memasuki tahun ajaran baru anak anak seangkatan gue jadi lebih sibuk dari biasanya. Semua anak kelas 3 mulai disibukan oleh kegiatan PKL (praktek kerja lapangan). Selesai PKL kita dipaksa untuk mengejar materi pelajaran untuk ujian akhir.
gue udah diterima PKL di salah satu hotel berbintang di daerah Jakarta Pusat. juki dan ali belum melakukan PKL, karena PKL dimulai dari kelas gue. gue kembali sekelas dengan anne di kelas 3.1, somad dan emil sekarang ikut sekelas dengan gue. somad dan emil PKL di salah satu hotel berbintang di daerah senayan, sedangkan anne di hotel daerah sudirman.
di kelas 3 gue masih belum mendapat apa yang gue inginkan. motor !! gue masih belum bisa mendapat juara kelas. alhasil gue harus kembali menggunakan angkutan umum. sebenarnya kl dibandingkan ke tempat PKL dan sekolah, gue lebih memilih ke tempat PKL dari pada ke sekolah. karena gue ga perlu berjalan jauh saat turun dari angkot. dan hal lain yang bikin gue seneng, banyak karyawati yang lucu lucu saat di angkot hehehe.
gue yang tadinya dari senin - jumat banyak menghabiskan waktu hanya untuk ngerjain anne saat di kelas, sekarang gue harus kerja layaknya staf staf profesional yang ada di hotel ini. meskipun status gue hanya traning, tapi gue merasakan banget bagaimana capenya mencari uang. menurut gue, gue salah satu murid yang beruntung. karena di tempat PKL gue mendapat uang transport Rp. 5,000/hari.
suatu hari saat gue libur PKL, gue memilih untuk datang ke sekolah. sekalian gue mau liat temen temen sekelas gue. gue saat itu datang telat. anne dan somad juga ada di kelas. keadaan kelas gue sepi banget, gue hitung cuma ada 14 orang karena yang lain PKL.
"permisi bu" sapa gue
"hey Dante, kamu ga PKL?"
"lagi off bu" jawab gue setelah mencium tangannya (Murid teladan bro ^^)
"sini..sini..." anne memanggil gue, dan mengusir somad yang saat itu duduk di sebelahnya. "kok lo masuk?"
"knp? ga suka lo kl gue masuk?" jawab gue saat baru duduk di sampingnya
"yee biasa aja dong" anne mencibir "gue tau nih, lo masuk pasti karena kangen sama gue kan?"
gue mendengus kasar
"mad, emil mana?" tanya gue ke somad
"dia masuk, besok baru off"
"oh iya juki sama ali kelas berapa?"
"mereka 3.3, berapa hari lo off?"
"kemarin sama hari ini"
gue melirik anne yang sedang asik menulis di buku diary.
"heh ga sopan ngintip ngintip" dengan cepat anne menutup bukunya dan mendekap buku tersebut
"nulis apaan tuh?" tanya gue penasaran
"R-A-H-A-S-I-A !!"
saat jam istirahat, gue hanya menemui bebera anak angkatan gue yang masuk karena lagi off, ada beberapa anak juga yang masih belum PKL. udah hampir tiga bulan gue ga makan coto di kantin, kangen juga gue. coto adalah menu favorit gue di sekolah, selain rasanya yang lumayan enak tentu saja harganya. murah !!
coto makanan paling murah di sekolah gue, makanya jadi menu favorit gue hehehe.jam pelajaran pun berkurang. sehabis istirahat kelas gue udah bisa pulang.
karena gue ngerasa males juga kl langsung pulang, gue ajak somad nongkrong dulu di WE dan anne pun gue ajak. tapi anne malah ngajak kita untuk ke rumahnya aja. gue dan somad pun setuju. karena di rumah anne supply makanannya pasti jauh lebih banyak dan yang tertutama gratis."mau minum apa?" tawar anne
"jus dong ne" saut gue
"ga ada dodol"
"yaudah es teh manis deh"
"lo apa mad?" tanya anne ke somad
"terserah lo ne"
"nah tuh kaya somad dong ga minta yang aneh aneh" serunya sembari melangkah ke dapur
gue melihat buku bersampul biru muda tergeletak di atas meja. tanpa banyak mikir gue mengambilnya. gue duduk di bangku terasnya anne sembari membaca lembar perlembar buku tersebut.
"dantee" anne memanggil gue dari dalam rumahnya
"apa?" jawab gue dari teras
anne muncul di teras dan langsung mengambil bukunya, wajahnya pun memerah
"yah belum selesai ne, liat lagi dong"
"sampai mana lo bacanya?"
"ga tau sampai mana, ga lo kasih halaman sih"
"ih sampai mana bacanya?" anne menggetok pala gue pakai bukunya
"gue ga tau sampai mana, coba liat lagi sini biar gue tunjukin"
"engga !!"
walaupun gue belum membacanya sampai selesai, seenggaknya gue mengetahui sesuatu ^^
KAMU SEDANG MEMBACA
-Lebih Dari Sekedar No Absen-
Acakawalnya ga pernah terpikirkan buat gue nulis cerita ini. setelah acara reunian kemarin, ga tau kenapa gue jadi ingin banget nulis cerita ini. ya sekedar gue bernostalgia. Nama gue Dante, gue ingin menuliskan sebuah kisah hidup gue dari jaman masih k...