[Pada hari Perjamuan Shanglin, kediaman Sekretaris Agung Senior.]
“Nona, rambutmu sangat indah. Sangat hitam dan berkilau, tidak ada orang lain di seluruh ibu kota yang memiliki hal seperti itu.”
Penata rambut dengan terampil menata rambut Zheng Wan menjadi Ji¹ Peri Bulan Purnama Jatuh, dan mengeluarkan trousseau-nya. “Untuk perjamuan hari ini, apakah kamu ingin menggunakan emas kerawang tian-tsui² bertatahkan batu rubi, atau awan dan mutiara zan³?”
¹ji ; Istilah untuk gaya rambut Cina kuno. Mereka sering datang dengan nama puitis yang sama rumitnya dengan gaya mereka. Gaya yang signifikan termasuk Ji Mencari Keabadian dengan Lingkaran Ganda dan Ji Terbang Abadi.
²tian-tsui ; Jenis khusus teknik pembuatan hiasan kepala yang disebut sebagai 'seni bulu burung pekakak'. Ini adalah seni mengatur dengan hati-hati bulu biru cerah di punggung burung pekakak ke alas yang terbuat dari pola logam yang berbeda, dan kemudian memasangnya dengan mutiara, batu akik, batu giok, dan batu permata lainnya. Topi baja yang indah dan mewah sangat halus dan rapuh, membutuhkan perawatan dan penyimpanan yang tepat.
³zan ; Jepit rambut yang digunakan untuk menahan/menghias gaya rambut.
“Ayo pergi dengan yang ini.”
Zheng Wan merentangkan pergelangan tangannya, membuka lapisan bawah bajunya, dan mengeluarkan zan kulit penyu dari batu darah.
Aksesori rambut tampak agak tua, dan itu bukan gaya yang sedang populer saat ini, meskipun batu rubi di bagian atas zan memang terlihat agak berharga. Meski begitu, bagi Zheng Wan, yang biasanya mengenakan zan yang dibuat dengan mutiara terbaik dari Laut Cina Selatan dan liontin dari batu giok putih nephrite terbaik, itu masih sedikit lusuh jika dibandingkan.
Penata rambut tidak menekan; wanita muda itu tampak seperti orang dengan temperamen yang baik, tetapi sebenarnya sangat keras kepala begitu dia membuat keputusan. Dia menempatkan zan dengan pas di tatanan rambut, dan pergi.
Zheng Wan melihat ke cermin dan merasa riasan wajahnya terlalu polos dan telanjang. Dia mengambil kuas dan menggambar beberapa bunga prem di dahinya, menghiasinya dengan daun emas tipis, dan menekan beberapa pemerah pipi, sebelum bertanya pada pelayan di belakangnya.
"Yanzhi, bagaimana tampilannya?"
Yanzhi membuka mulutnya lebar-lebar,
"Nonaku sangat ... sangat cantik."
Saat itu, Luodai memasuki ruangan, membawa di tangannya daxiushan⁴ yang dibuat oleh penjahit dengan brokat awan. Dia tersenyum dan berkata, "Aku khawatir mulai besok dan seterusnya, desain huadian⁵ ini akan menjadi tren terbaru di seluruh ibu kota."
⁴daxiushan (diterjemahkan sebagai "Gaun Lengan Besar") ; ini adalah jenis hanfu tradisional Tiongkok. Panjangnya setidaknya 78 inci, dan lebarnya melebihi 40 inci. Pakaian ini sering kali hanya menutupi setengah dari payudara wanita dan karenanya dibatasi untuk wanita dengan status tertentu, seperti putri atau artis, dan terutama dipakai untuk acara-acara seremonial khusus.
⁵huadian ; Pola merah hias biasanya diterapkan pada dahi wanita di zaman kuno, juga disebut sebagai riasan bunga plum.
Sudut bibir Zheng Wan terangkat dengan acuh tak acuh.
Tanpa sepatah kata pun, dia bangkit dan membiarkan Luodai dan Yanzhi mendandaninya dengan daxiushan, lalu menggantungkan pibo⁶ di sekelilingnya. Zheng Wan baru saja akan meninggalkan ruangan ketika dia menyadari bahwa Luodai tampaknya ragu-ragu untuk mengatakan sesuatu.
⁶pibo ; selendang Hanfu tradisional, terbuat dari kain sutra ringan, dikenakan di sekitar lengan dan di belakang punggung.
"Apa yang salah?"
"Nona lupa memakai bedak mutiara⁷."
⁷Bedak mutiara: Mutiara didokumentasikan dalam buku medis Tiongkok kuno, Ben Cao Gang Mu, buku medis terlengkap yang pernah ditulis dalam sejarah pengobatan tradisional Tiongkok. Ini menggambarkan kemampuan mutiara untuk mempromosikan penyembuhan kulit, merangsang pertumbuhan kulit baru, melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan menghilangkan bintik-bintik penuaan. Wu Ze Tian (625 M – 705 M), satu-satunya kaisar wanita China, mengoleskan dan menelan bubuk mutiara untuk menjaga kecantikannya, dan diduga memiliki kulit yang bercahaya bahkan di usia tua.
Ini adalah bedak mutiara yang terbuat dari mutiara terbaik dari Laut Cina Selatan; mengaplikasikannya pada wajah membuatnya lembab dan halus, dan wanita muda biasanya suka menggunakannya. Namun, untuk beberapa alasan yang tidak diketahui, dia tidak menyentuhnya baru-baru ini.
Dia hanya menggambar alisnya dan mengecat bibirnya.
Zheng Wan menggelengkan kepalanya.
“Singkirkan bedak ini. Aku tidak akan menggunakannya lagi.”
Banyak detail mimpinya menjadi kabur setelah dia bangun, tetapi untuk beberapa alasan, dia mengingat detail konyol tertentu dengan jelas — salah satu detail ini adalah bahwa peri surgawi yang sangat kuat agak meremehkan riasan fana, dan mengklaim bahwa mereka berbahaya bagi wajah.
Jika itu masalahnya, lebih baik tidak menggunakannya.
"Ya, Nona."
Luodai memberikan hormat; dia dan Yanzhi kemudian mendukung nona mereka, satu di kedua sisi, dan pergi untuk bertemu dengan ibunya.
Kereta kediaman Sekretaris Agung Senior sedang menunggu di pintu masuk; satu untuk Zheng Wan dan ibunya, satu lagi untuk para pelayan. Namun, ayah Zheng Wan, yang seharusnya menemani mereka, tidak bepergian dengan kereta.
“Di mana Ayah?”
Nyonya Wang menggelengkan kepalanya, “Ayahmu pergi setelah menerima surat. Dia bilang kita harus pergi duluan, dan dia akan pergi ke sana nanti.”
Zheng Wan merasa ini aneh; kemudian, dia memperhatikan bahwa asisten ayahnya memberinya tatapan penuh arti dari sisi kereta.
Dia menggosok dahinya, seolah-olah dia merasa lelah dan ingin beristirahat di kereta. Dia dan ibunya masing-masing menaiki kereta mereka sendiri. Dia segera bergabung dengan Luodai, yang memberinya sebuah catatan.
"Pesan dari tuan."
Zheng Wan membuka lipatannya; ayahnya memang menemukan orang yang mencurigakan di dekat genderang pengaduan; dia bergegas, dan menyuruhnya untuk tidak khawatir.
Hal-hal bergerak lebih cepat dari jadwal.
Zheng Wan ngeri; dia tidak mengerti apa maksud ekspedisi peristiwa ini.
Dalam mimpinya, seorang pria yang kehilangan istrinya datang ke ibu kota untuk menyampaikan keluhan di istana kekaisaran; dia mengklaim bahwa keluarga Zheng adalah tiran yang bersalah atas sepuluh pelanggaran berbeda. Acara ini jelas terjadi hanya setelah Perjamuan Shanglin.
KAMU SEDANG MEMBACA
After Becoming the Hero's Ex-fiancée (Slow Update)
RomanceZheng Wan, kecantikan terkemuka di ibu kota, memiliki ayah yang kuat yang menjabat di pengadilan sebagai Sekretaris Agung Senior dan ibu bangsawan dari klan kerajaan Langya Wang; dia adalah wanita bangsawan manja yang telah hidup selama enam belas t...