-70-

1.7K 295 11
                                    

June dan Lisa duduk rapih di sofa, di depannya kedua orang tua mereka berdiri sambil melotot galak-- ralat, Maminya doang yang melotot galak sedangkan Papinya keliatan biasa aja.

Bom ngedengus kesel trus ngebanting rapot anak-anaknya ke atas meja, "apaan ini?"

"Rapot, Mi." sahut June polos.

"Rapot kalian kelunturan darah haid apa gimana? Merah semua gitu," sindirnya tajam.

Bom pusing, rapot kedua anaknya ga ada yang beres, yang satu nilainya paling bagus cuma 0,3 di atas kkm dan satunya lagi alfanya hampir sebulan. Sambil mijit keningnya Bom mikir, dulu pas hamil dia ngelakuin kesalahan apa sampe anak-anaknya jadi pada begini.

"Mami taunya kamu berangkat sekolah tiap hari, June." desis Bom kesel. Oke kalo masalah Lisa dia masih bisa maklumin, emang ga semua anak pinter dalam hal pelajaran, Bom yakin Lisa punya kelebihan lain. Tapi kalo June? Setiap hari cowo itu berangkat dan pulang bareng Lisa, gimana bisa absensinya bobrok gini.

"Maaf, Mi." cicit June pelan sambil nundukin kepalanya, ga berani natap kedua orang tuanya di depan.

Seunghyun ngehela napas dan duduk di single sofa di belakangnya, ngerasa pegel karena terus-terusan berdiri. Sedangkan Bom masih berkacak pinggang dengan mata yang melotot galak.

"Kamu tuh kemana sih sebenernya?!" tanya Bom ketus.

June ngegigit bibir bawahnya sambil ngelirik kecil ke arah Seunghyun buat minta pertolongan, tapi Papinya cuma ngangkat bahu santai.

Kalo dalam situasi normal Lisa pasti udah ngetawain June sambil ngemampus-mampusin kembarannya itu. Tapi sekarang beda, dia yakin setelah ini gilirannya buat di omelin juga. Jadi Lisa lebih milih diem tanpa bersuara sedikitpun, bahkan narik dan ngeluarin napas pun berusaha sepelan mungkin karena takut di omelin Maminya.

"Ya.. June ke sekolah kok.. Tapi ya bete, jadi gitu..." jawab June sambil ngegaruk leher bagian belakangnya, kedua tangan cowo itu udah dingin banget karena gugup.

Bom ngerutin kening tanda bingung, "ngomong apaan sih kamu?"

"June ke sekolah, Miiiiii~" rengek cowo itu sambil natap melas ke arah Maminya.

Bom ngedengus, "ya trus kenapa di rapot alpa kamu sampe banyak banget gini hah?"

"Ya soalnya June kadang-kadang bolos, kalo pelajarannya ga asik, gurunya nyebelin, tugasnya banyak. Males, Mi, pusing." jelas June panjang berharap Maminya ngerti.

"Ya kalo ga mau pusing mah ngemis aja sana! Sekolah maunya ga ada tugas, ga ada guru, ga belajar, emang ada?! Kalo kamu pusing Mami lebih pusing tau ga ngeliat rapot kamu jelek banget gini." omel Bom sambil natap tajam June, bikin anaknya itu nunduk takut lagi.

"Maaf..."

"Lisa juga, kenapa bisa nilai rapotnya ancur gitu? Selama sekolah kamu ngapain aja sih? Main mulu ya, apa ngurusin Hanbin terus sampe ga mikirin pelajaran. Cinta-cintaan aja sana, udahlah ga usah sekolah sekalian. Orang tua Hanbin suruh kesini aja sekarang kalian nikah daripada sekolah ga berguna begini." omel Bom panjang lebar dalam satu tarikan napas. Ya semaklum apapun Bom tetep harus ngasih peringatan ke Lisa biar anak gadisnya itu mau berusaha lebih keras.

Lisa merengut sambil ngegeleng-gelengin kepala, "ga mau, Mi. Lisa mau sekolah."

"Ya kalo sekolah yang bener. Di kira bayarnya murah apa? Kalo minta uang jajan aja lancar banget, di suruh belajar males-malesan. Kalian tuh mau jadi apa emangnya?" tanya Bom sambil natap kedua anaknya bergantian.

Keduanya masih nunduk, Lisa main-mainin kukunya sedangkan June natap ujung sepatu, sama-sama ga berani natap Maminya.

Bom ngehela napas pelan sambil ngeliatin kedua anaknya yang lagi nunduk takut, "semester depan jangan kaya gini lagi ya." katanya dengan nada yang lebih lembut ga sekeras sebelumnya, ga tega juga karena gimanapun June sama Lisa itu anak kesayangannya.

June dan Lisa kompak nganggukin kepalanya pelan.

"Tapi kalian tetep harus di hukum. Hukumannya Mami pikirin dulu, nanti Mami kasih tau." kata Bom tegas, dia ngerasa harus ngelakuin ini biar kedua anaknya kapok.

Tangan Bom terulur buat ngelus kepala June dan Lisa yang masih nunduk, "udah, sekarang makan yuk!"

Lisa nganggukin kepalanya semangat sedangkan June ngehela napas lega, masa sidang mereka udah berakhir.

"Loh kok udahan? Lagi dong Mi biar seru." celetuk Seunghyun yang dari tadi asik nonton kedua anaknya di omelin istrinya.

"IH PAPI!"

"GA USAH TERIAK IH BERISIK!"

June langsung diem ga bersuara, Lisa bahkan sampai nutupin mulutnya pake kedua tangan.

"Nah kalo gini kan enak." Bom senyum bahagia karena akhirnya rumahnya kembali tenang.

"Mamiiiii~" panggil Lisa sambil narik-narik ujung baju Maminya, "maaf ya, Lisa nakal."

June bangkit berdiri kemudian meluk tubuh Maminya erat, "June juga, Mi. Maaf bikin kesel mulu."

Bom narik Lisa berdiri dan meluk kedua anaknya sayang. Lisa bahkan nangis saking ngerasa bersalahnya. June natap langit-langit rumahnya, berusaha ga ikut nangis kaya Lisa.

"Udah dong, katanya mau makan!" protes Seunghyun sambil bangkit dari duduknya.

"Ah Papi mah ngerusak suasana!" kata Lisa sambil natap sebel ke arah Papinya.

June cuma ngedengus kesel abis itu ngikutin langkah Maminya jalan ke arah dapur.

familovelyTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang