LEBARAN YGY

27 5 41
                                    

Jibran duduk sok jaim, begitu juga Chirza. Meira sendiri lagi lebaran sama papanya di rumah tante Dewi aka mama tirinya Chirza sama Meira.

Alih-alih buat lebaran bareng keluarga papanya, Izza lebih seneng buat lebaran bareng Jibran. Di sangka cuma bakal lebaran berdua, ternyata mereka berdua di suruh lebaran di rumah mamanya Jibran.

Anak-anak yang lain udah pada mudik, sisa Malik yang pulang paling akhir. Dia ngeduluin Sholat Ied di Depok, baru beres sholat langsung berangkat ke Serang.

Ini Chirza sama Jibran lagi sok jaim, soalnya di rumah orang. Padahal udah berkali-kali om Syarif tawarin makan, tapi dua-duanya cuma nyengir sambil bilang masih kenyang.

Padahal dari rumah mereka belum makan, makan sih. Pake rendang buatan sendiri, modal bumbu instan yang ternyata gak ada rasanya pas mateng.

Anak nya sok ngide dan sok mandiri, padahal gak ada yang bener-bener bisa masak. Kemarin juga sebelum maaf-maafan mereka berantem gara-gara gak bisa bedain Lengkuas sama Jahe. Terus lada sama ketumbar.

Makanya tadi pas beres sholat ied terus jalan ke rumah om Syarif di motor juga pada diem-dieman, Jibran yang bawa motor duduknya di depan banget yang kalo bisa berdiri mungkin dia bawa motor berdiri deh gak perlu duduk, sementara abangnya duduk paling belakang sambil pegangan ke jok belakang gak lupa bibirnya pada manyun.

Masalahnya sampe sini juga bingung, Jevan ternyata belum bangun. Mamanya bilang Jevan semalam itu baru pulang jam tiga pagi.

Sementara dari semalem Jibran sama Chirza cuma lihatin orang pawai obor sambil duduk berjarak gara-gara saling ngambek.

"Makan gih Jib Za." Titah Astin yang dari tadi sibuk nyiapin makanan di meja makan.

Jibran duduk ngedeketin Chirza. Terus bisik-bisik.

"Aman gak nih?"

"Hush! Lagi lebaran Jibran gak boleh gitu."

Jibran ketawa kikuk terus noleh ke arah mamanya.

"Iya ma.. masih kenyang." Katanya sambil ngelus lututnya.

"Elah udah kaya orang minjem duit aja lo, ngelus lutut begitu." Sinis Chirza.

"Pstt, siapa tau beneran di pinjemin duit kan?" Kata Jibran.

"Teteh lagi kerumahnya Keenan, kalian di sini dulu gak apa-apa kan? Nanti sore baru bareng-bareng ke makamnya abah." Ucap Astin yang tiba-tiba aja duduk di depan Jibran sama Chirza. Gak lupa dua gelas es jeruk yang tadi dia buat di dapur dia suguhin ke dua anak itu.

"Iya ma.. gak perlu repot-repot padahal mah." Cengir Jibran.

Ini lebaran paling canggung sepanjang masa, dari sekian banyak lebaran yang pernah dia lewatin. Ini lebaran pertamanya di rumah Astin, dan ini kali pertama dia di akuin sebagai 'anak'.

Sedihnya, ini juga lebaran pertamanya tanpa abah. Bohong kalau emang alasan dia diem aja karena ngambek sama Chirza, aslinya Jibran gak perduli soal itu. Yang bikin dia diem aja ya karena sedih di tinggal abah buat selamanya, makanya dia milih buat diem dan nahan sedihnya sendirian.

Agak siang dikit, akhirnya Jibran sama Chirza luluh dari pertahanan mereka yang bilang 'masih kenyang' setiap di tawarin makan. Mereka pada akhirnya mutusin buat makan setelah Kresna yang tiba-tiba aja datang setelah Jibran share lokasi.

Katanya sih habis halal bihalal sama keluarganya, dia langsung berangkat ke sini. Bahkan desas-desusnya Juan juga otw di jalan mau ikutan makan opor ayam sama sambel ati.

Kalian tau kan kalau urusan makanan Kresna itu gimana? Dia cuma cium tangan ke tante Astin sama om Syarif. Beres itu cuma jeda lima menit terus di tawarin makan tanpa ba bi bu. Dia langsung jalan ke meja makan dan makan semua masakan Astin yang di bantu sama asisten rumah tangganya.

Anak, Pak Sutisna.Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang