku sudah mengirim kan secara merata dan barang nya pun sama. Bagaimana bisa seperti itu? Kemana barang-barang itu?" Tanya kaisar Wang heran dengan laporan istrinya.
"Dari informasi yang ku dengar dari Pelayan ku, dia mengatakan bahwa Mei Lan yang mengambil semua barang-barang yang seharusnya untuk Kediaman Matahari dan Bulan,"
Ia juga masih tidak percaya bahwa putri kesayangannya melakukan hal semacam ini. Apalagi 5 sampai 7 tahun itu bukanlah waktu yang singkat.
"Bagaimana bisa?! Tidak mungkin Mei'er melakukan hal itu, pelayan itu pasti membual!"
Kaisar Wang tidak percaya. Diantara dirinya dan istrinya, ia lah yang paling menyayangi Mei Lan seperti sebuah permata di telapak tangan nya.
"Aku pun tidak tahu, tapi pelayan ku tidak mungkin berbohong. Aku menjadi prihatin pada kedua putri ku selama ini hidup tanpa kecukupan,"
Permaisuri Li Wei berucap pelan sambil menunduk, entah mengapa ia menjadi sangat bersalah. Meskipun dia sangat mampu menghidupi ke anak nya tapi ia melakukan sebuah kecerobohan, ia sangat menyesal!
KAMU SEDANG MEMBACA
Triplet Princesses [END]
Fantasy'_Wang Xia Ai. Istri terkasih dan cinta pertama Zang Xuen Chi _' Di Kekaisaran Wang. Kaisar Wang beserta Permaisuri Li Wei dikaruniai tiga putri kembar yang diberi nama Wang Xia Ai, Wang Chu Mei, dan Wang Mei Lan. Ketiganya disayangi dan dicintai ol...