saat jam pelajaran dimulai kembali, gue meminta ijin ke guru gue buat ke toilet. Ijinnya si ke toilet, tapi tujuannya ke kantin. Gue laper banget. Dan sekalian gue memikirkan plan B nya itu apa. Pas di kantin makanan udah pada abis, biasanya Cuma beberapa warung doang yang abis, tumben banget ini serempak abis semua. Gue kembali lagi ke kelas, dan gue melihat anne tertunduk di mejanya.
"kenapa ni anak?" tanya gue dalam hati
Bodo amat lah, emang gue pikirin. Gue mengeluarkan alat sulap amatiran dari tas gue yang waktu lebaran gue beli di abang abang depan SD berupa potongan jari jempol, pisau, dan darah palsu yang bisa diisi ulang pakai pewarna. Cara mainnya gampang, tangan kiri atau kanan posisikan terlebih dahulu dengan mengepal, lalu tempelkan potongan jempolnya, posisi jempol kita yang asli harus posisi menekuk, kl engga entar malah keliatan kaya orang cacat jempolnya 2.
Nah untuk darah bohongan digenggam aja. Saat potongan jarinya di bacok pake pisau mainan, pencet aja darahnya sampai muncrat. Timingnya harus pas biar keliatan real. Gue berlaga seperti orang kesurupan, mata gue paksain buat melotot. anne memperhatikan gue dengan ngeri. Lalu gue tunjukan pisau palsu, gue letakkan potongan jari jempol gue di meja, dan langsung gue bacok potongan jempol tersebut.
"aaahh dante lo udah gila ya" teriak anne histeris
"anne kenapa kau teriak teriak" tanya guru gue dengan logat medan yang khas
"ini bu dante motong ja...ri......" anne berhenti bicara saat melihat gue merapikan alat sulap amatiran
"kenapa lo?"
"gue pikir tadi beneran, dasar bego" maki anne
"hei anne sini kau kedepan, bahasa kau kasar sekali seperti anak terminal" panggil guru gue
"ini bu si dante udah gila" balas anne
"kau yang sudah gila, daritadi ku perhatikan dante diam saja. Kau malah teriak teriak"
"maju sini kau ke depan" sambung guru gue
ini pertama kalinya anne di setrap, gue seneng gue seneng. Gue memutar posisi duduk gue, gue selonjorkan kaki gue ke bangkunya anne, dan punggu gue bersandar ke tembok.
"hei dante kenapa kau senyum senyum sendiri" tanya guru gue
"oh engga bu, piss bu damai kita"
Posisi duduk kaya gini malah bikin gue dapet ide. Pulang sekolah gue bakal ikutin anne pulang. Tapi kl ketauaan gue ngikutin anne, malu banget gue. Makin besar kepala aja ni anak. Ah tapi bodo amat lah, kl nanti ketauan ya pintar pintar gue ngeles aja.
Setengah jam sebelum keluar kelas. Gue baru sadar dari pagi anne belum makan, belum minum. apa anne puasa? tapi bulan puasa udah lewat, hari ini bukan hari senin atau kamis. kl dia puasa, puasa apa dia?
bel pulang berbunyi, emil sudah menunggu gue di depan kelas. aduh gimana nih, bisa gagal nih rencana gue. berfikir..... berfikir......
"mil, gue langsung balik ya"
"oh yaudah, yuk bareng"
"itu dia mil, gue mau kesitu dulu, mau ketemu kk gue"
"kesitu dimana?" tanya emil menyelidik
"hhmm kesitu... ke rumah sakit yang deket taman situ, iya gue mau kesitu"
"rumah sakit? mana ada rumah sakit dekat taman situ. rumah sakit bukannya dekat lampu merah ya?"
"nah maksud gue yang itu" jawab gue gugup
"yaudah gue ikut ya" pinta emil
"yah jangan mil, gue kan sama kk gue. takutnya tunggu lama nanti"
Emil melangkah meninggalkan gue
"mau kemana mil?"
"WE" jawabnya judes
"...."
gue celingak celinguk mencari anne, kemana ni anak? gue tanya sama temen gue yang lagi nunggu angkot juga, dia bilang anne tadi udah naik angkot. jiaah sialan, gue kan ga tau rumahnya anne. gue cuma tau angkot jurusannya doang. nah turun dimana gue kan ga tau. ah bodo, nekat aja. kl ga ketemu ya mau ga mau gue harus cari plan C. gue menaiki angkot yang menuju daerah rumahnya anne. gue duduk di bangku depan samping supir. dengan harapan gue bisa ngeliat anne di jalan
"bang kiri bang" saut gue saat gue melihat anne masuk kedalam daerah perumahannya.
gue mengeluarkan hp, dan menelpon anne denga private number. cuma buat mastiin si itu anne apa bukan. jangan sampe gue udah ikutin trus pas malem gue dateng ga taunya salah orang. dari kejauhan gue liat dia mengangkat telponnya. wah bener berarti itu anne. gue mampir ke warung kelontong terlebih dahulu. gue membuka seragam sekolah gue, gue masukin kedalam tas dan menggeluarkan topi dari tas gue. tak lupa sebath dulu. gue berasa seperti shinichi kudo aka Conan yang lagi menyamar buat gerebek bandar cuka.
"oh itu rumahnya" gue lihat anne memasuki rumah bercat silver berpadu dengan warna biru muda.
KAMU SEDANG MEMBACA
-Lebih Dari Sekedar No Absen-
Diversosawalnya ga pernah terpikirkan buat gue nulis cerita ini. setelah acara reunian kemarin, ga tau kenapa gue jadi ingin banget nulis cerita ini. ya sekedar gue bernostalgia. Nama gue Dante, gue ingin menuliskan sebuah kisah hidup gue dari jaman masih k...