OPERASI

16.6K 983 6
                                    

Hari ini adalah hari yang paling menegangkan bagi siapa pun yang ikut dalam tim operasi kali ini.

Operasi akan di mulai pukul 12.00 WIB, kami para tim operasi menyiapkan mental kami sebaik mungkin dan berharap operasi dapat berjalan lancar.

Kini tepat pukul 11.00 WIB, Dokter Adit,Dokter Ali,Dokter Keisyah,Dokter Ryan,dan aku kini menyusuri koridor menuju tujuan kami satu-satunya Ruang ICU.

Kami harus mengecek perlengkapan yang di gunakan. Setelah sampai kami memeriksa semua perlengkapan yaitu,

FASILITAS PERALATAN BEDAH THORAKS

Fasilitas bedah torak di khusus kan 1 ruangan OK yang di lengkapi dengan meja operasi khusus bedah toraks dengan ruang ICU untuk post bedah toraks, peralatan lainnya adalah :

Ruang OK khusus bedah toraks
ICU untuk setelah bedah toraks
Meja operasi khusus bedah toraks
2 unit Bronchoscopy
2 set Thoracotomy
1 set Thoracoscopy
VATS ( Video Acces Thoracoscope Surgery )

Semuanya sudah lengkap, kurang lebih 30 menit lagi operasi akan segera berlangsung, kini dokter adit memberi kami semangat dan menyuruh kami agar tidak tegang, jadi kami merilekskan badan kami sebelum semuanya dimulai selanjutnya tim operasi keluar untuk menyiapkan dirinya seperti mensterilkan tangannya dengan sabun khusus sebelum menyentuh meja operasi, setelah semuanya selesai kami pun memasuki ruang icu. Kami berdiri di posisi kami masing-masing.

Dokter Adit berkata
"Bismillah dan kalian semua harus fokus" kami menjawab serentak,

"seperti latihan militer saja" kata dokter Adit

"siap,dimengerti" lalu operasipun di mulai,

Dokter Anastesi (khadijah) Tolong suntikkan 120mg propfol dan 40mg rocuronium. Kata dokter Adit.

Mulai dari menyanyat hingga kanulasi lalu memasang mesin jangtung dan paru-paru.

Bersiaplah sampai aku memanggil kalian,mengerti? Kata dokter Adit kepada Dokter Keisya dan Dokter Ryan, kemuadian keduanya menunggu di luar ruang operasi seraya menunggu giliran mereka.

Kita akan mulai bedah penggantian jantung buatan dengan sayatan median sternotomy ( adalah suatu salah satu Jenis sayatan yang dibuat di dada dan mmberikan pandangan yang luas dari rongga dada).

Aku adalah pemimpim operasi Adit, asisten utama dokter Ali dan asisten kedua dokter jihan , suster bertugas mutia dan safa.

perfusionist ( teknologi yang mengoperasikan mesin jantung-paru selama cardiopulmonary bypass oleh dokter alvaro.

Nah,semuanya sudah siap?
Kami semua menjawab, "baik dok"
Mari lakukan yang terbaik.

Kini dokter Adit memulai aksinya,
Pisau. Gauze(kasa),saya mulai sayatannya, wire holder (pemegang kawat), "kenapa kuat sekali?"
Dia berbicara pada dirinya sendiri,Needle holder ( pemegang jarum ), saw (gergaji), needle holder ( pemegang jarum lagi ),

ayo buka kini giliran dokter Ali, retrakctor.

Perekatnya lebih kuat dari yang diperkirakan kata dokter Ali ke Dokter Adit. Kemudian meminta alat lagi,Clamp (penjepit)
"sulit dipisahkan karena ada perekat"

kata ku kepada mereka berdua.
"Ini aortanya" kata Dokter Adit. Ini terlihat lemah jadi tarik perlahan.

Ya,Kata dokter Ali setelah menariknya dengan perlahan tiba-tiba terjadi sedikit kesalahan akibat proses penarikan itu mengenai sedikit aortanya, maka pada saat itu darah muncrat kemuka dokter Ali, Dokter adit menayaka kondisi vital pasien kepada dokter anastesi,

"tekanan darah turun 60/70 oleh dokter khadijah, Cerbral oximetry turun di bawah 40. Dokter Adit berkata
"aku akan tingkatkan dan mukai transfusi darah".
" Oke" kata Ali,

"Maafkan aku kata dokter Ali sungguh maaf kan aku dokter".

