"Pada akhirnya, kau tidak tahu apa itu perang sebenarnya. Memang terpuji bahwa kau merawat pasien di sini. Aku mengakui itu. Tapi kau tidak mengerti perasaan mereka yang mengorbankan hidup mereka untuk negara hanya untuk ditinggalkan. Dan kau tidak tahu berapa banyak orang yang akan dibunuh oleh negara."
Kata-kata pria itu meniadakan hidup Madeline. Tapi ketika dia menatap mata pria itu yang penuh keteguhan, Madeline hanya bisa menoleh dengan pasrah. Rasanya akan memalukan jika memulai perdebatan dengannya. Isabel dan teman-temannya sepertinya hanya bicara saja.
"Mungkin kau benar. Aku tidak tahu banyak. Bagaimanapun, beri tahu aku informasi kontaknya."
Dengan hanya beberapa kata, perbedaan posisi mereka menjadi sangat jelas. Logat kasar pria itu dari utara bertabrakan dengan aksen lembut Madeline, seperti air dan minyak.
"Bicara."
Keselamatan Isabel, dan kesejahteraan Ian. Itu saja yang penting bagi Madeline sekarang. Selebihnya bukanlah subjek yang ingin dia dalami. Tidak, dia bahkan tidak ingin repot-repot. Apapun tujuan yang dikejar pria itu, itu bukan urusannya untuk campur tangan.
Jadi, dia tidak marah ketika pria itu mengkritik para bangsawan dan Ian. Dia bahkan melihat ada beberapa kebenaran dalam kata-katanya secara objektif. Ian memang bisa jadi orang yang mengerikan. Dia tidak ingin menyangkal fakta itu. Tapi bagi Madeline, Ian Nottingham hanyalah seseorang yang terperangkap dalam kesepian. Dan untuk menyelamatkannya, dia bisa mengorbankan banyak hal.
Bengkok dan terpelintir seperti lensa yang patah, dia menerima dengan berat bahwa dia telah kehilangan akal sehatnya. Ya, ada dorongan yang membara jauh di dalam dadanya seperti lidah panas seekor ular setiap kali dia memikirkan pria itu gemetar seperti daun setiap kali tangannya mendekatinya. Bagaimana mungkin dia menyangkal hasrat itu?
Pria itu mengedipkan mata yang berair dan mengklik lidahnya. "Sial. Apakah aku telah menyinggungmu, nona? Matamu yang polos melemahkan tekadku."
"Cukup omong kosongnya. Berikan. Kontaknya."
"Bagaimana aku bisa mempercayaimu?"
"...Kau berbelit-belit. Kau pikir aku membantumu karena aku mempercayaimu? Kau harus memberi sesuatu untuk mendapatkan sesuatu."
"...Itu masuk akal."
Pria itu memiringkan kepalanya sedikit mendengar kata-katanya dan tersenyum kecil.
- Klik.
Kemudian itu terjadi. Madeline terkejut mendengar suara klik. Itu adalah suara pria itu, Jake, mengunci mekanisme pistolnya.
Dia menghela napas. "Jika kau tidak bisa mempercayaiku, ambillah ini. Tapi aku tidak bisa memberikan kontaknya."
Setelah melemparkan pistol ke tanah, dia mendorongnya ke arah Madeline dengan kakinya.
Ketika Madeline meraba-raba lantai yang gelap, laras dingin pistol itu menyentuh ujung jarinya. Sensasi itu membuat bulu kuduknya meremang seperti menyentuh seekor ular. Sebuah benda yang bisa membunuh seseorang. Pistol. Berapa banyak orang yang sudah mati karena penemuan ini... Madeline dengan hati-hati mengambilnya dan memegangnya erat-erat.
"Kau memberiku pistol sambil mengatakan kau tidak mempercayaiku. Ini bukan yang kuinginkan."
Pria itu mengangkat bahu. "Setidaknya aku bukan sampah yang menembak mereka yang telah membantunya. Anggap saja ini sebagai semacam surat perjanjian."
"Kau memberiku ini lalu mengatakan itu..." Madeline menyembunyikan pistol di belakang punggungnya. Dia curiga dengan niat pria itu yang tiba-tiba memberikan benda yang begitu mengerikan ini.