Chapter 64

1.2K 186 14
                                    

Penyelidikan Tambang Garam Ilegal

Wang Jing'an pergi keesokan harinya dengan Lin Zhige. Saat mereka datang kakek tua itu sedang memegang kemoceng dan lap tangan sepertinya sedang membersihkan mainan kapal tokonya.

"Selamat pagi tuan!" Kakek itu tersenyum ketika melihat Wang Jing'an.

Kemudian dia terkejut melihat Lin Zhige di samping Wang Jing'an. "Oh rupanya itu kamu!" Kakek tua itu sedikit tersenyum.

"Ya, saya datang untuk menempati janji tapi saya membawa paman saya yang jauh berwenang!" Lin Zhige membalas senyum rendah kakek itu.

Dia melihat Wang Jing'an kemudian mengangguk. "Mari masuk kedalam sambil minum teh."

"Terimakasih tuan" Wang Jing'an mengangguk setuju.

Dari informasi yang di belinya dari Aislin, kakek tua itu bernama Dong Cheng. Dia adalah mantan sekretaris menteri kriminal dimasa kepemimpinan kaisar Yan Heqing. Dia banyak memberi kontribusi pada negara dimasa jabatannya. Semua pejabat takut dengan posisinya di pengadilan. Setiap kali dia angkat bicara di pengadilan, kaisar Yan akan mendengarkan nya dengan baik. Banyak kasus di usut tuntas olehnya. Dia tidak memiliki anggota keluarga dan kerabat. Dong Cheng lahir dari rakyat sederhana yang selalu menyuarakan ketidakadilan pejabat terhadap rakyat rendah. Sehingga pada saat itu, tidak ada desas desus pejabat menyaniyaya rakyat. Namun di puncak jayanya, dia memutuskan pensiun dari jabatan yang membuat kegemaran di pengadilan. Namun, diam-diam banyak pejabat yang merasa senang dengan perginya Dong Cheng. Salah satunya adalah menteri kriminal, Duan Wen. Dia merasa posisinya terancam dengan adanya Dong Cheng.

Dong Cheng sedikit membungkuk saat menaiki tangga yang menuju lantai 2 toko. Wang Jing'an dan Lin Zhige menyusul di belakang. Saat anak tangga di injak, ada suara berderit pada anak tangga.

Dong Cheng mengambil kursi dan duduk. "Kalian berdua, silahkan duduk." Dia tersenyum tapi matanya penuh dengan beberapa perhitungan.

"Terimakasih tuan"

"Terimakasih kakek"

Lao Dong melambaikan tangan dan berkata: "Tidak perlu sopan. Aku sangat senang bisa bertemu dengan orang yang tepat seperti kamu. Oh bolehkan aku tahu siapa nama keduanya?"

"Namaku adalah Wang Jing'an dan ini adalah keponakan saya Lin Zhige."

"Itu kamu!" Lao Dong sedikit terpana melihat Wang Jing'an.

"Tuan tahu saya?" Wang Jing'an tersenyum dengan santai.

"Tentu saja orang tua ini tahu, beberapa waktu lalu toko buku merilis tentang kesuksesanmu dalam menangani bencana gempa bumi di provinsi Quangthai." Lao Dong berdiri dan membungkuk seraya berkata: "Dong Cheng senang bertemu dengan menteri Wang."

"Tuan Dong, tidak perlu sopan!" Wang Jing'an berdiri dan memegang tangan Lao Dong yang membungkuk.

"Haha... Anak muda, kamu cukup sopan" Kakek Dong tertawa senang.

Dia kemudian menatap Lin Zhige dan mengujinya, "Xiao Zhige, kamu sangat cerdas. Aku tidak menyangka kamu mengenal token pejabat resmi pada awalnya tapi pamanmu adalah seorang menteri, ini adalah hal baik." Kakek Dong memuji Lin Zhige beberapa kali dan terus menepuk bahu Lin Zhige.

"Senang bisa bertemu kakek Dong" Sopan Lin Zhige.

Kemudian wajah kakek Dong berubah serius. Dia berada di kota Long Yuan setelah pensiun, awalnya semua berjalan dengan baik tapi kakek Dong menemukan bahwa tambang garam resmi milik kekaisar ternyata menyembunyikan banyak hal kotor. Ada tambang garam ilegal yang dikelola keluarga Fang. Wajah kakek Dong berubah merah dan nadanya penuh amarah. Yang paling dia benci adalah Duang Xing putra Duang Wen juga terlibat. Dengan campur tangan Duang Xing, pergerakan tambang garam ilegal aman selama beberapa tahun.

"Saya ingin kembali ke pengadilan dan menjadi komisaris kerajaan!!" Kakek Dong mengetuk kruknya dengan marah.

"Kejahatan membuka tambang garam pribadi adalah kejahatan serius." Wang Jing'an merasa dia bisa membuka peluang.

