32. Bu Guru

148 21 0
                                    

"Minggu depan jangan lupa kita ulangan nak! Dipersiapkan!"

"Iya Bu.." Respon para murid 11 IPS 1 kepada guru sejarah mereka, Bu Vera.

Guru dengan tubuh ramping dan kerudung hijau itupun melangkah keluar kelas. Meninggalkan anak didiknya untuk diajar lagi oleh guru yang berbeda.

Sembari menunggu Bu Andin, guru geografi mereka datang, para murid menggunakan selang pergantian jam untuk membuka ponsel mereka. Namun sudah 15 menit berlalu, Bu Andin yang ditunggu tak kunjung datang.

"Tumben Bu Andin telat? Biasanya langsung dateng."

"Katanya mau ada rapat guru. Kali aja Bu Andin ikutan."

"Jamkos dong?"

"YEEEEE!" Sorak sorai para murid menyatakan bahwa Bu Andin tidak mengajar pada pelajaran geografi kali ini.

Benar rupanya apa yang dikatakan salah satu murid di kelas tersebut. Beberapa menit berlalu, satu jam pelajaran sudah terbuang dan Bu Andin belum datang juga. Mereka pun makin gencar memanfaatkan jam kosong tersebut.

KRIEEET

Pintu kelas tiba-tiba terbuka. Bu Andin muncul, menjadikan seluruh murid yang bertebaran di setiap sudut kelas berlarian untuk duduk di bangkunya masing-masing.

Sementara Bu Andin tidak mengatakan apapun, langsung duduk di kursi guru dan memandangi murid-muridnya.

"Tadi sama Bu Vera ulangan atau gimana nak?"

"Nggak kok bu, cuma presentasi aja."

"Kok lama sampe satu jam saya dipake?"

Seluruh murid berpandangan.

"Bu Andin sendiri kok yang nggak masuk ke kelas."

"Yang bener? Kok nggak nyamperin saya?"

"Tadi siang saya denger bakal ada rapat guru, bu. Jadi kita pikir Bu Andin ikutan."

"Saya diluar kok daritadi."

Hening sejenak.

"Gimana maksudnya bu?"

"Saya tadi nunggu diluar. Terus saya intip lewat jendela, ternyata Bu Vera masih belum selesai. Beliau keluar terus minta perpanjangan waktu sama saya."

Para murid sontak heboh.

Seorang perempuan di deretan depan membuka mulutnya. "Bu Vera daritadi nggak keluar lho, bu."

"Ibu yakin itu Bu Vera?" Pertanyaan datang lagi dari seorang murid lelaki.

"Iya." Bu Andin mengangguk. "Pakai kerudung merah kan?"

Kehebohan semakin ribut. Ada yang berbisik-bisik, memasang berbagai wajah aneh.

"Kenapa?" Tanya Bu Andin lagi, menyadari ada yang salah dari kelakuan murid-muridnya.

"Tadi..

Bu Vera pakai kerudung hijau bu, bukan merah."

***
Kisah nyata berdasarkan apa yang diceritakan guru geografi gue sendiri, tapi gue modifikasi sedikit.

Katanya ada perempuan yang duduk di kursi guru pakai kerudung coklat, tapi mukanya nggak keliatan jelas.

Guru geografi itu sendiri masuknya juga agak telat dari biasanya.

Btw, thanks for 2k read!

Ghost StoriesTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang