19

3.7K 459 0
                                    

Saat itu tengah hari, dan asap mengepul dari setiap rumah di desa, menyerupai untaian awan yang melayang di udara.

Xu Qing menyelesaikan makan siangnya di rumah Paman Xie dan pulang dengan pakaian pengantin barunya di tangan.

Saat dia berjalan keluar dari pinggiran desa, dia sudah bisa melihat rumahnya, sebuah tempat tinggal terpencil di pegunungan. Saat membuka gerbang halaman, dia mendengar jeritan anak babi dari kandang babi. "Baiklah, aku perlu mengumpulkan pakan babi sore ini. Jangan biarkan dia kelaparan dan kurus!"

Dia dengan rapi meletakkan gaun pengantin itu di lemari dan menyentuhnya dengan lembut. Dalam beberapa hari, dia harus memakainya. Menutup pintu lemari, dia mengganti pakaian yang ditambal dan mencuci pakaiannya yang dibuang di dekat sumur, menggantungnya hingga kering di halaman. "Matahari semakin panas. Sepertinya hari-hari pembajakan musim semi sudah dekat."

Xu Qing mengenakan ransel, mengambil pisau, mengunci gerbang halaman, dan menuju ke ladang sayur untuk mengumpulkan pakan babi. Dalam beberapa hari, dia harus mulai menggali tanah, jadi dia perlu merapikan permukaannya dengan cepat demi kenyamanan.

"Keluarga Zeng ada di sini untuk ngobrol!"

Di bawah pohon pagoda besar di desa, beberapa ger paruh baya sedang duduk bersama, terlibat dalam percakapan yang hidup. Salah satu dari mereka, berpakaian abu-abu, melihat ger paruh baya lainnya mendekat dari sisi berlawanan dan dengan cepat menyapanya.

"Hei, kemarilah! Itu tidak lain adalah kamu!" Ger bernama Zeng, menanggapi dengan senyum ceria, teringat bahwa dia telah menemukan sesuatu yang penting hari ini. Dia ingin mengobrol baik dengan mereka tentang hal itu!

Zeng Ama ini tidak lain adalah orang yang ditemui Xu Qing di apotek hari ini!

Zeng Ama duduk di samping ger berpakaian abu-abu, memandang yang lain di seberang dan dengan santai bertanya, "Apakah kalian semua sudah makan?"

Para ger mengangguk dengan sopan, merasa agak tidak nyaman. Pria dari keluarga Zeng ini ahli dalam pertukangan dan sering dicari untuk berbagai perayaan atau tugas lainnya di desa. Jadi, Zeng Ama menjalani kehidupan yang lebih nyaman dibandingkan mereka. Namun, Zeng Ama memiliki lidah yang tajam dan dikenal suka melebih-lebihkan.

Ger berbaju abu-abu, yang juga dekat dengan Sun Ama dan Zeng Ama, senang mencampuri urusan orang lain untuk memperkaya dirinya sendiri dan menghibur orang lain.

"Ck ck, apakah jepit rambut di kepalamu itu terbuat dari perak?!" Begitu Sun Ama

melihat Zeng Ama duduk di sebelahnya, dia melihat jepit rambut perak di kepalanya dan merasakan sedikit rasa asam di hatinya. Suaminya sendiri hanyalah seorang petani tanpa keahlian khusus, dan kehidupan mereka hanya sekedar pas- pasan, tidak seperti keluarga Zeng yang sejahtera.

Melihat semua orang juga memandang kepalanya dengan iri, Zeng Ama dengan bangga memutar pinggangnya dan dengan sengaja menyentuh jepit rambut perak di kepalanya dengan sangat hati-hati.

"Yah, tentu saja! Akhir-akhir ini, suamiku  mendapat banyak pekerjaan pertukangan yang berhubungan dengan mahar, jadi kami punya beberapa koin perak tambahan. Hari ini, dia memaksaku untuk membeli sesuatu untuk mendandani diriku sendiri!"

Yang lain yang hadir merasakan kepedihan di hati mereka.

"Maksudku, aku sudah berusia empat puluhan, dan putra kami telah menikah selama beberapa tahun. Mengapa repot- repot berdandan? Tapi suamiku tidak mau mendengarkan! Dia terus mengatakan aku masih muda dan harus menjaga diriku sendiri!"

Sun Ama memaksakan dirinya mengalihkan pandangannya dari kepala Zeng Ama.

"Bukankah kamu berencana pergi ke pasar untuk menemui dokter kemarin?" Jadi bagaimana jika mereka punya uang? Orang-orang masih sakit!

[Kelahiran Kembali] Kisah Bertani Ger Jelek [END]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang