Salma terkekeh kini. "Mau bagi reminder hari ini? "
"Reminder? "
Salma mengangguk, "Aku punya reminder, dari salah satu benda yang jadi kebutuhan utama makhluk bumi. Apa hayo? "
"Kebutuhan utama? Benda? "
Salma mengangguk. "Apa? Tau gak? " tanyanya, menantang.
"Belajar reminder dari benda, filosofi ya? "
Salma mengangguk lagi, "Ya, bisa dibilang gitu. Ayo bisa tebak gak? Benda ini umum banget, semua makhluk bumi pasti butuh. Dan hampir daratan bumi itu penuh sama benda itu. "
"Air? "
Salma manyun.
"Salah ya? "
"Ck, kok bener sih? "
"Jadi bener air? " Rony bertanya. Ulang. Meminta validasi.
Salma mengangguk, "Aku kebanyakan ngasih klue-nya jadi gampang ketebaknya." keluhnya.
"Ya kan, sekitar 71 persen permukaan bumi ketutup air, dan lautan nampung sekitar 96,5 persen dari seluruh air dibumi." ujar Rony.
"Ya, karena sebagian besar bumi terdiri dari perairan kaya lautan, danau, sungai dan sebagainya. Permukaan bumi emang terdiri dari 71 persen air, tapi yang boleh diminum sama makhluk hidup hanya 3,5 persennya." Salma juga turut mengemukakan pengetahuannya.
Lanjutnya, "Tebakannya terlalu mudah, gak seru. " decaknya.
Rony terkekeh, "Terus apa filosofinya? Mau denger dong Buna..." godanya.
"Tepuk anak soleh dulu. " pintanya.
"Dih." keluh Rony.
Salma tertawa, "Tepuk anak soleh, wahidun satu, isnaini dua, salasatun tiga, arba'atun empat---" Salma asyik sendiri.
"Ca..."
Salma terkekeh, pelan. "Iya adek. Kepo ya? Sini Buna kasih tau. "
"Jadi kan...air itu salah satu sumber utama kehidupan manusia dan makhluk lainnya dibumi. Air mempunyai 3 prinsip utama di muka bumi ini, ini yang dimaksud filosofinya."
"Apa Buna?"
Gini kali kalo punya anak ya? Sekarang nge-guruin bapaknya dulu nanti baru anaknya...
"Yang pertama, air akan selalu mengalir jika permukaan sekitarnya lebih rendah dari tempatnya saat itu. Maknanya, hal ini air mengajarkan kepada manusia bahwa setinggi dan sebesar apapun peran dan kedudukan seseorang tersebut, harus tetap rendah hati kepada orang lain. Tapi perlu digaris bawahi, rendah hati bukan rendah diri ya. Karena keduanya beda makna, kalo rendah hati itu, kemurahan hati. Legowo. Ngehargai orang lain beda sama rendah diri. Kalo rendah diri itu gak percaya diri, merasa diri selalu kurang. Insecure. "
Rony melebarkan senyumnya, menunduk menatap Salma. Salma sengaja memberi jarak agar ia bisa menatap Rony dari bawah tidak terlalu sakit. Kecengklak lehernya nanti...
Rony mengusap rambutnya, lembut. Lalu turun lagi pada pinggang Salma. Masih ia usap-usap sambil mendengarkan dengan seksama. Malam, rebahan dikasur, deeptalk sama pasangan. Hal manis. Meski gak semua yang dibicarakan itu penting.
Kadang ngomong hal gak penting itu penting...
Tapi kali ini pembahasan mereka serius, meski tak formal. Slowly...
"Yang kedua, air bisa ngelubangin batu karang walaupun setetes demi setetes dalam jangka waktu yang lama, dari sini maknanya kalo hal ini air mengajarkan kepada manusia bahwa setinggi apapun impian kita, kondisi fisik maupun ekonomi yang lemah bukan sebuah penghalang untuk menggapai mimpi. Never give up..."
KAMU SEDANG MEMBACA
Hi Switzerland (END)
Ficção Adolescente#Karya 4 [Romance Funfiction] Sequel You're SPECIAL ●○●○●○●○ Switzerland is a dream country bagi seorang gadis untuk melanjutkan pendidikannya disana, namun orang tuanya melarang jika ia hanya pergi seorang diri. Jalan pintasnya adalah ia dinikahkan...