“kakak, main main kesini lagi ya” kata laras
“pasti dong, atau kamu yang ikut kakak aja gimana. Tinggal bareng kakak disana”
“ga mau ah, kak dante pelit. Entar laras ga bisa jajan” jawabnya polos
Gue tertawa lebar “sialan ni bocah” gumam gue dalam hati
“kalian belajar yang rajin, biar cepet lulus sekolahnya” gue mengusap kedua kepala debi dan laras
“kakak kuliah disini aja, biar aku ada guru privatenya” saut debi
“kakak kamu mau ngejar pacarnya” timpal tante Dewy yang muncul tiba tiba
“ehhh... engg... engga kok tan” jawab gue panik
“tante sering loh saat bangunin kamu tidur, tau tau tangan tante ditarik sama kamu” katanya “lalu kamu bilang ‘gue bakal nyusul lo kesana’ gitu berulang ulang”
“hah? Masa si tan” tanya gue heran
“tuh tanya sama laras”
“hehehe kak dante bobonya lucu, ngelindur terus” laras tertawa riang sembari mempraktekan saat gue tertidur
Gue Cuma senyum senyum bloon, njir malu banget gue sampe segitunya
Beberapa bulan gue tinggal bersama mereka memang menyenangkan. Saat pulang ke rumah gue merasa semua penat gue seharian bekerja terasa hilang melihat tingkah debi dan laras. Debi yang sedang berada di masa masa beranjak remaja, di masa masa puberitasnya yang mulai mempunya rasa terhadap lawan jenis sering berbagi cerita dengan gue. Gue menanggapi dengan berbagi pengalaman gue saat gue berada di usianya (padahal kl soal hati gue, gue masih culun banget )
.
Sedangkan laras, ah gue rasanya mau nyulik dia trus gue bawa ke bandung. Melihat tingkah polosnya bener bener menyenangkan. Tak ada beban pikiran, selalu tertawa riang, dan sifat manjanya seperti menjadi obat penenang gue selama di bali.
Saat malam tiba, laras lebih sering tertidur dengan gue karena kelelahan bercanda dengan gue di kamar.
Ada aja tingkahnya yang bikin gue iri, rasanya gue pengen kembali ke masa masa gue seusianya.Jam satu siang, gue mendarat di bandara soeta dengan selamat.
Disana gue lihat ada emak gue, kak iren dan mas danu (pacarnya kak iren)
Kak iren teriak heboh, semua mata melihat ke arah kita. Buat gue situasi kaya gini udah biasa walalupun ada perasaan malu saat orang orang sekitar mendadak menengok ke arah kita.
Bukan kak iren namanya kl ga heboh.
Selepas dari bandara kita langsung menuju salah satu tempat makan favorite gue tongseng mang kumis.
Selama perjalanan disana emak gue sibuk telpon telpon dengan tante dewy, sedangkan kak iren seperti biasanya menggangung ketenangan gue. Kak iren ga henti hentinya ngoceh, gue ga menanggapi sama sekali karena gue ngantuk banget tadi harus bangun pagi.Sesampainya di tongseng mang kumis, emak gue kembali menanyakan perihal kuliah gue.
“de, kamu udah yakin mau kuliah?” tanya emak gue
“yakin mah”
“kuliah dimana?” tanya kak iren
“belum tau, maunya si di bandung”
“bandung?”
“iya”
“lo maunya jurusan apa?”
“yang penting ga berhubungan dengan pariwisata”
“emang kenapa? Kan enak kamu tinggal memperdalam ilmunya” tanya emak gue
“bosen aja mah jurusan itu lagi, mau cari suasana baru aja”
“trus lo mau apa? Hukum? Dokter? Ga bisa deh kayanya kl dokter harus IPA”
“yang berhubungan sama uang apa kak?”
“wah bayaha nih, calon calon koruptor mikirnya Cuma uang”
Gue tertawa
“yee ga gitu, gue pasti lebih semangat kayanya kl ada sangkut pautnya dengan uang”
“ekonomi”
“ekonomi kaya kakaknya bewok ya?”
“nah iya, lo mau?”
“engga ah, gue pernah liat dia lagi bikin tugas. Mata gue sakit ngeliatnya.”
“yee tadi katanya mau yang berhubungan dengan uang” cibir kak iren
“tapi kayanya seru, boleh juga deh”
“ekonomi di Jakarta juga banyak yang bagus kok” sambung kak iren
“dimana ren?” tanya emak gue
“itu di kampusnya kak vina ada kok mah jurusan ekonomi, trus di.......”
“engga !! mending kamu di bandung aja sana” emak gue memutus omongan kak iren “mamah ga akan pernah ijinin kamu kuliah di kampus itu, apapun jurusannya !!”
Gue dan kak iren sejenak mematung sembari bertatapan.
Perbincangan selesai, ga ada satupun yang mengeluarkan suara sampai kita tiba di rumah. Emak gue langsung masuk kamar, begitupun dengan gue. Sementara kak iren di ruang tamu karena ada mas danu.
Sejam kemudian kak iren masuk ke kamar gue.“de, mamah marah ya sama gue?”
“mana gue tau, lo si merusak suasana”
“yah kan gue Cuma usul lagian kan tadi gue belum selesai ngomong”
“tapi usul lo ngebangunin macan tidur”
Gue tertawa
“yee songong malah ketawa, mamah traumanya dalem banget kayanya, padahal udah hampir delapan tahun”
“ya namanya juga orang tua kak, lo ga inget apa mamah sampe nangis hysteris pas tau berita tentang kampusnya kak vina”
“gue ingetlah, aduh gimana nih de?”
“mending lo ke kamar mamah gih, sebelum di kutuk jadi pesut”
Kak iren meninggalkan kamar gue dan menuju ke kamar emak gue. Gue tau apa yang mereka omongin. Yang ada dipikiran gue saat ini adalah jurusan apa yang harus gue ambil. Karena gue harus secepatnya ke bandung.Berpikir keras tentang jurusan apa yang harus gue ambil membuat mata gue terpejam beberapa jam.
Gue terbangun saat hampir tengah malam karena kelaparan.
Gue menuju dapur berharap ada sisa sisa makanan. Gue menyalakan tv untuk menemani gue makan. Gue berpindah pindah chanel karena acaranya ga ada yang bagus hingga gue melihat salah satu chanel berita tengah malam. (gue lupa berita ini ngebahas soal apa, tapi dari berita ini pertama kalinya gue denger nama unpa*, waktu pertama gue denger nama kampus ini gue berfikir dari namanya kayanya kampusnya keren nih, hingga gue memutuskan mau kuliah disini)Gue hanya mempunyai sedikit informasi tentang kampus ini, bahkan terlalu minim. Gue hanya mengandalkan nekad.
Gue bukan penjudi, tapi terkadang gue menggunakan filosofi para penjudi untuk membuat keputusan. Gue pernah mendengar satu kalimat dari bandar judi yang ada di dekat rumah gue, ‘if you dont throw the dice, you wont get six’
Kalau lo ga pernah melempar dadu, lo ga akan pernah mendapat angka enam. Sama seperti hidup ini, kl lo ga berani mengambil keputusan, lo ga akan pernah mendapat apa yang lo inginkan.
KAMU SEDANG MEMBACA
-Lebih Dari Sekedar No Absen-
Randomawalnya ga pernah terpikirkan buat gue nulis cerita ini. setelah acara reunian kemarin, ga tau kenapa gue jadi ingin banget nulis cerita ini. ya sekedar gue bernostalgia. Nama gue Dante, gue ingin menuliskan sebuah kisah hidup gue dari jaman masih k...