Madeline merasa benar-benar kelelahan. Ketika mereka tiba di mansion, ketegangan dalam tubuhnya menghilang seketika, meninggalkan perasaan lelah yang luar biasa.
“Aku seharusnya tinggal saja dan bekerja…”
Namun, berjalan-jalan dengan Ian sebenarnya tidak buruk, yah, sama sekali tidak buruk. Sungguh, tidak buruk.
“Madeline, bagaimana perasaanmu sebenarnya? Para pria terhormat dan wanita-wanita kelas atas berkumpul di sana.”
Setiap kali rekan-rekannya bertanya, Madeline selalu menghindar dengan jawaban samar.
“Yah, gaun Nyonya Torres memang sangat indah. Kudengar dia memilihnya sendiri dari resor di Spanyol. Kancing manset Holtzman berhiaskan berlian, dan bahasa Prancis Polly Dillinger begitu sempurna sampai-sampai aku tak bisa mengikutinya.”
“Sungguh, mereka benar-benar sehebat yang aku dengar. Hahaha.”
Tentu saja, Madeline tidak bisa mengatakan yang sebenarnya.
“Bagaimana ya menjelaskannya? ‘Mereka yang tenggelam dalam kepura-puraan seperti itu malah menyarankan untuk menutup rumah sakit.’”
Kalau Madeline mengatakan itu, bagaimana jadinya? Melihat mata berkilauan rekan-rekannya, ia tak punya pilihan lain selain berbohong.
Namun, bahkan jika rumah sakit benar-benar tutup, itu tidak akan mengejutkan. Pasien yang dulu memenuhi tempat tidur secara bertahap mulai dipulangkan, menyisakan lebih banyak tempat tidur kosong.
Sekarang, hanya pasien yang memerlukan pemulihan dari cedera serius dan mereka yang menderita trauma psikologis yang berat yang tersisa.
Perawat juga perlahan-lahan berhenti atau pindah ke rumah sakit lain. Entah karena suami mereka pulang dari medan perang, atau mereka ingin mendapatkan lebih banyak pengalaman, Madeline ingin mendoakan yang terbaik untuk siapa pun yang pergi.
Tentu saja, meskipun telah meramalkan akhirnya, Madeline akan merasa sangat sedih saat rumah sakit benar-benar tutup.
‘Tidak bisa dihindari.’
Tidak ada yang abadi. Segalanya harus berakhir suatu hari nanti.
Madeline diam-diam bekerja dan belajar. Dengan sedikit uang yang ditabung, sepertinya cukup untuk menetap di mana saja di masa depan.
‘Haruskah aku pergi ke London…’
Ia ingin belajar keperawatan lebih lanjut di London dan bekerja di rumah sakit lain.
Sekarang ada harapan karena ia memiliki keterampilan. Dibandingkan tahun-tahun sebelumnya ketika ia merasa tidak berdaya dan tidak tahu apa-apa, ini jauh lebih baik.
...Namun, itu tidak berarti semuanya menjadi mudah dan penuh harapan.
Masih ada perasaan yang belum terselesaikan tentang Ian Nottingham. Tentu saja, ia tidak berniat untuk terus bergantung padanya. Kata-kata yang ia sampaikan di tepi laut semuanya tulus dan berasal dari hati.
Cerita bahwa manusia tidak diselamatkan oleh orang lain. Jadi, cerita tentang melakukan yang terbaik di tempat masing-masing tetap berlaku. Seperti komunikasi melalui surat dengan Ian selama perang, ia ingin melanjutkan hubungan itu, mendukungnya dari jauh, bahkan di tempat yang jauh.
Itu sepertinya cara Madeline Loenfield untuk benar-benar berdamai dengan masa lalunya.
‘Dan entah bagaimana, Ian di kehidupan ini tampaknya baik-baik saja.’
Ian Nottingham berada dalam kondisi yang cukup stabil. Setelah kepulangannya di kehidupan sebelumnya, ia tidak dalam kondisi baik. Ia sering berteriak tiba-tiba dan marah-marah di koridor, bahkan tidak berusaha untuk berbicara dengan orang lain.