69 ( bagian 1 )

1.9K 239 3
                                    

Namun, dia masih ragu untuk melahirkan. "Xie Ama, benarkah garis perutnya menjadi merah?"

Xie Ama mengeluarkan saputangan dari perut Xu Qing, mencelupkannya ke dalam air panas, memerasnya hingga kering, dan memakainya kembali. "Ya itu betul. Setelah melahirkan bayi dan istirahat beberapa hari lagi, oleskan bedak garis perut yang aku minta untuk kamu beli. Saat garis merah di perut hilang, kamu bisa bangun dari tempat tidur dan berjalan."

"Apakah begitu?" Xu Qing merenungkan tradisi kurungan pascapersalinan. "Apakah aku benar-benar harus berbaring di tempat tidur selama sebulan? Tidak bisa terkena angin dan tidak bisa makan apapun dengan rasa yang kuat?"

Di musim dingin, siapa yang ingin terkena angin dingin? Rumah mereka baru dan hangat, tapi mau tak mau dia mendambakan hidangan dengan rasa yang kuat.

Ketika Xie Ama mendengar ini, dia terhibur dengan kata-kata Xu Qing. "Siapa yang memberitahumu hal itu? Kamu tidak perlu khawatir. Selama kamu menghindari makan makanan yang terlalu pedas dan berminyak serta tidak bangun dari tempat tidur sampai beberapa hari setelah garis perut hilang, kamu akan baik-baik saja."

Xie Ama masih berbicara ketika Xu Qing tiba- tiba bersandar di tempat tidur kesakitan. "Itu akan sangat berharga. Bertahanlah! Bertahanlah dan melahirkanlah!"

Setelah berbicara, Xie Ama buru-buru mulai mempersiapkan Xu Qing. Xu Qing merasakan rasa logam di mulutnya. Itu terlalu menyakitkan. Dia menggigit bibirnya, dan tiba-tiba, sepotong kain dimasukkan ke dalam mulutnya. Xu Qing dengan cepat menggigitnya. Keringat menetes dari rambutnya yang acak-acakan, dan matanya memerah karena rasa sakit. Saat itu, hanya ada satu pikiran di benaknya: sakit!

Paman Xie duduk di ruang utama yang hangat dengan cerutu di mulutnya, memperhatikan Li Changfeng mondar- mandir. Kadang-kadang, dia pergi ke pintu untuk mendengarkan suara apa pun. "Paman Xie, kenapa aku tidak mendengar apa pun?"

Selain mendengar suara Xu Qing tadi, Li Changfeng masih tidak bisa mendengar banyak.

Paman Xie melihat ekspresi cemas Li Changfeng, seolah dia melihat dirinya menunggu di luar pintu ketika Xie Ama melahirkan Kakak Xie. "Jangan khawatir, ini hanya menghemat energi. Duduk dan istirahat. Lihat dirimu, berkeringat. Aku tidak tahu apakah kamu atau istrimu yang melahirkan."

Setelah mengatakan ini, dia merasakan keakraban dengan kata- kata ini. Setelah berpikir sejenak, Paman Xie menghela nafas. Ayah Xu Qing pernah mengatakan hal yang sama padanya saat itu. Dalam sekejap mata, bertahun-tahun telah berlalu, dan putranya akhirnya menjadi seorang ibu.

Baik dia dan Xie Ama semakin tua. Mereka telah mengalami banyak hal dalam hidup, tetapi hal terpenting yang memenuhi hati mereka adalah Saudara Xie. Dia telah hamil selama sehari, dan mereka merasa cemas setiap hari.

Li Changfeng menunggu dengan bingung, kakinya bergerak tanpa sadar, tangannya gemetar. Dia ingin memanggil Xu Qing. tetapi dia takut itu akan mengganggunya saat melahirkan. Tidak mendengar suara Xu Qing membuatnya merasa sangat tidak nyaman.

"Wah wah wah!"

Setelah beberapa saat, tangisan nyaring bayi baru lahir keluar dari ruangan.

Anak itu lahir.

Li Changfeng buru- buru membuka pintu dan bertanya, "Xie Ama, bagaimana kabar istriku?!"

