"Aku akan mengundang kepala desa dan paman klan." Li Changfeng berdiri dan hendak keluar.
"Berhenti!"
Orang tua Li berseru dengan tegas, "Bukankah kita seharusnya merasa malu? Jika kita ingin berpisah, kita harus melakukannya di dalam keluarga kita sendiri! Baru dua tahun berlalu sejak salah satu putra Li menikah, dan kami sudah terbagi menjadi dua rumah tangga! Citra seperti apa yang kami proyeksikan kepada penduduk desa?"
Maksudmu, melakukannya secara rahasia? Li Changfeng memandang Pak Tua Li dengan wajah mengejek.
Li Ama keberatan, "Mengapa membaginya secara diam-diam menjadi masalah? Pertama-tama, di mana mereka akan tinggal jika pergi sekarang? Sawahnya belum dipanen, lalu bagaimana cara membaginya? Kami juga tidak punya makanan tambahan di rumah!"
Sambil menggenggam erat tangan putra bungsunya, istri Sulung Li merasakan kesedihan yang mendalam di hatinya. Tanpa sisa makanan di rumah, bahkan jika mereka harus berpisah, mereka tidak punya tempat tujuan dan uang untuk menghidupi diri mereka sendiri. Li Ama juga tidak akan memberi mereka uang, karena tabungan keluarga telah habis ketika Li ketiga, Li Laosan, sedang mempersiapkan ujiannya tahun sebelumnya. Terlebih lagi, Li Sulung adalah orang jujur yang tidak pernah menyimpan uang pribadi. Meski sudah menikah selama bertahun-tahun, dia dan istrinya belum mampu menabung satu tael perak pun.
Li Laosan dan istrinya menggendong putra bungsu mereka sambil duduk di samping, tidak menyela atau berbicara. Li Xiao'er dan Wang Lei juga tidak bisa berkata apa-apa, karena mereka baru saja kembali untuk menjadi saksi atas masalah yang ada.
"Tidak apa-apa, saudara kedua. Ama, kita bisa membaginya secara pribadi di antara kita sendiri, "kata Li yang tertua, berusaha menghindari pertengkaran dan omelan lebih lanjut terhadap Li Changfeng.
Li Ama mengangkat kelopak matanya.
"Saat ini, kami tidak mempunyai uang tambahan di keluarga, dan kami hampir tidak mampu memenuhi kebutuhan sehari- hari. Karena ini belum musim panen, kami belum tahu berapa penghasilan yang bisa kami peroleh. Kami hanya memiliki dua ayam tua dan empat ayam jantan besar di rumah." Tambah Li Ama sambil melirik istri putra ketiganya yang perutnya belum juga terlihat.
Li Ama melanjutkan, "Kami tidak bisa memberimu ayam. Kami membutuhkannya untuk istri anak ketiga ketika dia melahirkan, jadi kami tidak boleh kehilangan apapun. Untuk alatnya kami tidak punya banyak, jadi hanya boleh ambil satu saja. Dan babinya, masih anak babi yang berukuran setengah, jadi mari kita bahas nanti. Mengenai situasi tempat tinggal, Da Niu dan Xiao Niu saat ini berbagi satu kamar, dan putra sulung serta istrinya juga berada di kamar lain. Dua kamar itu seharusnya cukup untukmu. Kita bisa berbagi dapur bersama."
Melihat ekspresi tegang Li tertua dan istrinya, Li Ama terkekeh dan menyela, "Inilah kenyataan dari situasi kami. Kalau mau pecah silakan saja. Namun jika tidak, semuanya akan tetap seperti apa adanya." Dia memutar-mutar jarinya saat berbicara.
Li Xiao'er tidak bisa menahan rasa frustrasinya lebih lama lagi dan angkat bicara. "Ama, Da Niu akan siap menikah dalam beberapa tahun, dan Xiao Niu pada akhirnya akan menikah juga. Bagaimana mereka bisa muat di dua ruangan ini?"
"Apa yang kamu bicarakan? Diam." Li Ama hendak memarahi Li Xiao'er, tetapi ketika dia melihat Wang Lei berdiri di sampingnya, dia berubah pikiran.
"Aku tidak akan diam, ini tidak adil! Setelah aku dan kakak kedua pergi, ada dua kamar cadangan yang tersedia. Kini, saudara ketiga memiliki ruang belajar dan kamar tidur sendiri. Bahkan Xiaoyao (anak lelaki Li Laosan) punya kamar sendiri. Mengapa kita tidak bisa memberikan kamar tambahan kepada keluarga kakak laki-laki tertua?"
Ketika Li Xiao'er menjadi bersemangat, dia angkat bicara untuk memperjuangkan ketidakadilan kakak tertua Li. Pada saat yang sama, dia merasa merinding karena keeksentrikan Li Ama dan anggota keluarga lainnya.
KAMU SEDANG MEMBACA
[Kelahiran Kembali] Kisah Bertani Ger Jelek [END]
FantasiaDeskripsi: Xu Qing meninggal setelah bertemu dengan zombie di dunia pasca-apokaliptik. dia kemudian bertransmigrasi ke ger dengan nama yang sama denganya di dunia berbeda. Ger atau apalah, dia tetaplah pria yang sama seperti dulu. hanya saja dia di...