7. TINGKAT KEPEKAAN

732 62 51
                                    

"Manusia tidak ada yang sempurna. Aku semakin tak sempurna setelah kurelakan raga serusak batang pohon termakan rayap."

___________________________________________
___________________________________________

Grand Science University
jam 09.12 pagi

PROF. Yuan sedang mengisi perkuliahan jam pertama yang dihadiri oleh ratusan mahasiswa asli, sekaligus mahasiswa yang melakukan study tour. Bukan rahasia lagi kalau suami dari Bow itu adalah salah satu profesor sekaligus ilmuwan SAINS. Namanya sangat populer di kalangan para dokter maupun mahasiswa, terkenal karena kejeniusan serta tentu saja karya-karya yang menunjang kemaslahatan negara.

"Robot pertama kali dibuat pada tahun 1920

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

"Robot pertama kali dibuat pada tahun 1920. Kata "robot" berasal dari bahasa Ceko di negara Eropa Timur. Berikan saya 1 asal-usul arti bahasa tersebut, silahkan."

Seorang wanita pirang berkacamata mengangkat tangan.

"Your name, please?" Prof. Tuan bertanya.

"Christine Brown, Sir."

"Well, apa yang anda dapatkan?"

"Eee...what I got is..."

"Use your own language, Mrs. Brown, that's okay."

Christine menarik napas, wajahnya gugup karena dilihat banyak orang. Wanita itu juga merona ketika Prof. Yuan tersenyum menenangkan.

"Word 'robot' came from word 'robota', which means forced job. The word first appearence was in a theatre named Rosum's Universal Robots written by Karel Capek (kata 'robot' muncul dari kata 'robota' yang berarti kerja paksa. Kata ini muncul pertama kali di pentas teater berjudul Rosum's Universal Robots, ditulis oleh Karel Capek)."

"Well done, Mrs. Brown. You listened to my last explanation very well. Selain bahasa dari negara Eropa Timur di Ceko tadi, robot pertama kali diproduksi oleh negara mana?"

"Laila Shania, Pak!"

Prof. Yuan menunjuk seorang wanita berambut pendek. "Asal anda, Nona Laila?"

"Jakarta Timur, Indonesia."

Sang jenius mengangkat alis takjub. "Negara dengan ribuan pulau itu? Saya merasa terhormat dikunjungi salah satu anak bangsanya. Silahkan, Nona."

"Xie xie, Laoshi!" Laila Shania tersenyum lebar, dia memperbaiki sedikit rambutnya agar sang dosen favorit tidak bosan. Dia menjawab, "robot pertama kali diciptakan oleh Jepang pada tahun 1928, robot itu lalu diberi nama...eee...Gaku..."

"Gakutensoku, Nona Laila. Ingatan anda sangat bagus."

"Ah, iya Gakutensoku. Maknanya adalah mempelajari hukum alam, Prof."

Keadaan menjadi cukup ribut setelah Laila Shania kembali duduk. Prof. Yuan tahu, sebentar lagi akan banyak pertanyaan. Dia menenangkan mereka dengan melanjutkan sedikit penjelasan.

MAMA KELINCI🐇(Yizhan) S3Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang