Bulan puasa kali ini pertama kalinya gue lewatin tanpa sosok emak gue. Suara teriakan yang selalu cumiakan di kuping gue saat membangunkan gue untuk saur bikin gue kangen banget.
Tante dewy selama ini emang udah berhasil menggantikan sosok emak gue. Tante dewy cenderung lembut, beda sama emak gue yang sedikit militer.
Kuping gue rasanya udah mati rasa setiap hari dengerin emak gue seriosa. Tapi itu yang bikin gue kangen dengan emak gueTiga hari sebelum lebaran, gue ditemani keluarga tante dewy balik ke jakarta.
“assalamualaikum” gue membuka pintu rumah
“aadeee lo pulang ga bilang bilang” kak iren langsung menyambut gue, suara teriakan kak iren bikin yang lain
keluar kamar“kata tante dewy ga usah bilang”
“kebiasaan kamu wy, kaya ga punya keluarga” saut emak gue
“Cuma ga mau ngeropotin kak” jawab tante dewy
Sementara yang lain masih asik di ruang keluarga, gue langsung menuju kamar gue.
Ada yang aneh, kok kamar gue jadi wangi ya?
Gue buka lemari baju gue, gue berniat mau membawa sedikit baju gue.“kak ireennnn... baju gue pada kemana?” teriak gue dari dalam kamar, karena yang gue liat lemari gue udah hampir full dengan bajunya dia
Kak iren masuk ke kamar gue
“hehehe, tuh gue taro kardus” kak iren menunjuk kardus yang ada di pojok kamar gue
“kok lo taro kardus? Ini kan kamar gue” protes gue
“baju gue udah ga muat di lemari gue, gue pikirkan lo udah jarang balik kesini yaudah gue manfaatin lemari lo”
“tapi ga perlu lo masukin kardus semua”
“sssttttt... orang puasa ga boleh marah marah, batal nanti puasanya” kak iren berlalu meninggal gue
Pantes aja kamar gue berubah jadi wangi, selama ini pasti kamar gue di kudeta sama kak iren.
Gue rebahkan badan gue di kasur, dan mata gue pun lama lama terpejam karena lelah sehabis perjalanan."woy kampret, kapan dateng lo?" sapa bewok
"tadi siang, yang lain mana wok?"
"dikit lagi juga pada nongol"
"wok, kok bau petasan ya?"
"ho'oh."
*DDUUUAAARRRR*
sebuah petasan korek meledak tepat di belakang kaki gue
"*&^%$#@!@#$%" gue dan bewok mengeluarkan kata kata mutiara
"hahahaha" suara tawa dari temen temen gue yang lain
"kapan dateng lo?" sapa febry, temen rumah gue
"tadi siang" jawab gue "bagi dong" gue merampas petasan korek yang sedang dipegang temen gue itu.
gue dan temen temen rumah gue dari dulu setiap bulan puasa selalu menjadi public enemy untuk warga sekitar. petasan udah menjadi mainan yang wajib ada setiap bulan puasa.
kayanya dosa aja gitu kl bulan puasa ga main petasan hahaha.untuk warga warga yang udah lama tinggal disini mungkin bagi mereka suara petasan udah biasa terdengar setiap bulan puasa, bosen juga kali mereka udah ngoceh ngoceh, nyiram kita pakai seember air, ngelempar pakai kaleng, tapi tetep aja kita main petasan. biarpun saat mereka marah kita semua lari sembari tertawa, namun sesudahnya kita pasti kembali membuat kerusuhan.
untuk warga yang baru tinggal disini biasanya jadi sasaran empuk dari kejailan kita. tapi hanya untuk tetangga baru yang rese. kita sampai melempari petasan ke dalam rumah mereka.Malam takbiran pun tiba.
malam malam sebelumnya kita memang selalu membuat kerusuhan, tapi setiap malam takbiaran kita lebih banyak menghabiskan waktu di masjid. hal hal yang bikin kita lebih memilih di masjid karena jalanan ibu kota pasti macet ga karuan dan di masjid kl malam takbiran kaya gini banyak makanan. dan satu lagi, banyak cewek cewek berhijab yang minta banget diangkut ke penghulu.kita pernah sekali waktu takbiran pergi ke ancol cuma untuk main petasan, macet macetnya ampun ampunan, kita baru pulang kira kira jam 03.00. udah gitu ada juga yang tauran
hari raya idul fitri selalu mempunyai makna tersendiri untuk orang orang yang merayakannya.
dulu waktu gue kecil hal yang gue tunggu tunggu saat lebaran adalah 'tanggokan'. boong kl waktu kecil lo ga pernah keliling kampung dengan memakai baju dan celana yang banyak kantongnya buat 'tanggokan'.untuk yang anggota keluarganya masih utuh ini menjadi momen yang sangat sakral, karena masih dapat berkumpul dengan orang orang yang paling kita sayang. dan pasti kita akan berdoa dalam hati agar tahun tahun berikutnya kita masih bisa berkumpul dengan anggota keluarga yang lengkap.
dan untuk yang anggota keluarganya sudah tidak utuh lagi, gue emang ga tau pasti soal ini, tapi gue bisa merasakan kesedihannya. ada satu temen kecil gue yang dari sewaktu kita masih SD dia udah ditinggal mamahnya. setiap selesai sholat ied, hal pertama yang dia lakuin adalah mengunjungi rumah terakhir almh mamahnya.
gue dan temen temen lainnya, pasti langsung ke rumahnya selesai kita berkumpul bareng keluarga masing masing, baru deh kita rame rame keliling minta 'tanggokan'
KAMU SEDANG MEMBACA
-Lebih Dari Sekedar No Absen-
Acakawalnya ga pernah terpikirkan buat gue nulis cerita ini. setelah acara reunian kemarin, ga tau kenapa gue jadi ingin banget nulis cerita ini. ya sekedar gue bernostalgia. Nama gue Dante, gue ingin menuliskan sebuah kisah hidup gue dari jaman masih k...