AWAN MAHENDRA
"Rendra sama dedek bayi dulu malam ini, ya?" kata gue saat menggandeng Rendra di lorong apartemen.
"Papa mau kemana sih kok Rendra gak boleh ikut?"
Sebenarnya Rendra dari tadi sudah menanyakan hal yang sama, tapi ya kali gue kasih tau. Yang ada dia malah tambah merengek mau ikut.
"Mau nangkep beruang," jawab gue asal tapi Rendra tak bertanya lagi. Gue beruntung karena Rendra memang selalu antusias kalau gue bilang mau bawa dia ke rumah Kanaya. Selain adek gue itu memang tingkahnya masih kayak bocah seumuran Rendra, alasan lainnya pasti si kecil Angi.
Bener kata Kanaya dulu, gue jadi ingat masa kecil gue sendiri kalau melihat Rendra sekarang. Dulu waktu Kanaya masih bayi, gue suka gak sabar buat pulang dari sekolah demi ambil tugas jagain dia. Kalau libur malah bisa seharian gue nempel terus gak bisa jauh dari si bungsu. Gue akhirnya juga jadi sering bolos latihan futsal sampai akhirnya dikeluarin dan baru ikut lagi pas masuk SMP. Dulu kalau melihat Kanaya tidur terlalu tenang, biasanya gue taruh telunjuk dekat hidung dia, memastikan nafas hangatnya masih terasa. Saking parnonya gue tiba-tiba kehilangan dia.
Setelah memencet bel dan beberapa kali menelfon pemilik apartemen tapi gak diangkat, gue hanya berdiri sambil menunggu pintu itu terbuka. Agak lama. Rendra tadi malah sudah mengeluh kebelet pipis. Salah gue juga tadi sebelum berangkat malah nyuruh dia minum segelas besar susu.
Baru akan memencet bel kesekian kalinya, pintu itu akhirnya dibuka dan menampakkan orang yang gue percaya buat lanjut jagain adek gue. Saka. Gue gak tau kenapa dulu bisa percaya dan kasih dia restu buat nikahin Kanaya. Orang mesum begini. Lihat aja sekarang keadaannya. Kemejanya berantakan sekali, kancing baju meleset dari lubang semestinya, seperti asal saja tadi dipakainya.
"Lo tau waktu kek kalau mau bertamu, Wan!"
Gue langsung cek jam tangan, "tau, kok! Waktu menunjukkan pukul setengah delapan malam."
Lagian ketemu abang ipar bukannya sungkem cium tangan malah muka kesalnya yang ditunjukkan. Kurang ajar banget emang punya ipar.
Tapi gue harus inget, gue kesini karena butuh bantuan dia. Jadi gue pasang lah senyum semanis mungkin, "gue titip anak ya, Saka!"
"Gue gak ngerasa punya usaha daycare, Wan."
"Nah, bagus tuh kalau lo mau buka usaha daycare. Nanti gue langganan deh!"
"Si anying!"
Gue sudah ada ekspektasi kalau Saka gak mungkin segampang itu mau bantuin gue. Apalagi ini malam minggu dan setahu gue dia dari kemaren ada dinas keluar kota. Pasti lagi kangen-kangennya sama istri tuh. Tapi, ayo lah!
Akhirnya, gue mendekat dan berbisik, "malem ini aja, Sak. Gue mau malem mingguan berdua sama Mawar."
"Tenang banget lo ngomong begitu. Dipikir lo dateng kesini gak ganggu ritual malem mingguan gue sama Kanaya?"
Ya gue bukannya anak baru masuk SMP. Melihat penampilan Saka super berantakan seperti itu tentu gue bisa menebak apa yang baru saja terjadi di dalam.
"Pending sampai malem jum'at aja gak sih, Sak? Pahalanya kan lebih gede."
"Ceramah lagi gue tampol lo, Wan!"
Saka kelihatannya beneran kesel. Tapi gue gak boleh sampai kehabisan akal. Pokoknya malam ini gue harus bisa titipin Rendra biar bisa jalan bareng Mawar. Gue sebenernya gak tahu kenapa gue jadi ngotot banget malam ini harus berdua keluarnya. Kayaknya gue beneran kecanduan melihat senyum Mawar yang entah kenapa akhir-akhir ini manis sekali. Apalagi kalau dia tersenyumnya karena ulah gue. Beuh! Serasa sukses banget gue jadi orang.
KAMU SEDANG MEMBACA
Menikahi Rahasia
RomanceDari dulu aku mengagumi Awan, tapi tidak setelah kami menikah. Awan tidak sesempurna yang selama 12 tahun kukenal dari jauh. Awan sekarang tidak lebih dari seseorang yang dingin, angkuh, acuh, dan tidak berperasaan. Sepertinya perpisahan adalah yang...