"Apakah karena aku bukan orang yang cukup mulia untuk bergabung dengan acara-acara mewahmu?"
"Apakah alasan seperti itu penting?"
Dia mengucapkan kata-katanya dengan ketus. Pria itu, yang menggertakkan giginya saat mendengar perkataanku, menelan amarahnya dan berusaha keras untuk tetap tenang.
"Mereka itu orang-orang yang lebih rendah dari kamu, tak peduli apa yang kamu pikirkan."
"...Bukankah sebaliknya? Mungkin orang-orang itu yang di luar jangkauan statusku."
Mendengar pertanyaan dingin dari Madeline, tatapan pria itu sedikit bergetar.
Ya, dia memang seperti ini. Pikiran-pikiran gelap mulai memenuhi benak Madeline.
Emosi yang kelam dan penuh penghinaan mengalir keluar dari dirinya.
Bahkan di kehidupan sebelumnya, pasti ada alasan mengapa dia menyembunyikannya dari kerabatnya. Mungkin karena dia berantakan, memalukan. Dia pasti terlihat sebagai istri yang memalukan. Dalam banyak hal, ini mengecewakan.
"Tuan Nottingham, apakah saya seseorang yang memalukan? Mungkin keluargamu yang kaya dan berkelas tinggi tidak ingin mengenalku. Aku hanya seorang yang bekerja di rumah sakit tanpa memiliki apa-apa, terlihat sangat tidak berarti di matamu. Tapi aku diundang oleh Eric, bukan kamu. Sebagai teman. Jadi aku tidak butuh izin darimu."
"Kamu sedang merajut kain dari jerami. Baiklah. Madeline Loenfield, anggap saja perkataanmu benar."
Ian menggeram seperti binatang buas.
"Tapi kamu tidak bisa bertemu mereka. Ingin liburan? Prancis, Spanyol, Italia. Aku bisa mengirimmu ke mana saja. Katakan saja. Tapi bukan ke tempat itu."
"Itu menghina."
"…"
Ian menutup mulutnya rapat-rapat mendengar perkataan Madeline.
"Aku tahu kamu sedang mencoba menyingkirkan rumah sakit itu, aku sudah dengar rumor-rumornya."
"…!"
Bahkan dalam kegelapan, jelas terlihat pria itu terguncang. Seluruh keberadaannya tampak samar, seperti lilin yang hampir padam.
Dia seperti hantu, seorang tuan rumah yang tak diundang.
"Kalau itu maumu, mau bagaimana lagi. Lakukan sesukamu, Nona Loenfield. Semoga kamu menikmati waktumu sebagai teman Eric."
"…"
"Ngomong-ngomong, ayahmu membuat pernyataan yang cukup menarik."
Kali ini giliran Madeline yang terkejut. Ian menyeringai sambil mengangkat satu sudut mulutnya.
"Dia orang lumpuh tanpa kaki, tapi uangnya melimpah. Seseorang yang mungkin tidak akan hidup lama, tapi dia akan meninggalkan warisan. Seorang calon suami yang sangat sempurna, bukan?"
"Apa maksudmu?"
Kata-kata pria itu mulai mengganggu hati Madeline. Dia tidak hanya menyerang Madeline, tapi juga meruntuhkan dirinya sendiri dengan kata-kata itu.
"…Madeline Loenfield, alasan aku menolak lamaranku itu sederhana."
"…"
"Aku terus mencurigaimu. Kamu memohon padaku agar tidak pergi ke perang, tapi mungkin itu hanya sandiwara. Aku tidak mau ditipu. Aku tidak tahan dimanfaatkan orang. Bukankah ini benar-benar keras kepala yang tidak masuk akal?"
Pria itu menyeringai sinis.
"Berapa jumlah utang ayahmu?"
"…"