13 ( bagian 2 )

3.7K 489 9
                                    

Xu Qing menemukan cangkir kayu yang digunakan ayah Xu untuk membawa air ketika dia mendaki gunung, dengan sumbat kayu sederhana di atasnya untuk mencegah air bocor.

Dia mengisi cangkir dengan mata air spiritual selebar dua jari dan membawa ember kayu menuju sungai. Mengikuti hulu sungai, ia menemukan daerah dangkal dan memasukkan ember kayu ke dalam air. "Hiss, ini agak dingin!"

Saat ini masih belum cukup hangat, dan airnya agak dingin. Xu Qing menuangkan mata air spiritual ke sekitar ember sedikit demi sedikit. Tak lama kemudian, empat ikan mas berukuran relatif besar berkumpul di dekat ember, yang terbesar berbobot sekitar dua kati dan yang terkecil sekitar satu kati!

"Terjebak dalam perangkap!" Xu Qing dengan bangga memanfaatkan ikan yang menikmati mata air spiritual dan memasukkannya ke dalam ember kayu. Bagaimanapun, ikan itu akan memakan mata air tersebut, dan pada akhirnya, dialah yang akan memakan ikan tersebut. Dia tidak mempermasalahkan potensi pemborosan mata air spiritual.

"Oh, bukankah ini ger jelek?"

Ya ampun, suara itu membuat Xu Qing merinding! Itu terlalu banci!

Dengan gemetar, Xu Qing berbalik sambil masih memegang ember kayu dan melihat seorang paman yang gemuk. Eh, ada tahi lalat merah di keningnya, ciri khas ger. Paman itu membawa keranjang bambu berisi pigweed di punggungnya. Dia sedang menatap Xu Qing.

"Aku lupa mengumpulkan pigweed..."

Siap ini?

Xu Qing merasa otaknya tergagap. "Siapa kamu?"

Wei Ama, yang sudah lama tidak melihat ger jelek itu, menyadari bahwa ger jelek itu tidak lagi "jelek". Ck ck, meski wajahnya sedikit memerah, dia lebih cantik dan mulus dibandingkan ger lain di desa. Ketika Wei Ama mendengar ger jelek itu bertanya siapa dia, dia tidak curiga. Lagipula, pemilik aslinya jarang mengunjungi desa tersebut, jadi bisa dimaklumi jika dia tidak mengenali Wei Ama.

"Oh, ini aku, Wei Ama. Aku tinggal di pintu masuk desa! Kamu jarang datang ke desa, jadi wajar jika kamu tidak mengenalku. Oh?! Mengapa kamu menangkap begitu banyak ikan berduri?" Wei Ama mendekati Xu Qing dan mencium bau amis yang menyengat. Ketika dia melihat ke bawah, dia melihat ger jelek itu membawa ikan berduri yang keluarganya tidak mau makan!

Meskipun Wei Ama terlihat natural dan ramah, kata-katanya tidak menunjukkan rasa jijik atau permusuhan. Namun, saat melihat simpati di mata Wei Ama, Xu Qing merasa sedikit tercekat.

"Aku... aku akan memakannya." Apakah tidak apa-apa? Lagipula, akulah yang memakannya. Itu tidak ilegal, kan?

"Memakan itu?!"

Ya ampun, Wei Ama tiba-tiba merasa bahwa ger jelek itu sungguh menyedihkan. Karena tidak ada orang dewasa yang merawatnya di rumah dan tidak ada yang mengkhawatirkan pernikahannya, dia sudah mencapai usia untuk bertanding secara resmi, namun di sinilah dia, memakan ikan berduri. Ah, sungguh menyedihkan!

"Oh? Wei Ama?"

Xu Qing menemukan sepotong roti kukus di tangannya. Itu diberikan kepadanya oleh Wei Ama.

"Ini makanan kering yang aku bawa, tapi saya tidak memakannya. Selesaikan saja. Jika kamu mengalami kesulitan di masa depan, temui aku! Ikan berduri ini tidak enak untuk dimakan!"

Begitu Wei Ama memasuki desa, dia bertemu dengan Xie Ama yang sedang membawa pulang sayuran. "Ya ampun, sayuran Xie terlihat segar sekali!"

Xie Ama melirik dan menyadari bahwa itu adalah keluarga Wei dari pintu masuk desa. Meskipun orang ini berbicara terus terang, mereka memiliki hati yang baik. Mendengar pujian tersebut, Xie Ama dengan murah hati menyerahkan seikat sayuran ke dalam keranjang bambu Wei Ama.

"Memang, keluargaku yang terdiri dari dua orang tidak bisa makan sebanyak itu. Bawa pulang dan cicipi!"

Wei Ama juga tidak ragu-ragu dan tersenyum sambil mengucapkan terima kasih kepada Xie Ama. Kemudian, dia teringat bertemu dengan ger jelek di tepi sungai dan merasa sedikit ragu. "Biarkan aku memberitahumu sesuatu. Aku baru saja bertemu dengan ger jelek di tepi sungai!"

Xie Ama mengangkat alisnya. Ger yang jelek? Keluargamu yang jelek!

Wei Ama, karena tidak sadar, tidak mengerti dan berpikir Xie Ama juga prihatin. Jadi dia melanjutkan menceritakan pertemuannya dengan Xu Qing.

"Apa?! Makan ikan berduri?!"

Xie Ama hampir berlutut di depan Xu Qing. Dia akan menikah, tapi apa yang sedang dilakukan Xu Qing? Mungkinkah anak ini makan ikan berduri hanya untuk menghemat uang?

"Wei Ama, ini sudah larut. Mari kita bicara lain kali!" Xie Ama hampir berharap mereka bisa terbang ke rumah Xu Qing untuk melihat bagaimana kehidupannya!

Wei Ama melihat ke langit dan menyadari waktunya. "Ya ampun, ini sudah sangat larut. Aku harus pulang dan memasak. Baiklah, lain kali kita akan ngobrol baik- baik!"

Setelah mengatakan itu, Wei Ama buru- buru membawa makanan babi dan berjalan pulang. Saat ini, dengan bertani di musim semi dan terlambat memasak, sang suami akan mulai menggerutu!

Xu Qing membawa pulang ikan itu dan menyimpannya. Dia langsung pergi ke kebun sayur untuk mengumpulkan pakan babi. Setelah memberi makan anak babi yang agak gemuk itu, dia selesai membersihkan ikan ketika dia mendengar ketukan di pintu diiringi suara Xie Ama.

"Saudara Qing? Ini Xie Ama!"

Xu Qing membuang sisa air dari tangannya. Jika bukan karena Xie Ama, tidak ada orang lain yang akan datang mencarinya.

"Aku datang!"

Saat Xie Ama mendekat, dia mencium bau amis.

"Ya ampun, kamu benar-benar ingin makan ikan berduri? Jika kamu mengalami kesulitan, beri tahu Xie Ama! Ayo, ayo pergi ke rumahku dan makan!"

Saat Xie Ama bersiap untuk menarik Xu Qing, Xu Qing dengan cepat menghindar.

"Hei, hei, hati-hati. Aku baru saja menangani ikannya. Baunya kuat!"

[Kelahiran Kembali] Kisah Bertani Ger Jelek [END]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang