“Kamu sepertinya sedang belajar keras.”
“Ya. Aku memang sedang belajar keras sampai seseorang menggangguku.”
“Jangan berkata yang jahat.”
“Tapi kamu tidak marah, kan?”
“Tentu saja tidak. Bagaimana mungkin aku marah padamu?”
“Haha.”
Jika ada orang lain yang mendengarnya berkata begitu, mereka mungkin sudah pingsan di tempat. Kata-kata itu sebaiknya hanya disimpan untuk dirinya sendiri. Saat ini, Madeline terlalu bahagia untuk melakukan apa pun selain tertawa.
Namun, pasti ada alasan mengapa dia datang ke sini. Dia tidak mungkin hanya mengatakan sesuatu yang konyol seperti “Aku merindukan wajahmu.”
“Aku merindukan wajahmu.”
“Tidak mungkin.”
“Dan ada sesuatu yang menggangguku.”
Yah, itu masuk akal. Dia tidak mungkin datang tanpa alasan. Ian mengeluarkan sesuatu yang kecil dari saku. Benda itu terlalu buram untuk dikenali, sehingga Madeline mengerutkan kening, tidak bisa melihat dengan jelas. Benda itu terlihat kecil di tangan pria itu, namun terasa pas di tangan Madeline. Rasanya familiar, seperti dompet yang terbuat dari kulit sapi lembut.
“Apa ini?”
“Buka saja.”
Ian mengangguk, mendorongnya untuk melanjutkan. Dia menghela napas lagi. Seekor laba-laba merayap di belakangnya. Madeline dengan hati-hati membuka kotak kulit itu, menemukan sepasang kacamata di dalamnya. Kacamata itu persis seperti yang dia pasang di Bond Street, London.
“Ini adalah-”
“Tidak masuk akal belajar dengan penglihatan yang buruk. Itu saja, jadi jangan menolaknya.”
Percaya bahwa "itu saja" akan menjadi tindakan yang naif, mengingat upaya yang dia lakukan untuk memberikan kacamata yang persis seperti yang dia beli di London. Dan kacamata itu buatan tangan. Setidaknya, itu adalah sesuatu yang hanya bisa dibuat di toko kacamata di Bond Street. Madeline menahan diri agar sudut bibirnya tidak melengkung ke atas.
“Kamu tidak akan mencobanya?”
Dia berpura-pura tidak melihat, mendorongnya dengan tidak sabar. Tatapannya yang sekilas pada Madeline terlihat cemas.
“Kamu akan mendapat masalah besar jika tidak segera memakainya.”
Meskipun dia berkata begitu, sentuhan Madeline sangat lembut saat dia mengeluarkan kacamata itu dari tempatnya. Dia mengenakannya dengan hati-hati. Dan tiba-tiba, penglihatannya menjadi jelas.
“Sebenarnya, aku ingin tahu apakah kamu membutuhkannya.”
“Kenapa?”
Madeline tersenyum lembut dengan kacamata itu.
“Karena kamu mungkin menyukai melihat dengan jelas, tetapi kamu mungkin tidak menyukai melihatku.”
“…”
“Itu pendapat yang tidak adil.”
Madeline memperhatikan suaranya yang sedikit serak. Dia melepas kacamatanya. Dengan satu tangan, dia dengan lembut meraih pipi pria itu. Dia mendekat padanya.
“Ketika kamu sedekat ini, aku bisa melihat segalanya.”
Lukamu, kerutan di sekitar matamu, kilauan di pupilmu.
“Oh?”
“Jadi, jangan membuat komentar ‘jelek’ seperti itu. Tidak adil setelah kamu bersusah payah memberikan hadiah ini, kan?”