Di zaman kuno ini, garam dibuat dengan direbus. Garam yang halus dan bersih sangat sulit didapat dan harganya mahal. Kebanyakan garam yang diedar memiliki kotoran didalamnya. Di zaman modern garam di tabung di waduk dan dibiarkan di bawah matahari agar air laut menguap. Pajak garam sangat tinggi sehingga hanya sedikit keluarga yang mampu membuka tambang garam. Tidak hanya itu, sebenarnya ada banyak orang membuat garam pribadi tapi di daerah Long Yuan garam itu digunakan secara pribadi, tidak diperjual belikan. Oleh sebab itu penggunaan garam pribadi sebagai konsumsi pribadi di perbolehkan oleh kerajaan bagi daerah pesisir pantai.

"Kamu tahu, ada banyak pejabat yang terlibat dalam penanganan tambang garam pribadi. Oleh sebab itu sulit bagiku pergi ke sisinya. Tapi dengan adanya tuan menteri Wang, aku merasa ini cukup baik."

Wang Jing'an tidak berani bertindak gegabah. Dengan daftar nama orang-orang yang diberikan Lao Dong, Wang Jing'an segera pergi menyelidikinya termasuk ladang garam WangXing. Informasi segera dikumpul. Di kota Long Yuan ada sekitar 4 ladang garam yang dibangun secara pribadi. Satu di antaranya adalah ladang garam resmi yang dikelola negara namun disalah gunakan oleh beberapa orang sebagai perisai pengelolaan tambang garam pribadi. Ada tambang garam pribadi yang dibangun keluarga Fang adalah yang besar seperti ladang garam WangXin, namun mereka selalu memberi upeti kepada keluarga Duan di ibukota. Keluarga Duan ini kemudian mengatasnamakan ladang garam WangXin sehingga pejabat tinggi tidak curiga. Harga garam sekarang sangat tinggi. Satu kati adalah 15 tembaga. Sangat mudah mendapatkan uang. Apalagi garam adalah bumbu dapur yang paling dibutuhkan. Dua tambang garam lainnya di kelolah oleh Hakim daerah dan keluarga Fang.

Wang Jing'an merasa keluarga Fu ini sangat mampu. Selain bekerja sama dengan keluarga Duan dalam mengelola tambang garam, dia juga berkerjasama dengan hakim setempat. Dia sangat ingin melihat selicin apa keluarga Fang ini.

Wang Jing'an melapor kecurigaannya ke Yan Ting untuk memberi dia titah dalam menyelidiki tambang garam pribadi di kota Long Yuan. Yang segera memberi balasan bahwa dia juga bisa melakukan penangkapan terhadap terdakwa. Wang Jing'an tidak ingin menakuti ular, dibawah amanat Yan Ting, penyelidikan menyeluruh dimulai.

Keluarga Fang di pimpin oleh Fang An, dia sudah berumur 53 tahun dan menjadi patriak kelurga Fang selama 20 tahun. Selama kepemimpinan nya, keluarga Fu naik secara cepat. Yang membuat Wang Jing'an tercengang adalah, kekayaan keluarga Fang bukan dari ladang garam tapi penanaman bunga Poppy. Wang Jing'an merasa pusing dengan tidakan Fang An ini. Apakah orang ini berniat meninggalkan kekacauan ataukah dia tidak takut dicurigai? Bangkai akan tercium baunya bagaimana pun disembunyikan.

Narkoba adalah hal terlarang dikerajaan Yunzhao. Menjual, menanam dan memakai adalah termasuk kejahatan tingkat pertama yang masing-masing memiliki hukuman berat bagi tersangka.

Wang Jing'an merasa pusing, dia lalu mengirim tentara perbatasan atas nama kaisar untuk menangkap seluruh anggora klan Fang dan hakim daerah serta bawahnya yang terkait.  Orang-orang di kota Long Yuan segera gempar dengan aksi para tentara di rumah Fang dan kantor hakim. Beberapa orang yang berani, nekad bertanya dan menemukan bahwa kelurga Fang telah melakukan kejahatan serius yang mungkin akan dijatuhi hukuman 7 klan dan hakim daerah juga ikut serta dalam adil masalah ini. Semua orang menjadi tercengang, rupanya keluarga Fang ini sangat jahat.

---------------
Penulis ingin menyampaikan pesan:

Saya tidak marah jika kalian melakukan copas terhadap cerita saya, atau menjadi sumber inspirasi kalian membuat danmei original atau cerita lainnya. Tapi tolong hargai saya sebagai penulis, cara ini sangat mudah dengan meminta ijin,meng-@ akun saya atau menambahkan judul cerita saya di deskripsi.

Terimakasih telah setia di cerita ini.

Oh ya KL ada yg mau mampir ke Ig aku silahkan di tri140303.

Davinci140303
Senin, 03 Juli 2023

[END][BL] My Wife Is Male By SVDTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang