Pria yang duduk secara diagonal di hadapan Madeline berbicara sangat sedikit, seperti yang selalu ia lakukan di masa lalu.
Bahkan dalam kehidupan sebelumnya, suaminya adalah sosok yang pendiam. Jarang sekali ia memperpanjang percakapan, kecuali saat ia menginterogasi Madeline sambil mencengkeram pergelangan tangannya.
Namun, keheningan yang ada sekarang terasa berbeda, tidak seperti keheningan yang pernah ia alami ketika masih menjadi istrinya dulu. Kini, keheningan itu tampak alami, seolah memang begitu adanya. Berkat hal itu, Madeline terpaksa menahan diri mendengarkan berbagai obrolan tentang Italia.
Dulu, mungkin ia akan dengan senang hati ikut dalam diskusi tentang pelukis Renaisans. Namun sekarang, seluruh perhatiannya terpusat pada mantan suaminya dari kehidupan yang lalu, membuatnya sulit berkonsentrasi pada percakapan yang berlangsung.
Ian Nottingham yang ada di hadapannya saat ini adalah Ian Nottingham yang sama, namun juga bukan Ian Nottingham yang sama.
Pernyataan kontradiktif ini tampak benar dalam paradoks yang sedang dihadapi Madeline.
Pria di hadapannya tidak lagi terlihat hancur oleh kesedihan atau disiksa oleh penderitaan. Sebaliknya, ia muda, tampan, dan penuh kompetensi—seorang pria sempurna, perwujudan seorang putra bangsawan yang hanya mengharapkan yang terbaik untuk masa depannya.
Kepercayaan diri terpancar dari posturnya yang tegak, kontras tajam dengan sosok bangsawan pedesaan, Earl Loenfield. Sikap mereka sangat berbeda.
Ian Nottingham sebelum peristiwa ini tidak pernah menatap langsung ke arah Madeline. Berada dalam ruangan yang sama dengannya membuatnya merasa tidak nyaman, dan jika tangannya menyentuh tangan yang terbakar, ia akan mengekspresikan kemarahannya. Posturnya selalu membungkuk.
Perbedaan antara kedua Ian Nottingham ini sangat mencolok. Bahkan jika seseorang keliru mengira mereka sebagai dua orang yang berbeda, itu bukanlah sesuatu yang sulit untuk dipahami.
Saat Madeline diam-diam mengamati pria itu, dan tatapan Ian Nottingham bertemu dengannya, ia cepat-cepat memalingkan kepalanya. Namun, sudah terlambat; ia telah tertangkap basah.
Lalu, sebuah pemandangan yang tak terduga terjadi. Pria itu tersenyum tipis, seolah melihat Madeline yang memandangnya adalah hal yang paling wajar di dunia.
Wajah tanpa ekspresi itu, ketika melunak, memperlihatkan senyuman lembut yang membuatnya terlihat jauh lebih menarik.
‘Apakah dia tersenyum karena berpikir aku malu?’
Madeline lebih suka jika pria itu salah paham seperti itu. Jika dia mengira Madeline menaruh hati padanya, itu akan menjadi hal yang menguntungkan. Kenyataannya, situasi ini terlalu canggung, membuatnya sulit untuk bertahan.
Rasanya seperti ada sesuatu yang bertentangan dengan nalurinya, sesuatu yang membuatnya merasa tidak nyaman.
Ian Nottingham yang ia kenal adalah pria yang tidak bahagia, pria yang ditakdirkan untuk tidak bahagia. Namun, pria di hadapannya saat ini adalah sosok yang muda, percaya diri, dan penuh harapan.
Dia adalah sosok pria yang begitu sempurna sehingga membuat Madeline, seorang bangsawan pedesaan, tampak tidak berarti. Madeline harus menerima kenyataan bahwa pria ini adalah orang yang sama dengan yang ia kenal sebelum perang menghancurkan segalanya.
Madeline tahu nasib seperti apa yang akan ia alami. Sesaat, rasa iba melintasi pikirannya. Itu berbahaya.
Ia harus menjaga jarak sejauh mungkin. Madeline mengingatkan dirinya sendiri dengan tegas.
—
Madeline yang berusia tujuh belas tahun kini telah kembali. Ia berjuang menerima kenyataan bahwa Ian Nottingham sebelum perang adalah pria yang ada di hadapannya saat ini.