044. Kepulangan (3)

578 59 0
                                    

Kepulangan (3)

Zheng Wan terbangun di bawah perhatian massa seperti itu.

Ketika dia bangun, langit sudah kelabu. Nyala lilin berkedip samar di ruangan itu; tenggorokannya sangat kering sehingga terasa seperti terbakar.

“Luodai, air….”

Setetes kecil cairan manis agar-agar menetes di antara bibirnya; Zheng Wan menatap dengan bingung ke sepasang mata yang indah. Ujung matanya panjang dan sempit; bulu mata menyebar seperti kipas bulu, menaungi sepasang mata yang jernih. Mata membawa cahaya lilin yang hangat dan lembut, dan tampak seolah-olah menjadi jauh lebih lembut tanpa alasan yang jelas saat mereka menerimanya.

"Kamu sudah bangun?"

Rasa sakit di tubuhnya membangunkannya sepenuhnya; Zheng Wan melihat tirai tempat tidur yang familiar, perabotan yang familiar, dan… Cui Wang yang tidak terlalu familiar.

"Tuan Cui?"

Dia dengan cepat menyadari apa yang sedang terjadi — pasti Cui Wang telah membawanya kembali ke kediamannya setelah mereka keluar dari Alam Sementara.

Mata Zheng Wan langsung berlinang air mata; mereka berkilauan sebentar, lalu menurunkan wajahnya.

"Tuan Cui, apakah kamu ... juga mati?"

Cui Wang memandangi wanita pucat di tempat tidur. Dia tidak diragukan lagi cantik. Kehilangan darah tidak mengurangi kecantikannya; sebaliknya, rambut hitamnya tampak lebih bertinta, dan pupil matanya lebih cerah. Dengan cara ini, tatapannya yang penuh air mata adalah pemandangan yang sangat mengharukan.

"Tidak mati." Dia sepertinya berbicara dengan canggung, "Kamu, kamu, jangan menangis."

Kata-kata Cui Wang membuat air mata Zheng Wan semakin deras. Ketika dia menangis, dia seperti anak kucing; dia tidak mengeluarkan suara, dan hanya menggigit bibirnya, seperti setangkai bunga pir yang membawa hujan musim semi¹. "Betulkah?"

¹setangkai bunga pir yang membawa hujan musim semi:  sebuah baris dari “Lagu Penyesalan Abadi” (长恨歌;  chang hen ge ) oleh penyair Dinasti Tang, Bai Juyi. Ini digunakan untuk menggambarkan penampilan halus dan pedih seorang wanita ketika dia meneteskan air mata.

"Betulkah."

Zheng Wan tersenyum melalui air matanya.

“Dia mengawasimu selama setengah hari, menghabiskan banyak ramuan langka dan sulit dipahami, dan secara pribadi menggunakan energi vitalnya untukmu, sebelum berhasil menyelamatkanmu.”

"Bukankah kamu mengatakan bahwa kamu tidak akan membahayakan hidupku?"

“Aku melakukan yang terbaik untuk menghindari arteri pulmonalis-mu. Jika kamu tidak beruntung… maka kamu hanya bisa menyalahkan diri sendiri karena mengalami nasib buruk. Terlebih lagi, jika aku tidak membuatnya cukup realistis, bagaimana kamu bisa menyembunyikan niatmu yang sebenarnya darinya? Siapa yang mengira kamu akan menggunakan hidupmu untuk memenangkan bidak catur yang hidup?”

“Bagaimana dengan gu?”

"Selesai."

Zheng Wan tidak berbicara, dan Cui Wang bukan orang yang banyak bicara; suasana di dalam ruangan menjadi mandek sesaat.

Cui Wang terbatuk. “Ini sudah larut malam, aku juga harus pergi. Aku akan kembali besok untuk terus memberimu perawatan.”

Tapi Zheng Wan meraih lengan bajunya; kemudian, seolah menyadari sesuatu, dia dengan cepat melepaskannya lagi, dan hanya bertanya:

"Tuan Cui, maukah kamu ... kembali besok?"

"Aku akan."

"Juga, mengapa Ayah dan Ibu tidak datang ..."

Mendengar ini, Cui Wang membeku ketika dia menyadari kekhilafannya. "Mereka ada di luar."

"Apakah mereka ... apakah mereka baik-baik saja?"

Cui Wang mengangkat tangannya dan menjentikkan; pintu terbuka, dan cahaya bulan masuk seperti air. Dia melihat ke belakang, lalu berjalan keluar pintu.

“Kamu bisa melihatnya sendiri.”

Berdiri di halaman, Zheng Zhai, Nyonya Wang, putra mahkota, dan Rong Yi semua memandang pada saat yang sama dan melihat pintu yang masih tertutup rapat beberapa saat yang lalu sekarang terbuka. Seorang pria muda berjubah lebar berlengan lebar keluar sambil memegang pedang. Meskipun jubah berlumuran darah dimandikan di bawah sinar bulan, itu tidak bisa mencairkan lapisan es dan es yang dia pancarkan. Wajahnya seperti ukiran batu giok salju, dengan alis yang jelas dihaluskan, tetapi entah bagaimana, itu masih merupakan pemandangan yang menakutkan.

“Dia sudah bangun.”

Kata-kata Cui Wang ditujukan kepada Zheng Zhai, tetapi ketika yang lain mendengarnya, mereka semua berkerumun dengan bingung.

Putra mahkota dicegat. Dia melihat pedang yang tergeletak di dadanya; itu jernih dan tenang seperti air. Meskipun tidak ada jejak darah, itu masih membuat seseorang menjadi dingin di mana-mana.

"Apa— apa ini?"

"Kamu tidak bisa masuk," kata Cui Wang dengan lembut.

Putra mahkota membuat suara menggerutu di tenggorokannya. Meskipun dia memiliki keinginan yang membara, dia tidak berani untuk benar-benar melawannya. Dia berkata dengan sedih:

"Tapi, tapi Guru Negara juga baru saja masuk." Dia berdiri terpaku untuk waktu yang lama.

“Aku tidak sama.”

"Bagaimana, bagaimana kamu tidak sama?" Pangeran mengumpulkan keberaniannya, "Mungkinkah Guru-- Guru Negara ingin menikahi Nona Zheng?"

Ketegangan di luar rumah tidak mempengaruhi suasana bahagia di dalam.

Nyonya Wang berteriak, "Oh sayangku!", dan Zheng Zhai merasa seolah-olah ada pisau yang ditusukkan ke jantungnya. Meskipun dia tahu pergi ke sana tidak berbeda dengan meminta kulit harimau², melihat putrinya terbaring di sana, nyaris tidak hidup, membuatnya merasa tersiksa dengan menyakitkan.

²meminta kulit harimau; sebuah idiom Cina, yang berarti membuat permintaan yang bertentangan dengan kepentingan pihak lain, menghasilkan petisi yang gagal/kemustahilan. Saya tidak yakin mengapa penulis memilih untuk menggunakan idiom ini di sini karena Zheng Zhai tidak bernegosiasi dengan siapa pun untuk apa pun, tetapi mungkin dalam konteks ini itu hanya berarti dia tahu bahwa meskipun dia pergi ke sisinya dan ingin dia menjadi lebih baik, tidak ada yang bisa dia lakukan (yaitu dia dalam situasi yang mustahil).

"Ayah, Ibu, aku baik-baik saja."

Rong Yi mulai dengan jelas melukis adegan amukan Rong Qin di istana. “Ketika Saudari Rong Qin mendengar bahwa Wan'niang dikawal kembali oleh Guru Negara, dia menghancurkan semua cangkir bercahaya yang diberikan oleh Janda Permaisuri di tempat. Dia sekarang berlutut di Istana Ju'an sebagai hukuman!”

After Becoming the Hero's Ex-fiancée (Slow Update)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang