75 ( bagian 2 )

1.8K 218 5
                                    

"Kita menggunakan banyak barang di rumah selama Tahun Baru. Aku akan pergi ke kota untuk membeli garam, permen, makanan ringan, dan sebagainya. Ketika aku kembali, aku akan memastikan bahwa penduduk desa mengetahui toko kelontong kita." Li Changfeng sangat bersemangat sehingga dia siap berganti pakaian dan pergi ke kota.

Tepat ketika dia hendak menarik kereta keledai, Xu Qing menghentikannya: "Ngomong-ngomong, kalau soal permen, kenapa kamu tidak pergi ke toko Wang dan melihat anak yang ingin menikah dengan saudara kita."

Hati Li Changfeng tergerak, bukankah itu alasan yang bagus untuk bertemu pria itu, "Oke, kalau begitu aku akan melihatnya. Berhati-hatilah sendirian di rumah."

Xu Qing berkata dengan marah: "Apa yang kamu maksud dengan diriku sendiri, aku juga memiliki orang Tuantuan di sini."

Li Changfeng menyeringai, menarik kereta keledai keluar dari gerbang halaman, dan menuju kota.

Li Changfeng berkeliling kota selama beberapa putaran, dan setelah menemukan toko permen keluarga Wang yang disebutkan oleh Li Xiao'er, dia masuk.

Bisnis toko permen sangat bagus. Wang Lei tidak bisa mengurusnya sendiri, jadi dia meminta bantuan ayahnya, orang tua Wang. Tahun Baru ini, banyak orang membeli permen, Li Changfeng melihat sekeliling di dalam toko dan menemukan Wang Lei yang sedang mengemas permen untuk seorang ger paruh baya.

Dia tidak terburu-buru untuk berbicara, tetapi berdiri di samping dan diam-diam mendengarkan apa yang dikatakan Wang Lei.

"Lin Ama, totalnya empat puluh tujuh tembaga. Karena ini Tahun Baru, aku akan memberimu nomor keberuntungan, kamu cukup memberiku empat puluh enam tembaga, dan omong-omong, aku akan menggunakan kesempatan ini untuk berharap kamu memiliki kesehatan dan keselamatan yang baik selama bertahun- tahun yang akan datang!" Wang Lei berkata dan tertawa, mulutnya yang manis membuat suasana hati Lin Ama baik, jadi dia dengan senang hati memberikan 46 tembaga dan pergi keluar membawa permen.

Wang Lei tersenyum dan pergi menangani pelanggan berikutnya. la tetap tersenyum dan memberi penghormatan kepada orang lain di Tahun Baru, namun perkataannya tidak dangkal, sehingga membuat orang merasa nyaman dan tidak merasa jijik.

Setelah mendengarkan beberapa saat, Li Changfeng merasa bahwa pria ini cerdas dengan mulutnya dan cepat, dan caranya berbisnis sangat mengagumkan. Segera, setelah arus orang di toko berkurang, Li Changfeng berjalan langsung ke Wang Lei, "Saudaraku, berapa harga satu pon permen?"

Wang Lei memberi Li Changfeng hadiah Tahun Baru dan berkata sambil tersenyum, "Harganya dua belas tembaga per pon, dan harganya adil. Berapa banyak yang kamu mau?"

Li Changfeng memikirkannya sebentar. Dia takut jika dia membeli terlalu sedikit, dan ternyata produk di sini terjual habis nanti ketika dia akan mengisi kembali, jadi dia memutuskan untuk membeli lebih banyak, "Aku ingin sebanyak ini, berapa harganya?"

Li Changfeng mengulurkan lima jarinya dan menggoyangkannya di depan Wang Lei.

Wang Lei juga cukup berpengetahuan, jadi tentu saja dia tidak berpikir Li Changfeng menginginkan lima pon, “Kamu ingin lima kilogram?"

Li Changfeng mengangguk, dan ketika Pak Tua Wang mendengarnya, dia merasa bersemangat: ini pesanan besar! Tapi dia tidak berbicara gegabah. Dia yakin putranya tahu cara berbisnis.

Li Changfeng awalnya menginginkan lima ratus kilogram, tetapi dia takut dia tidak akan bisa menjualnya di rumah setelah membeli sebanyak itu, jadi dia mengangguk seiring dengan kata-kata Wang Lei, "Lima kilogram dulu, jika ada kesempatan, aku boleh minta lebih banyak."

Itu juga tergantung pada seberapa baik dia menjualnya kepada penduduk desa.

Wang Lei mengangguk, "Kalau begitu aku akan memberimu sembilan tembaga per pon. Aku berharap kamu dan keluargamu panjang umur dan bahagia!"

Li Changfeng tersenyum mendengar ini, keinginan ini, dia menyukainya! "Terima kasih! Kalau begitu, tolong beri aku dua tael perak!"

"Bagus! Harap tunggu, kami akan menemukan tas yang kokoh dan mudah digunakan untukmu bawa pulang." Wang Lei dan lelaki tua Wang mulai mengemas permen yang dipesan Li Changfeng.

Melihat kerja cepat Wang Lei, Li Changfeng merasa puas dengan orang ini di dalam hatinya. Jika Wang Lei berani memperlakukan adiknya dengan buruk, Li Changfeng juga punya cara untuk menghadapinya! Jangan lupakan apa yang terjadi pada Ma Fugui.

Ma Fugui, yang sedang tercekik di toko kelontong saat ini, bersin, "janda kecil mana yang memikirkanku lagi?!"

Ma Fugui mengusap hidungnya, memikirkan janda keluarga Gao yang ditemuinya tadi malam, hatinya menghangat. Ger yang gemuk dan jelek di rumah membuatnya kehilangan nafsu makan di tempat tidur, namun ia harus memaksakan diri. Itu membuatnya mual, tapi untungnya ada hidangan enak yang menunggunya di luar.

Berpikir seperti ini, Ma Fugui diam-diam bersemangat, tetapi saat berikutnya dia menjadi depresi lagi. Jika dia tidak menceraikan Xie Yu, dia tidak akan berakhir seperti ini, sayang!

Ketika Li Changfeng kembali ke rumah, dia meletakkan permen, garam, dan bumbu yang dia beli di toko kelontong. "Ada lebih dari 200 kati permen. Aku membayar sembilan tembaga per pon. Ini biasanya dijual seharga dua belas tembaga per pon. Kita bisa menjualnya seharga empat belas tembaga. Naik kereta keledai penduduk desa ke dan dari kota berharga enam tembaga, jadi mereka tidak rugi."

Xu Qing mengangguk; pengecer lain juga akan menambahkan dua atau tiga tembaga pada harga jual akhir. Setelah mengatur barang-barang, Li Changfeng pergi ke desa untuk mencari seseorang yang menulis bait untuk penduduk desa untuk menulis papan nama kecil, dan kembali dan menggantungkannya di jendela toko kelontong.

Setelah itu, ia sengaja pergi ke rumah Wei, rumah Wu, dan tempat lain untuk berjalan- jalan. Di akhir perjalanannya, seluruh desa menyadari bahwa Li Changfeng dan Xu Qing telah membuka toko kelontong kecil yang menjual barang-barang sepele. Kamu bisa mulai membeli sekarang, dan harganya hanya dua tembaga lebih mahal daripada di kota. Jika kamu pergi ke kota dengan kereta keledai, biayanya tiga tembaga, belum lagi membuang-buang waktu untuk melakukan perjalanan ini. Jadi, segera setelah Xu Qing dan Li Changfeng selesai membereskan semuanya, penduduk desa mulai berdatangan.

"Wah, ada permen! Kerabat  aku  akan datang pada sore hari. Mereka akan membawa anak-anak mereka! Beri aku dua kilogram permen!" Yang berbicara adalah Mei Ama yang tinggal di sebelah rumah Lizheng. Putranya tinggal di kota. Sebagai pekerja paruh waktu, gajinya layak, dan kehidupannya baik.

Xu Qing segera mengangguk, menimbang pesanan dengan cepat, dan meletakkan segenggam permen di tangan anak berusia dua tahun yang dibawa oleh Mei Ama, tetapi Mei Ama dengan cepat menolak. Xu Qing berkata sambil tersenyum, "kamu adalah pelanggan pertama toko kami. Tidaklah berlebihan untuk menggurui tamu kami, jadi terimalah."

Mei Ama menyeringai gembira mendengar ini, menyerahkan uang itu kepada Xu Qing, mengambil anak itu, mengambil bungkusan permen, dan pergi dengan perasaan puas. Dalam perjalanan, dia bertemu dengan penduduk desa yang sedang berjalan menuju rumah Xu, dan dia bahkan menyebutkan pengalamannya di toko, yang membuat penduduk desa semakin penasaran.

Dengan yang pertama, ada yang kedua. Suatu sore saja, permennya hanya tersisa lebih dari lima puluh kilogram, dan barang lainnya juga laris manis, hanya tersisa setengahnya. Xu Qing tersenyum gembira, hari pertama bisnis berjalan lancar!

Sore harinya, mereka berdua menghitung uang tersebut. Setelah dikurangi biayanya, mereka mendapat lima ratus tembaga, yang berarti setengah tael perak. Li Changfeng memutuskan untuk pergi ke kota besok untuk menarik kembali muatan besar, dan harganya bisa diturunkan sedikit lagi.

"Ngomong-ngomong, kamu bertemu Wang Lei itu, bagaimana kabarnya?" Xu Qing mengingat masalah serius tentang adik laki-laki Li, dan bertanya pada Li Changfeng yang sedang menggoda Tuantuan.

Li Changfeng mencubit ujung hidung Tuantuan, memikirkan Wang Lei yang dia temui sebelumnya, "dia tampak seperti pria baik, melakukan sesuatu dengan cepat, gesit, dan sangat bijaksana. Aku pikir dia cukup bisa diterima."

"Tetapi yang aku lihat adalah dia sebagai seorang pengusaha. Bagaimana keadaannya saat tidak berbisnis, itu aku tidak yakin. Haruskah aku membiarkan dia datang dan mengambil kesimpulan?" Li Changfeng membuat lelucon yang jarang terjadi, dan Xu Qing, yang sedang dalam suasana hati yang baik, tidak tahu harus berkata apa.

"Sebenarnya, aku tidak keberatan jika kamu melakukannya, kan, Tuantuan?" Xu Qing memeluk Tuantuan dan menyodok dahi kecilnya. Li Changfeng tersenyum sabar, dan berbisik di telinga Xu Qing, "Apakah kamu tidak takut tinggal di kamar kosong sendirian?"

[Kelahiran Kembali] Kisah Bertani Ger Jelek [END]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang