“Apa yang harus aku mulai?” tanya Madeline dengan senyum sedikit canggung. Isabel tertawa lembut, lalu mendekat ke Madeline.
“Kau adalah orang pertama yang datang ke sini.”
“Benarkah?”
“Aku tidak memiliki reputasi baik di kalangan masyarakat atas.”
Madeline tersenyum sinis.
“Sejujurnya, aku terkejut. Mengingat tidak berakhir baik dengan saudaramu.”
“….”
“Apakah itu benar-benar penting? Tanpa pria di sekitar, kita harus melakukan yang terbaik.”
Isabel tertawa ceria sambil dengan mudah mengambil salah satu tas Madeline. Sementara Madeline bingung harus berbuat apa, Isabel cepat-cepat naik tangga dengan tas di tangannya.
“Ayo naik cepat. Kamar kamu sudah siap.”
Kamar Madeline adalah salah satu kamar pelayan.
“Semua kamar tamu yang tersedia telah diubah menjadi ruang praktik. Apakah kamar sederhana ini sesuai?”
“Ini sudah cukup!”
Madeline berkata dengan penuh tekad, dan Isabel tampaknya senang dengan jawabannya.
“Bagus. Aku berada di kamar sebelah, jadi ini cocok.”
Isabel dengan ceria bertepuk tangan, menonton Madeline membongkar barang-barangnya.
“Sekarang, mari kita persiapkan makan malam bersama!”
* * *
Hidup yang semakin menjauh, bukan kematian. Aku terbenam semakin dalam ke dalam keadaan di mana aku tidak berpikir, merasakan, atau melihat apa pun.
– Prajurit di Royal Welsh Fusiliers, [Terjebak di Parit Perang Dunia Pertama]
Earl telah meninggal, dan anak-anaknya menghilang. Kecuali untuk pelayan tua, beberapa pelayan pria juga dikirim pergi. Namun, Isabel bergerak dengan penuh semangat.
Dia turun ke bawah, bergabung dengan para pelayan, dan mencoba memasak bersama mereka. Kepala pelayan berusaha menghentikannya, hampir mencabut rambutnya.
“Nona, tolong berhenti melakukan tindakan yang tidak bijaksana ini!”
“Ini masa perang. Hentikan memanggilku ‘Nona’.”
Dia mulai memotong sayuran dengan ceria. Koki, yang melihatnya memotong wortel dengan canggung, mengernyitkan dahi.
“Jangan beli barang-barang seperti kura-kura atau makanan laut baru, tidak perlu memasak yang terlalu mewah. Kita perlu merekrut lebih banyak staf. Tempat ini akan segera menjadi rumah sakit. Tahukah kamu berapa banyak orang yang harus kita beri makan?”
Isabel menjelaskan dengan antusias. Itu adalah pemandangan yang tidak terduga, mengingat sikapnya yang biasanya dingin.
“Nona.”
Sebastian sekarang benar-benar kelelahan. Dia secara halus melirik ke arah Madeline.
‘Tolong bantu aku.’
Madeline tersenyum malu. Dia menggulung lengan bajunya.
“Nona. Nottingham, aku juga akan mencoba memotong sayuran.”
Malam itu, mereka makan sup sayuran dan steak. Bumbu terakhir dari Mrs. Jennings, istri koki, membuatnya sedikit bisa dimakan. Wortel dan kentang yang dipotong sulit dikunyah karena ukurannya yang tidak seragam.
Kebulatan hati Isabel tidak berhenti di situ. Dia makan malam bersama para pelayan. Cerita tentang reputasinya yang buruk tersebar di kalangan sosial.
Madeline mengosongkan piringnya.