"Tak apa tenang saja".

"Maafkan aku"

"ali !! Lihat aku !! Tak apa, masih ada waktu jangan panik. Ali fokus. Fokus , ya ." kata dokter adit.

Prolene nomor 4 salah satu tipe Benang jahit yang digunakan untuk bocornya arteri.

Cut( potong )Kata dokter adit . Cut kata dokter ali sambil mengulangi perkataan . Tolong sedot, ini aortanya terlihat lemah tarik pelan-pelan, kata dokter adit ke ali,

Pisau dan kanula. Untuk dimasukkan ke saluran jangtun. Ali jepit. Jahit. Cut. Hubunghkan saluran penyedot / , ali irigasi. Teruskan irigasi ali, lalu sambungkan, cukup, ambil jepitan.

Mari lakukan vena cava inferior. ( vena besar yang membawa darah terdeoksigenasi daritubuh bagian bawah dan menengah ke atrium kan jantung)

Siap?dokter yang memompah dokter Alvaro. Pompa kata dokter adit, maka darah diseluruh tubuh di alirkan ke alat itu , dipompa keluar tubuh kemuadian dibersihkan lalu di kembalikkan kedalam tubuh.

Turunkan tekanan pompa kata dokter adit lalu meminta alat, cross clamp (penjepit menyilang ) . naikkan tekanan pompa kata dokter adit lagi.

Lalu dua orang dokter memasuki ruang operasi untuk memulai aksi mereka yaitu memindahkan baterai dan pengendali buatan. Dokter Ryan dan Keisya.

Matikan jantung buatan kata dokter adit, selanjutnya jantung buatan akan di keluarkan katanya lagi.

dokter ali dan jihan melakukan pergantian posisi untuk dokter Ryan dan keisya , Ganti posisi perintah dari dokter adit.

Skapel untuk Menyayat dan bovie kata doktet ryan.

army detractor kata dokter keisya. Satu lagi kata mereka bersamaan .lalu alat itu di keluarkan baterai dikeluarkan.

Pengendali sudah di keluarkan. Yang terakhir aku akan menarik keluar TET semacam kabel-kabel dari alat sebelumnya.

Selanjutnya, kata dokter Adit,
Metzenbaum ( gunting bedah dengan pisau ujung tumpul melengkun) mulai sekarang, kita akan bekerja tanpa henti.

Mulai sekarang kita akan bekerja tanpa henti ulang dokter ali. Setelah itu jantung buatan di keluarkan.

Kini giliranku kata dokter Adit jadi aku melakukan pergantian posisi oleh dokter Ali.

Kini aku memulai aksiku di bawah pengawan doktet Adit. Berikan pengikat, long forceps ( untuk memegang dan menahan jaringan atau struktur tertentu) prolene nomor 4,berikan jantung buatan , bagaimana pompanya ? 5,8 liter. Aku akan keluarkan udara dari jantung buatan. Tingkatkan kecepatannya kemudian, Nyalakan jantung buatan dan jantung buatan itu tak lama kemudian berdetak membuat kani bernafas lega, baik semua orang diruang operasi merasa lega karena jantung buatan yg di ganti berfungsi dengan baik. Operasi berjalan lancar dan terima kasih atas kerja samanya. Kata doktet Adit. kami menjaeab ya dokter.

Sisanya aku tinggal menjahitnya saja dan membalutnya. Operasi kurang lebih 6 jam. Hufttt bagus han kataku pada diriku sendiri.

Setelah itu kami semua pulang karena lelah mungkin.

Haloha... Readers 🙌✌
Ho...ho..ho gimana ceritanya ? Tunggu part operasi lainnya lagi yah guys dan kelanjutan kesalah pahaman kalo masing-masing dari mereka sudah berkeluarga
ADIT dan JIHAN.
SO VOTE AND COMMENT YAH GUYS 🙏🙏🙏

Become Your Self (SELESAI)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang