Part 120

1.1K 35 0
                                    


  minggu siang dipenghujung bulan januari. gue yang sedang asik berpetualang di alam mimpi, mendadak harus terjaga saat gue merasa ada tetesan tetesan air yang membasahi wajah gue. ah sial, gentengnya bocor, batin gue. gue ga menggubrisnya. dengan mata yang masih terpejam, gue berpindah posisi tidur agar ga terkena tetesan air.

tak lama gue kembali merasa ada tetesan tetesan air yang membasahi wajah gue. tumben tumbenan ini genteng bocor. seberapa deras sih ujannya. gue buka perlahan mata gue. gue dapati anne di depan gue. terkikih pelan dengan memegang gayung yang berisi air.

jiaahh ini mah bukan gentengnya yang bocor. lagi gue bego juga, suara ujan aja ga kedengeran sama sekali. udah gitu lantai tiga kan full beton, masa bocor sih.

"daaanntteeeeeee....bangguuuuuunnn......!!" suara anne berdengung keras di telinga gue

"rese lo ah" gue merubah posisi tidur. dengan maksud ingin melanjutkan tidur.

"dantteeeee bangggguuunnn" anne menarik tangan gue

"........"

"banguuunnn nteeeee" kini anne mengguncang keras tubuh gue

"........"

gue membalikan badan. kini posisi gue tengkurap dengan bantal menutupi kepala

"danntteee bangun ah"

gue berasa ada seseorang yang berdiri di atas punggung gue. akh.. ampun deh kelakuannya nih anak.

"astaga, berat ne"

"bangun makanya"

"yaudah lo awas dulu, gimana gue mau bangun"

anne turun dari punggung gue. lalu duduk bersandar di sebelah gue. gue melanjutkan tidur

"dantee banggunn !! gue siram juga lo lama lama.. susah banget sih bangunnya"

"ngantuk ne"

"banguun !!" anne mencabut bulu kaki gue

"anne, sakit !!"

anne tertawa lebar

"makanya bangun"

gue terduduk malas sembari mengucek mata. tak sampai lima menit, badan gue tumbang kembali. kini gue menjadikan pahanya anne sebagai tumpuan pengganti bantal.

"Astaga nte.. susah banget sih lo bangunnya" anne menepuk nepuk pipi gue

"gue ngantuk ne"

"udah siang nte. lo mau tidur seharian?"

"ini kan jadwalnya gue berhibernasi, ne"

"bangun ah.. tidur mulu kerjaan lo !!"

"cium dulu"

"idih males banget.. bau iler gitu"

gue tertawa pelan. kini gue benar benar terbangun. gue bergegas untuk mandi. dua puluh menit kemudian gue udah selesai mandi dengan pakaian yang sudah berganti. selama gue mandi, anne membuatkan gue nasi goreng. gue ga pernah khawatir saat anne membuatkan gue makanan.

dari jaman waktu sekolah, anne emang jago masak. anne selalu mendapat nilai tertinggi saat pelajaran food product. saat praktek, makanan buatannya selalu ditunggu oleh guru guru yang lain. makanan buatannya bisa dibilang yang paling enak diantara murid lainnya. udah cakep, jago masak, istriable banget deh pokoknya. lama lama gue rantein juga lo ne biar ga ada yang ganggu hahaha..

"kenyang?" tanya anne saat gue selesai makan

gue mengangguk seraya menyalakan sebatang rokok

"enak ga?"

"banget. tumben banget lo bikinin gue nasi goreng"

anne menyeringai. firasat gue ga enak nih

"sekarang bantuin gue beresin kamar" ucapnya lalu nyengir lebar

dugaan gue benar, pasti ada udang dibalik bakwan !!

"jiah dasar, baik baikin gue karena ada maunya" cibir gue

anne tertawa pelan

"inget, ga ada yang gratis !! kencing aja bayar !!" anne menarik tangan gue "ayoo ah"

gue mengikutinya dari belakang menuju ke kamarnya

"angkatin kasurnya dulu, nte" anne mendorong gue ke arah tempat tidur "trus lo jemur di atas"

"ne, yang bener aja gue harus gotong ini ke atas" gue mengangkat kasurnya "ini lebih berat dari kasur gue, ne"

"trus jemur dimana dong?"

"depan aja" gue mengeluarkan kasurnya. gue menggunakan dua bangku sebagai tumpuan untuk menjemur kasur ini.

"nih" anne memberikan gue sapu

"buat apa?"

"buat ngeband !!" cibirnya "ya buat nyapu lah !!"

"kok gue? inikan kamar lo"

"kata nenek kl kita kerjanya setengah setengah entar dapet pasangannya bewokan loh"

gue tertawa lebar

"maksud lo cewek gue nantinya bewokan gitu?" gue semakin jadi tertawa "kan yang nanti jadi pasangan gue elo, lo bewokan dong"

anne mengetuk pelan paha gue pakai gagang sapu

"jangan becanda dulu deh.. kerja dulu, nanti ga kelar kelar nih" anne menyerahkan sapunya ke gue dan pergi meninggalkan gue

"elo mau kemana?"

"dapur" jawabnya "inget, yang bersih.. kl engga entar jodoh lo bewokan !!"

anne berjalan ke arah dapur. alhasil kamar ini gue yang bersihin sendirian. sementara anne masih asik di dapur. selesai menyapu gue menemui anne yang masih di dapur. gue ga tau anne masak apaan. dia cuma mengaduk ngaduk air yang ada di panci.

"masak apa lo?"

"udah selesai?"

"udah" jawab gue singkat

"sini gantian, aduk aduk terus terus ya" katanya "gue ngepel dulu"

aromanya mulai tercium. aroma jeruknya seger banget. sekarang gue tau, ini puding.

anne telah selesai mengepel kamarnya, bersamaan dengan puding yang sudah masak. lalu anne menuang adonan pudingnya ke loyang plastik berbentuk bunga. menunggu hingga cukup dingin. kemudian memasukannya ke dalam kulkas. di kost ini satu satunya kulkas cuma ada di dalam kamar nenek. sembari menunggu puding, lebih baik gue melanjutkan hibernasi yang tadi sempat terganggu......  

-Lebih Dari Sekedar No Absen-Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang