38. Obrolan Sore

3.4K 520 21
                                    

Ngeliat Papa yang lagi duduk di teras, Eri pun kesempatan ini buat ngobrol berdua sama Papa. Udah jarang soalnya. Terakhir Eri ngobrol berdua sama Papa tuh pas dia minta motor baru waktu itu abis itu engga lagi soalnya Eri banyakan main sama Ain, ke klinik ato ga ke rumah Casey sementara Papa sibuk sama bisnis ternaknya. Kalopun ngumpul ya sekeluarga. Ini kebetulan Mama lagi bikin kue di belakang trus Ain lagi tidur siang.

"Kenapa? Mau minta motor lagi?" Tanya Papa dengan matanya masih tertuju di hp dan telunjuknya yang bergerak buat scroll feed insta. Iya, Papa mainannya insta sekarang bukan fesbuk lagi.

"Engga, Paa... tapi kalo Papa mau kasih Eri bakal terima dengan senang hati hehe"

"Maunya. Kenapa? Pasti ada yang mau diomongin sama Papa."

"Papa tau aja. Lagian segabut apa coba Eri dateng sini cuman mo gangguin Papa aja."

He-em, siapa yang dateng-dateng ke teras cuman buat cabutin bulu kakinya Papa trus lari masuk lagi ke dalam rumah. Siapa yang dateng-dateng ke teras bawain Papa kopi yang udah dicampur sama garam. Siapa yang dateng-dateng ke teras cuman buat masukin dua jarinya ke lobang idung Papa pas Papa lagi fokus main hp. Eri doang. Ga gabut Eri mah. Ga sama skali.

"Pa,"

"Hm?"

"Pa, rumah yang waktu itu Eri sama Papa beli, udah bisa Eri renovasi ga Pa?"

"Rumah yang di perum PLN, kak?"

"Lah iya, Pa... rumah yang dimana lagi? Ahh, ada satu lagi ya hehe"

Eri inget Papa ada beli satu lagi rumah, rencananya mau dikasih ke Ain kalo nanti Ain udah nikah bisa tinggal di situ. Papa sama Mama tuh gitu. Karna dua anaknya udah kerja, udah ada penghasilan sendiri jadi uang hasil bisnis  mereka bukan hanya ditabung, sebagian besar mereka pake beli tanah, beli rumah buat Eri sama Ain. Itu bukan warisan dari kakek ato nenek tapi emang murni hasil kerja keras Papa sama Mama selama ini. Semuanya buat Eri sama Ain.

"Yang di perum PLN udah Papa renov kok pelan-pelan. Kenapa emangnya?"

"Kok Papa ga bilang-bilang Eri sih? Kan Eri bisa bantu juga. Papa kan belinya buat Eri tinggalin nanti kalo udah nikah. Masa Papa semua yang kerjain. Papa ih."

"Papa bersihin halamannya aja sama itu yang rusak-rusaknya diperbaikin, dicet ulang tapi buat design interior biar kamu yang urus. Kok tiba-tiba nanya soal rumah? Udah ada rencana?"

Eri nyengir sambil garuk-garuk kepalanya. Malu sebenernya tapi ini emang udah harus dia bicarain sama Papa.

"Iyaa, Pa... kalo bisa sih tahun ini ato tahun depan. 6 bulan buat renov rumah sampe interior bisa kayaknya ya, Pa?"

"Bisa, yang penting kakak cari tukang yang trusted aja trus intinya harus ada mandor biar kerjanya ga serabutan, teratur."

"Eri udah ngobrol sama Kesi, Pa... dia kan lagi persiapan cpns tapi seandainya ga lulus cpns udah ada perusahaan temen Papinya yang mau ngasih pekerjaan buat Kesi jadi kayaknya waktunya udah tepat. Menurut Papa?"

Papa nyeruput kopinya bentar trus ngadep ke Eri.

"Papa sih terserah kamu aja, Kak... umur kakak udah cukup, kakak juga udah mapan trus Papa sama Mama juga udah kepengen gendong cucu hehe renov rumah bisa kita percepat kalo gitu, nanti Papa bantu-bantu kalo kakak butuh dana. Udah siap kok. Kakak sama kesi maunya gimana? Tunangan dulu apa gimana?"

"Pengennya langsung aja Pa nanti. Kesi juga maunya gitu. Eri bilang ke kesi kalo rumahnya udah siap kita bisa mikirin lagi buat pernikahannya, dia katanya ga masalah Pa malah dia bilang mau bantu-bantu juga renov rumah, ngawasin sama ngatur-ngatur design interiornya."

"Bagus dong, kak... biasanya kalo soal gitu, cewe lebih jago. Papa malah lebih percaya kesi buat ngawasin orang kerja daripada kamu. Kamu kan iya-iya aja, nurut sementara kesi lebih kritis mikirnya, salah dikit pasti langsung diomelin. Ya kan?"

Eri ketawa sambil ngangguk karna emang semua yang Papa bilang itu bener. Eri mungkin bakal dateng tiap hari buat liatin orang kerja, ya beneran diliatin doang sementara Kesi bakal keliling, perhatiin setiap detailnya jadi kalo dia temuin kesalahan bakal langsung dibilang ke tukangnya. Beda sama Ain yang masih suka ga enakan sama orang, Kesi cenderung ga peduli.

"Adik kamu?"

Eri brenti ketawa. Wajahnya keliatan serius lagi. Seperempat abad lebih Eri abisin waktunya sama Ain di rumah itu. Dari mereka lahir sampe udah segede ini mereka selalu sama-sama, udah kayak kembar padahal beda setahun, tinggi juga ga beda-beda jauh makanya kalo jalan sering disangka kembar. Cuman ga bisa dipungkiri kalo hari itu pasti akan datang juga kan? Dimana Eri sama Ain harus pisah dan menjalani kehidupan mereka dengan keluarga mereka masing-masing.

"Eri tuh sebenernya udah lama loh Pa omongin soal pernikahan sama Kesi. Udah dari tahun lalu, pokoknya dari Kesi masih kkn, urusin proposalnya. Cuman keinget Ain. Eri ga bisa tinggalin Ain sendiri sebelum Ain temuin cowo yang tepat."

"Jadi kakak rasa sekarang Ain udah dapet calon pendamping hidup yang tepat?"

"Kalo Nohan iya, Paa... pokoknya ga sama Juna, Ocep apalagi Luke. BIG NO. Nohan udah pas sama Ain. Papa juga berpikir gitu kan?"

"Iyaa, pokoknya jangan sama Juna. Bukan Ainnya, Papa kasihan sama Juna nanti dibully terus sama Ain."

"Hahaha itu Papa tau."

Alesan kenapa Eri menunda pernikahannya sama Kesi tuh sebenernya bukan hanya nunggu Kesi kelar. Kesi sebenernya fine-fine aja kalo nikah sebelum dia lulus. Maminya juga ijinin malah pengen Eri cepet-cepet nikahin Kesi, kayak waktu itu Eri dateng ke rumah disuruh cepet-cepet. Cuman itu, Eri mikirin Ain. Selama Ain belum nemu sama orang yang tepat, Eri belom bakal nikah dulu. Karna kalo udah nikah artinya Eri harus tinggal misah dari keluarganya, itu artinya Eri ga bisa awasin Ain lagi kayak sekarang-sekarang ini. Kalo udah nikah kan prioritas Eri sekarang udah bukan hanya Ain lagi, udah pasti keluarganya yang nomer satu.   Karna sekarang Ain udah sama Nohan, itu artinya Eri udah bisa ngelanjutin rencananya sama Kesi udah sekian lama tertunda itu.

"Kamu sama Kesi diskusi aja dulu mau design rumahnya kayak gimana. Kalo perlu sekalian cari interior designernya sama tukangnya. Kalo udah, kasih tau Papa. Ato kamu mau Papa ikut juga ngobrol sama interior designnya?"

Eri ngangguk dengan matanya yang berbinar-binar. Eri mana bisa ngelakuin semuanya tanpa Papa ato Mama. Ujung-ujungnya pasti nyariin Papa sama Mama juga dia.

Mereka ga sadar aja kalo Ain udah daritadi duduk di sofa deket pintu. Nguping pembicaraan Papa sama Eri sore itu. Ain seneng kok beneran seneng karna akhirnya impian Eri buat nikahin Kesi bakal segera terwujud. Cuman tetep aja nyesek.

Ain diam-diam masuk lagi ke kamarnya, trus nangis. Sampai kapanpun hati Ain ga bakalan siap kalo harus hidup terpisah sama Eri.

aaaaa, nyesek banget ih nulis chapter ini 🤧🤧😭😭

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.


aaaaa, nyesek banget ih nulis chapter ini 🤧🤧😭😭





21 Maret 2021.

" Ai, " • NoHyuck •Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang