big

880 29 1
                                    


Kehilangan mengajarkan semua tentang kesabaran, entah itu karena luka atau maut selebihkan kita yang menentukan.
Grash berjalan ditepian taman menemani putranya bermain.
Novan terus mempertanyakan kemana papa? Kerja kenapa lama? Papa udah pulang belum mah?
Itulah pertanyaan yang sering kali membuat perasaan grash terhanyut hanyut, ingatan rexy belum membekas di ingatanya.
Grash membuka ponsel yang diberikan kepada nya. Ia membuka salah satu file yang berjudul  untuk grash dan noval sayang.
 
Jemarinya mulai menekan vidio yang ada didalamnya, dan menampakkan wajah rexy dengan baju biru rumah sakit dan wajah yang pucat pasi, serta kurus mengering, grash memasangkan handset ditelingannya dan mendengarkannya baik baik.

Untuk grash istriku, aku tau kamu sedih melihat kondisiku yang sekarang, jangan sedih, mungkin saat kamu kembali ke indonesia, saat itu juga aku sudah kembali ke pangkuan sang pencipta.
Saat kamu pergi, aku menjadi begitu hancur, energiku seakan terpatahkan, membayangkan wajahmu dan anak anak kita, kamu tau sheli, anak kembar kita sering muncul kedalam mimpiku dan mengajakku bersamanya, tapi aku selalu menolak hahaha..

Kamu mungkin menangis saat mendengar semua tentangku, aku jadi suka hujan saat kamu pergi. Tak apa kita bisa menikmati hujan saat allah kembalikan aku denganmu.

Jangan novan baik baik oke:)
Dia penyemangatmu satu satunya.
Bacakan dia buku cerita saat ingin tidur, buku yang sudah aku belikan dirak tidurnya.

Buatkan dia tenda untuk bermain.
Bilang ke dia papanya akan sering menengoknya,  papa merindukannya.
Papa ingin selalu ada didekatnya meski waktu yang telah memisahkan:).

Jangan nangis heh :)
Aku gak jauh, aku ada disini untuk kamu.
Cuman alam kita saja yang berbeda.
Kamu adalah wanita kuat.
Terimakasih sudah mendengarkan semua kisahkuu, membuat cerita bersamaku, tak ada sesal saat aku mengingatmu, mengenalmu.

Hal yang paling aku ingat adalah saat usia kehamilan, yang paling lucu, permintaanmu yang kadang membuatku geram. aku ingat saat kamu marah marah ditaman karena wanita melihatku.
Aku senang diperhatikan.

Maaf tidak bisa membantumu membesarkan novan:)
Aku pergi wanita tersayang.

Rexy menutup vidionya, tangis grash sudah tidam bisa terbendung, ia merindukan sosok rexy, semua kenangan tentangnya seolah tiada habisnya.

" rexyy" rasa kehilangan amat terasa, bagai tertancam ribuan pedang, grash menahan sesak hatinya sesekali memutar ulang vidio suaminya itu.

" aku janji sama kamu bakal jagain anak kita janji." ucap grash dengan penekanan. Senyum yang biasa ada dihari harinya dirampas secara paksa, perasaan lucut dan perih tergenang dihatinya.
Grash kembali menscroll semua galeri rexy, melihat semua fotonya yang masih gerjejer rapi digaleri rexy.

" pamaan yenjii, sini main sama novan". teriak novan yang melihat kedatangan yenji, yenji pun berlari menggendong novan, rutinitas biasa jika yenji datang kerumah untuk sekedar menghibur atau bermain dengan novan.

" novan main apa nak?." Tanya yenji.
"Main mobil mobilan, paman papa kapan sih pulang kerja kok gak pulang pulang, ovan pengen main bareng papa"

Kata kata novan sangat tersentuh dihati yenji. Mereka saling bertatapan grash mengelus tangan novan dan tersenyum.
" novan nanti papa pulang ya, papah lagi banyak kerjaan, novan sabar ya" ucap grash meyakinkan novan.

Tangis kecil mulai keluar kembali dari pipi grash, ia menatap yenji dengan amat dalam.
" bagaimana ini yenj hiks. Gua gak bisa bohongin novan terus." ucap grash menangis, novan tidak tau harus berbicara apa, ia hanya menenangkan grash saja..

Sunset mulai terlihat, novan, grash dan bi inah serta  yenji duduk dimeja makan menyantap makanan.

" papahhhhh"  novan turun dari bangkunya dan berlari kearah ruang tamu.yenji dan grash berusaha mengejar novan dari belakang.

Seolah bingung dengan anak nya hari ini.

" papaahhhhh, mau kemana jangan pergi lagi, papa kerja terus gak pernah ada waktu buat ovan hikss." novan menangis tesendu sendu seperti menarik tangan seseorang terkadanh seperti memeluk nya.

" papah mau pergi nak, novan jagain mamah ya, papa ga bakal kembali, jangan jadi anak yang nakal ya, jangan tanyain papa terus nanti mama nangis oke."  rexy mengelus kepala novan dan mencium keningnya, novan terus menangis histris seperti memeluk sesuatu, yang membuat yenji dan grash semakin bingung, grash dengan berhati hati mendekati novan dan memeluknya.

" novan ngomong sama siapa nak? Papa kan gak ada." tanya grash pada putra sematawayangnya ini.

" papa ma, tadi di kesini, dia bilang dia bakal pergi dan gakboleh tanyain tentang papa ke mama biar mama gak sedih hikss"
Yenji dan grash saling melihat satu sama lain, apakah arwah rexy yang datang menemui novan tadi? Atau hanya ilusin novan saja karena merindukan ayahnya.

" nak mana papa gak ada."
" hikss tadi ada di peluk ovan, ium ovan teyus  pergi ke arah pintu, katanya dia gak bakal pulang lagi. kata mama papah kerja kok pake baju putih gitu hikkss."
Mendengar cerita novan grash langsung menggendong novan dan membawanya keruang tamu,

" yenj" panggil grash pada yenji, yang hanya dibalas anggukan saja seolah olah sudah mengetahui apa yang akan dikatakan oleh grash.
Ia baru sadar bahwa anak nya ini punya sedikit kelebihan.
Novan bangun dari pangkuan grash dan memegang tanganya.

" ovan janji gak akan tanya papa, ovan ndak mau buat mama sedih teyus."  ucap ovan, yang membuat grash tersenyum dan mencium kening anaknya itu.

" novan anak yang pinter, mama sayang sama novan"







Tbc

ALMOST daily (TAMAT)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang