Sepanjang perjalanan pulang, mereka berdua terlibat dalam percakapan mendalam.
"Mengapa kamu ingin menjadi perawat?"
"Karena aku senang membantu orang."
"...Mengatakan kamu baik hati mungkin terdengar sombong. Tapi, ini menarik."
"Aku bukan orang yang baik hati. Hanya karena aku perawat, bukan berarti aku sepenuhnya baik. Florence Nightingale adalah orang yang cukup menakutkan."
Madeline melemparkan sebuah candaan cerdas. Di Nottingham Manor, dia terobsesi dengan pekerjaannya. Dia dengan teliti memeriksa pasien beberapa kali dan mendengarkan cerita mereka... Hari-hari ketika surat Ian tiba dengan lambat terasa semakin sulit.
Suatu hari, Nyonya Otz memperingatkannya.
[Madeline, jangan terlalu terikat pada pasien. Ingat itu.]
Kenangan saat itu meninggalkan rasa pahit di sudut mulutnya.
"Mungkin aku ingin melupakan. Mungkin aku tidak ingin memikirkan sisi diriku yang tidak ingin kuhadapi, atau mengapa aku ingin melakukan pekerjaan ini lagi."
Perasaan membantu orang lain. Itu membutuhkan akumulasi kelelahan fisik dan kelelahan mental. Namun, menjadi perawat bukanlah panggilan, dan itu juga tidak memberikan pengampunan atas tindakan seseorang.
Dia bahkan pernah berbicara serius tentang hal ini dengan Enzo, yang biasanya akan menanggapinya dengan bercanda, tetapi kali ini pria itu tetap diam.
"Terlepas dari alasannya, perbuatan mulia tetaplah perbuatan mulia. Demikian pula, perbuatan buruk tetaplah perbuatan buruk."
"…"
"Aku juga sedang berusaha. Aku sedang mencari cara untuk melawan para bajingan, orang-orang yang mengancam orang lain, dan melakukannya dengan benar bersama kekuatan saudara-saudara kita. Mungkin kamu tidak mempercayainya."
"…"
"Aku bahkan berpikir untuk mengganti namaku. Sialan. Terlalu memalukan untuk berbicara seperti ini di sini... Bagaimana kalau Tony, bukan Enzo?"
"Tony terdengar seperti nama Italia yang sesungguhnya..."
"…"
"Enzo, apakah kamu benar-benar ingin mengganti namamu karena alasan itu?"
"Seberapa banyak pun uang yang kamu hasilkan, selalu ada batasan yang tidak bisa kamu lewati dengan uang itu. Atau lebih tepatnya, alasan mengapa kamu tidak bisa menyentuh uang semacam itu dan selalu berakhir bermain-main sebagai gangster kelas tiga..."
Mata Enzo tampak berkobar, tak mampu melanjutkan kata-katanya.
"Aku ingin menjadi yang terbaik. Jika ada yang menghalangi jalanku, aku akan mencari jalan lain dan terus maju."
"…"
"Dan kamu adalah yang terbaik yang pernah aku temui. Aku ingin berdiri tegak di depan seseorang sepertimu."
"Kamu adalah yang terbaik yang pernah aku temui." Frasa itu terngiang di benaknya.
Dalam arti apa?
Madeline merasa lebih khawatir dan kasihan pada pria itu daripada terpesona. Dia jauh dari menjadi yang terbaik. Kehidupan pertamanya adalah sebuah komedi tragis yang konyol, dan kehidupan keduanya saat ini juga tidak terlalu sukses.
Hanya pergi ke penjara tidaklah, yah, mengesankan. Tentu saja, dia tidak menyesalinya. Ada banyak hal di dunia ini yang lebih penting daripada kesuksesan duniawi Madeline Loenfield. Dalam hal itu, dia tidak pernah merasa dendam pada dunia.