020. Tarian (4)

778 100 0
                                    

Pada saat ini, tiba-tiba terdengar bunyi guqin. Tampaknya datang dari sembilan surga, dan menyatu sempurna dengan tarian. Suara nyaring guqin terdengar keras dan bersemangat seperti mutiara jatuh di piring, atau vas perak pecah.

Tetesan hujan yang menggema jatuh dengan deras; disertai dengan badai dahsyat, kilat dan guntur, Zheng Wan berputar lebih cepat dan melakukan gerakan tiga puluh enam putaran——musik membelai telinga orang banyak, melewati hati mereka, melakukan perjalanan keluar dari perahu marmer, keluar dari tepi sungai. paviliun, dan akhirnya melayang di sepanjang Mata Air Lisi yang abadi.

Apakah itu orang-orang yang sedang menulis puisi di dekat jendela atau mereka yang tertawa dan berbicara, semua orang berhenti di tengah-tengah aksi, dan mendengarkan dengan tenang dengan telinga dimiringkan.

Mereka mendengar pedang emas dan kuda besi, mendengar gemericik air, mendengar kabut dan hujan di selatan Sungai Yangtze, mendengar sinyal asap di utara Gurun Gobi.

Pada awal berdirinya Dinasti Liang, negara itu terfragmentasi; Liang Taizong yang telah pergi dari timur ke barat, merebut kembali tanah yang hilang sepotong demi sepotong——

Mereka yang telah hidup cukup lama masih bisa mengingat masa-masa itu.

Suara guqin naik ke titik tertinggi dan berakhir dengan tiba-tiba.

Wajah pria tua berambut putih itu berlinang air mata.

Zheng Wan juga berhenti menari ketika musik berhenti.

Dia memandang Cui Wang, yang sepertinya masih tersesat hingga saat ini. Di lututnya ada Jiaoweiqin¹ yang terkenal; jari-jarinya yang seperti batu giok masih menekan senarnya, dan untuk pertama kalinya, dia melihat emosi di matanya.

¹Jiaoweiqin : 焦尾琴; Salah satu dari empat guqin paling terkenal di Tiongkok kuno. “Jiaowei” dibuat oleh Cai Yong, seorang sastrawan dan musisi Han Timur (25–220). Masing-masing dari empat guqin terkenal ini memiliki latar belakang atau anekdot yang menarik. Misalnya, dikatakan tentang  Jiaowei bahwa ketika Cai Yong melewati daerah Wu, dia menemukan sebuah kuali besar yang dipanaskan di atas tumpukan kayu bakar yang berderak. Melihat payung kayu halus yang akan terbakar, Cai menyelamatkannya dan membuatnya menjadi guqin. Karena bekas luka bakar di bagian bawah guqin Cai, guqin Cai diberi nama luar biasa Jiaowei, atau "Ekor Hangus."

Seperti angin sepoi-sepoi di jalanan di musim semi, tidak terlalu kuat atau terlalu hangat, tetapi membuat seseorang merasa seperti tertidur di tempat.

"Kamu--"

Clap clap clap——  Rong Yi bertepuk tangan dengan liar, pipinya memerah dan berseri-seri. “Wan'niang, Wan'niang, kamu menari dengan sangat baik! Musik pria ini juga surgawi.”

“Musik dan tarian ini, untuk dapat menyaksikannya, aku tidak menyesal dalam hidup ini.”

Salah satu pria bangkit dan menyerahkan bunga yang disematkan di sisi sanggulnya kepada Zheng Wan. “Nona Zheng, ini salahku karena bersikap kasar sebelumnya. Bagi seseorang untuk bisa menari seperti ini, bahkan jika mereka sedikit berani, itu wajar saja.”

Seolah-olah orang ini telah membuka pintu air; Tuan-tuan yang telah menutup mata terhadap penghinaannya sebelumnya melepas bunga dari kepala mereka dan memberikannya kepada Zheng Wan.

Dalam waktu singkat, dia memiliki tumpukan dari mereka di tangannya.

Memberi bunga adalah hadiah; bagi orang-orang Liang, menerima bunga dari orang berarti menerima kekaguman dan rasa hormat orang itu.

Rong Qin mengerutkan hidungnya dan berkata setelah beberapa waktu, "Wan'niang, kamu telah membodohiku dengan keras!"

Zheng Wan tidak mengatakan apa-apa; dia membawa bunga dan diam-diam kembali ke tempat duduknya.

“Jadi Wan'niang sebenarnya terlatih dalam seni tari, aku tidak khawatir apa-apa. Aku tidak tahu siapa yang menyebarkan desas-desus itu terakhir kali dan membuat semua orang membicarakannya selama bertahun-tahun!” kata Nona Kedua Liu, setengah marah dan setengah menyalahkan.

Siapa lagi yang bisa?

Itu adalah ayahnya.

Ketika Zheng Wan berusia lima tahun, ayahnya mengundang master tari ulung, Master Fang untuk tinggal di kediaman dan mengajarinya secara pribadi. Setelah dia mempelajari seni selama enam tahun, Master Fang merasa bahwa tidak ada yang tersisa untuk diajarkan, dan meminta untuk pergi.

Semua orang tahu bahwa kaisar saat ini menyukai tarian; ayahnya secara alami tidak ingin orang tahu tentang kemampuannya², itulah sebabnya rumor itu muncul.

²Kalimat ini sedikit membingungkan, tetapi mungkin menyiratkan bahwa ayahnya khawatir bahwa Zheng Wan akan mendapatkan perhatian kaisar jika dia mengetahui keterampilan menarinya.

Zheng Wan tersenyum diam-diam. Setelah beberapa waktu, semua orang pergi tentang bisnis mereka sendiri. Hanya wajah Putra Mahkota yang memasang ekspresi rumit—campuran antara sedikit kecewa, sedikit rindu—dia menatapnya lama sebelum dia mau membuang muka.

“Tuan awalnya tidak ingin menjadi pendampingku, tetapi mengapa kamu membantu kemudian?”

Tarian Zheng Wan memang bergerak, tetapi tanpa peningkatan guqin Cui Wang, itu tidak akan bergerak seperti itu.

Dia masih ingat bahwa selain mengolah ilmu pedangnya, orang ini hanya memiliki dua hobi lain — satu membuat jumbai pedang³. Meskipun dia tidak pernah menggunakannya, dia telah mengumpulkan ratusan dari mereka.

³Jumbai pedang:  Jumbai pada pedang Cina memiliki tujuan yang berbeda. Itu bisa untuk menyesuaikan berat pedang, menunjukkan kelancaran gerakan seseorang, meningkatkan keseimbangan pengguna, atau sekadar membuat penanganan lebih mudah. Ada juga jumbai prestise yang lebih berat dan dimaksudkan untuk dekorasi dan untuk menunjukkan prestise.

Yang lainnya sedang memainkan guqin; dia mewarisi jiaoweiqin dari ibunya.

“Itu hanya iseng.”

Cui Wang mengeluarkan saputangan dari lengan bajunya yang lebar dan membentangkannya; fragmen batu darah merah dibungkus dengan hati-hati di dalamnya.

"Apakah ini sesuatu yang hilang?"

Zheng Wan memasang ekspresi heran, tapi diam-diam dia senang.

"Ya memang."

Mangsa telah mengambil umpan.

After Becoming the Hero's Ex-fiancée (Slow Update)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang