Mereka menggelar selimut piknik dan menikmati piknik santai. Madeline menggoda Ian, yang tampak sedikit terkejut.
“Jangan bilang kalau kau pikir hanya orang Inggris yang menikmati piknik di dunia ini.”
“Hanya saja, aku tidak tahu ada tempat seperti ini di kota… Ini agak baru.”
Tidak ada ekspresi suka atau tidak suka, tetapi tampaknya dia tidak menganggapnya terlalu buruk.
“Coba ini. Ini kue kayu manis dari toko roti hotel.”
“….”
Pria itu ragu sejenak, tapi Madeline dengan nakal menyuapkan sepotong kue ke mulutnya. Dia tahu orang-orang di sekitar bisa melihat dan menilai. Ini jelas bukan sesuatu yang dilakukan oleh wanita terhormat!
Gaunnya menampakkan sikunya. Remah-remah kue jatuh di kulit putihnya yang lembut.
Pria itu tampak terganggu, membersihkan remah-remah dengan ujung jarinya. Bulu mata Madeline yang hitam tebal bergetar.
“Bagaimana rasanya?”
“Tidak terlalu manis.”
Itu artinya bagus. Dia tipe orang yang selalu minum kopi tanpa gula alih-alih teh beraroma saat waktu minum teh di manor.
Mungkin merasa bersalah karena hanya menerima kasih sayang, pria itu mengeluarkan sesuatu dari sakunya. Tapi itu bukan sesuatu yang sepele seperti kue!
Itu jelas sebuah jam tangan. Tapi begitu Ian membuka kotaknya, Madeline hampir bersumpah keras.
“Gila….”
Jam tangan dari bengkel dengan silsilah Prancis, hanya tersedia di satu department store di New York. Jam tangan yang dihargai oleh tamu-tamu di hotel tempat Madeline bekerja. Bentuknya persegi dengan tali kulit berpola rumit.
“….”
Dia memberi kue dan menerima jam tangan. Apakah pantas memberikan jam tangan sebagai hadiah? Berbagai pikiran melintas di benaknya. Saat Madeline menatap kosong, pria itu berdeham.
“Apakah kau tidak menyukainya?”
“Aku sudah punya jam tangan. Ah….”
Tidak lagi. Jam tangan yang diberikan Enzo padanya sudah tidak dipakainya lagi. Itu wajar saja.
“Aku pikir ini akan cocok. Pergelangan tanganmu yang kosong membuatku gelisah.”
Kata-kata yang diucapkannya dengan santai terdengar sangat sopan.
“Tapi aku tidak bisa begitu saja menerima ini. Terlepas dari kerendahan hati, ini terlalu berlebihan, bukan?”
Jika pria itu telah belajar sesuatu dari Madeline selama ini, memberikan hadiah yang menakutkan seperti ini jelas di luar pertanyaan.
“Anggap saja ini sebagai kebaikan dariku.”
Tentu saja, ini bukan ungkapan kemurahan hati atau kerendahan hati. Sederhananya, seperti mengatakan, 'Aku memberikan hadiah ini semata-mata untuk kesenanganku sendiri, jadi apa masalahnya?'
“Aku tidak tahu apakah membawa sesuatu yang semewah ini akan nyaman…”
“Lalu, apakah cincin akan lebih baik?”
“….”
“Aku tidak tahu. Apa yang boleh kuberikan padamu dan apa yang tidak.”
“….”
“Ini membingungkan.”
Dia menundukkan kepalanya. Hening yang canggung pun berlangsung lama.
“Berikan aku waktu untuk berpikir.”