Xie Ama membungkus bungkusan gemuk itu dengan kain lembut yang telah disiapkan sebelumnya dan menjawab, "Dia baik-baik saja! Aku punya bayi laki-laki yang besar dan sehat untukmu! Pergi dan ambil air panas!"

Karena kelelahan, Xu Qing berbaring di tempat tidur dan mendengarkan teriakan antusias Li Changfeng di luar pintu. Dia merasakan kebahagiaan yang mendalam.

"Datang dan temui anakmu." Xie Ama sudah membersihkan dan membungkus bungkusan montok itu dengan kain lembut.

Xu Qing sedikit menggeser tubuhnya dan menatap anak dalam pelukan Xie Ama. Meski baru lahir, bayi tersebut memiliki rambut tebal dan matanya sudah terbuka. Dia menyipitkan mata sedikit dan hidung kecilnya bergerak-gerak, seolah dia bisa mencium sesuatu yang enak di udara. Bibir merah mungilnya terus mengerucut, dan yang paling mengejutkan adalah betapa gemuknya dia. Xu Qing tidak bisa menahan rasa kagumnya. Beratnya pasti lebih dari delapan pon. Bagaimana bayi sebesar itu bisa keluar dari perutnya?

"Dia sudah besar," kata Xie Ama, terkejut melihat seorang anak lahir dengan sehat dan lincah, terutama di tahun yang dilanda kekeringan.

Xu Qing melihat lebih dekat, wajahnya berkerut karena keheranan dan rasa ingin tahu. Di manakah bayi itu mirip dengannya? Meski terkejut, dia merasakan gelombang kasih sayang. Dia melakukan sedikit gerakan, namun meringis karena luka persalinannya belum sepenuhnya sembuh.

Xie Ama segera mendesak Xu Qing untuk berbaring kembali. "Tidak apa-apa jika itu sedikit sakit. Lukanya akan cepat sembuh!"

"Xie Ama, air panasnya ada di sini!"

Li Changfeng berdiri di depan pintu dengan dua ember air panas, tidak tahu di mana harus meletakkannya. Dipenuhi dengan semangat, dia tidak merasakan kelelahan atau keletihan apapun.

Xie Ama membuka pintu dengan roti kecil di pelukannya. "Letakkan ember dan gendong anakmu."

Hati Li Changfeng melembut saat melihat bungkusan gemuk itu, dan dia dengan patuh meletakkan embernya. Mengikuti bimbingan Xie Ama, dia dengan hati-hati dan kikuk menggendong si kecil.

"Kenapa dia begitu gemuk!"

Li Changfeng merasakan perpaduan antara kegembiraan dan kekhawatiran. Dia senang karena anak itu memiliki fisik yang kuat di tahun yang penuh kelangkaan, namun dia khawatir dengan rasa sakit yang harus dialami Xu Qing saat melahirkan bayi montok ini.

"Jangan katakan itu. Itu pertanda kesehatan dan kekuatan yang baik!"

Paman Xie, yang mendekat, memarahi Li Changfeng dengan ekspresi tidak senang. Dia kemudian menundukkan kepalanya dan menatap bayi itu, yang sedikit menggeliat di pelukan Li Changfeng.

Xie Ama memasuki ruangan sambil membawa ember dan mulai membersihkan tubuh Xu Qing. Selanjutnya, ia mengoleskan bedak khusus pascapersalinan untuk mempercepat penyembuhan garis perut. Dengan hati-hati meremas saputangan panas, dia dengan lembut meletakkannya di perut Xu Qing, mengurangi rasa sakit yang berdenyut- denyut. Xu Qing menahan diri untuk tidak melakukan gerakan tiba-tiba, karena takut hal itu akan membuat luka menjadi tegang dan menghambat proses penyembuhan.

"Bersabarlah, penyembuhannya akan dimulai sekitar lima belas menit," Xie Ama meyakinkan Xu Qing, yang menganggap proses penyembuhannya cukup luar biasa. "Apakah itu benar-benar kuat? Mengapa aku tidak melihat orang menggunakan ini untuk cedera?"

[Kelahiran Kembali] Kisah Bertani Ger Jelek [END]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang