"Tiga bulan ini aku diam bukan berarti aku nggak ngerasa sakit, Nan. Meski aku nggak cinta sama kamu. Kamu tetep suamiku dan kamu nggak pernah menghargai keberadaanku sebagai istri. Aku sudah coba jadi istri yang baik buat kamu dan kamu nggak pernah lihat itu. Kalau kamu nggak cinta sama aku, kamu nggak perlu marah-marah. Kita bisa hidup masing-masing dan tidak perlu saling mengatur. Kamu juga nggak perlu cemburu kayak gini karena di antara kita nggak pernah saling mencintai!" tutur Ayu sambil mendorong pintu mobil dan keluar dari sana.
"Cemburu?" Nanda mengernyitkan dahi sambil menatap tubuh Ayu yang bergerak pergi meninggalkan mobilnya. Ia menghela napas dan menyandarkan kepalanya ke kursi. "Apa iya aku cemburu?"
Ayu langsung melangkah kembali menuju ke backstage dan masuk ke ruang rias.
"Yu, kamu balik? Suamimu marah?" tanya Enggar saat melihat Ayu kembali ke sana.
"Biarkan saja! Dia terlalu kekanak-kanakkan," jawab Ayu sambil melepas aksesoris yang melekat di tubuhnya satu per satu.
"Gimana ceritanya kamu nikah sama orang itu? Bukannya kamu tunangan sama Sonny?"
"Ceritanya panjang, Mas. Nggak enak cerita di sini."
"Setelah selesaikan tarian terakhirmu, kita bicara di atas sana!" ajak Enggar sambil menunjuk rooftop yang berada di gedung pemerintahan di atas sana.
Ayu mengangguk. Ia segera mempersiapkan dirinya untuk menarikan tarian selanjutnya. Setiap tahunnya, ia selalu menyumbang tarian untuk ulang tahun kota dan ulang tahun negara dan ia harus bertanggung jawab. Baginya, menari tradisional adalah bagian dari hobby untuk melepas penat setelah seharian bekerja. Terlebih setelah ia resign, ia tidak punya kegiatan dan terus-menerus di dalam rumah seorang diri terasa sangat membosankan.
***
"Minumlah ...!" Enggar menyodorkan satu cup capucino hangat ke hadapan Ayu. Saat ini, mereka sudah berdiri di rooftop gedung yang mengarah ke panggung. Waktu sudah menunjukkan jam sebelas malam dan suasana kota itu masih sangat ramai karena panggung hiburan masih menyuguhkan beragam kesenian.
"Makasih, Mas ...!" Ayu meraih cup tersebut dan memeluk dengan kedua telapak tangannya. Melawan dingin malam yang masih menembus kulit meski ia sudah mengenakan sweeter.
"Berceritalah! Aku akan mendengarkanmu," pinta Enggar.
Ayu menghela napas. "Aku memang menikah diam-diam, Mas. Semua teman-teman tahu kalau aku bertunangan dengan Dokter Sonny. Pasti akan menjadi pertanyaan besar kenapa aku menikah dengan pria lain. Aku juga tidak menginginkan ini terjadi."
Enggar manggut-manggut seolah mengerti perasaan Ayu. "Banyak orang yang mengalami kasus seperti ini. Mungkin, kamu dan Sonny tidak ditakdirkan berjodoh."
Ayu tersenyum kecut. "Aku masih sangat mencintai dia, Mas. Bagiku, Sonny adalah pria impian. Aku menyukai dia sejak pertama masuk SMA. Hingga kami bertunangan, Sonny tetaplah sosok pria baik, penyayang dan bertanggung jawab. Aku tidak tahu telah melakukan dosa apa hingga takdir mempermainkan aku seperti ini."
****
"Aku sudah berusaha menjadi wanita yang baik agar aku bisa ditakdirkan menjadi jodoh pria yang baik pula. Tapi aku malah dapet suami yang nggak pernah sayang sama aku, cuek dan selalu memperlakukan aku dengan kasar. Dia juga lebih mencintai wanita lain daripada aku. Wanita mana yang tahan diperlakukan seperti ini setiap hari?" tutur Ayu sambil mengusap air matanya yang jatuh tanpa ia sadari.
"Ayu ... jangan bersedih seperti ini! Semua hal sudah ditakdirkan oleh Tuhan. Kalau memang dia jodohmu, kamu harus sabar. Mungkin, inilah ujian hidup yang harus kamu terima," tutur Enggar sambil menyentuh lembut pundak Ayu.
Ayu mengangguk sambil mengusap sisa air matanya. "Aku juga nggak mau terlarut dalam kesedihan, Mas. Aku lagi hamil muda. Kata dokter, ibu hamil nggak boleh setress. Awalnya sangat sakit. Sekarang, sudah terbiasa."
Enggar tersenyum menatap wajah Ayu. "Aku kenal kamu sudah lama. Aku yakin kalau kamu pasti kuat menghadapi ujian seberat apa pun. Setiap orang punya ujian hidup yang berbeda. Terkadang terlihat mengagumkan di depan semua orang, tapi seseungguhnya di dalam sedang terluka. Aku benar-benar tidak tahu kalau kamu seperti ini."
Ayu tersenyum menatap Enggar. "Nggak papa, Mas. Lama-lama akan terbiasa."
Enggar mengangguk-anggukkan kepalanya. "Gimana kabar Bunda Rindu? Sudah lama aku tidak bertemu dengan beliau."
"Baik."
"Hari ini dia nggak datang ke sini?" tanya Enggar lagi.
"Sepertinya datang. Tapi aku tidak tahu dia ada di mana."
"Nggak telepon? Siapa tahu, perasaan kamu bisa lebih baik kalau ketemu beliau?"
Ayu menggeleng. "Aku nggak mau rumah tanggaku jadi beban pikiran buat bunda. Aku mau dia melihat semuanya baik-baik saja dan kami hidup bahagia. Aku nggak pernah bermimpi punya suami pengusaha. Dunia mereka terlalu liar untukku dan hatiku nggak siap menahan semua godaan dari luar."
((Bersambung...))
Baca lebih dulu, silakan mampir ke Karyakarsa, ya!
Mohon untuk bisa menghargai kerja keras author dalam mencari ide dan mencurahkan semua waktunya untuk menulis cerita ini...
Much Love,
KAMU SEDANG MEMBACA
Menikahi Lelaki Brengsek
RomansaRaden Roro Ayu Rizki Prameswari adalah seorang puteri bangsawan berpendidikan. Awalnya, hidupnya indah dan baik-baik saja sampai akhirnya bertemu dengan Ananda Putera Perdanakusuma (sahabat baik pacarnya) yang menghamilinya. Hidupnya berubah menjad...