Maret 2007
Waktu bergulir begitu cepat. ga berasa gue udah dua puluh tahun lebih beberapa bulan hidup di dunia. Kak Vina tengah mengandung anak keduanya, dan Kak Iren baru aja menyelesaikan program S1. Semalam kak iren menelpon dan menyuruh gue pulang akhir pekan nanti. karena akan ada acara lamaran antara kak iren dan mas danu. Gue sempat berpikir mudah mudahan aja mas danu ga khilaf mau menikah dengan kak iren hahaha.“Ne”
“hmmm...” anne masih asik membaca novelnya
“jumat gue balik ke jakarta, mau ikut ga lo?”
“mau ngapain?” anne menutup novelnya. Lalu merubah posisi duduknya menghadap ke gue
“ada acara keluarga” kata gue . lalu menyalakan sebatang rokok
“yah gue sendirian dong disini” jawab anne. Anne mengambil rokok yang baru aja gue nyalain dan mematahkannya menjadi dua bagian
Gue mendengus pelan
“kan tadi gue tanya, lo mau ikut balik ga?” gue menyalakan kembali sebatang rokok yang baru
“ada acara apaan sih kluarga lo?” ucapnya sembari mengambil kembali rokok gue dan mematahkannya lagi
Gue menatap heran ke arahnya
“kakak gue mau lamaran” gue kembali mengambil lagi sebatang rokok. Belum sempat gue nyalain anne udah merebutnya. Anne juga mengambil sebungkus rokok gue dan berjalan ke arah balkon. gue mengikuti dari belakang. anne berhenti di depan tempat sampah. Lalu mematahkan satu persatu batang rokok yang tersisa.
“kok lo patahin semua?” gue memprotes tindakannya
“kan gue udah bilang, kl deket gue jangan ngerokok. Gue ga suka asep rokok” saut anne. Lalu masuk kembali ke kamar gue dan melanjutkan membaca novelnya.
“siapa suruh lo deket deket gue.” Kata gue sembari mengambil novelnya
“yah harusnya lo inisiatif dong kl rokok lo ga mau gue patahin. Lo ngerokok dulu kek di balkon. Kl udah selesai baru kesini lagi” ucapnya santai
“ini kan kamar gue. harusnya lo yang pindah ke balkon kl gue lagi ngerokok”
“justru itu. Karena ini kamar lo bearti kan gue tamu disini. Inget, tamu adalah raja !!”
"....."
“nih, gue ganti rokok lo” anne memberikan sekotak permen mint yang mirip obat tablet
Gue mencibir
“jum’at ya? Yuk balik.. gue juga udah kangen sama keadaan kamar gue di rumah” kata anne lalu tersenyum manis
Gue merebahkan diri gue di atas kasur. Sementara anne kembali melanjutkan membaca novelnya. Gue menarik nafas panjang. Gue tertawa dalam hati saat mengingat kak iren mau menikah. Hahaha ternyata ada juga cowok yang mau nikah sama cewek sarap.
Kak iren yang dulu ngajarin gue manjat pohon buat ngerampok pohon mangganya pak RT. Kak iren yang dulu ngajarin gue maen gundu. Kak iren yang dulu ngajarin gue ngadu ikan cupang. kak iren yang dulu ngajarin gue naik sepedah sampe gue nyungsep di kuburan. Dan kak iren yang bikin gue merasa mempunya sosok kakak cowok.
Mungkin yang dirasakan mas danu, sama dengan yang gue rasakan saat ini. Sama sama mempunyai hati ke cewek yang ga waras. Tapi mas danu levelnya pasti jauh lebih tinggi dari gue. karena kak iren jauh lebih gila daripada anne. Jujur aja untuk sekarang ini gue belum mempunyai pemikiran untuk menikah. lagi juga mau nikah sama siapa? sama anne? aduh entar dulu deh. buat nembak aja gue ga berani apalagi ngajak dia nikah.
Bisa kembali dekat dengan anne udah cukup membuat gue nyaman untuk keadaan saat ini. Tapi melihat mas danu yang udah serius memilih kak iren, membuat gue berandai andai. Apa gue mampu menyamai levelnya mas danu? Sejauh ini gue masih mampu memberikan seluruh hati gue untuk anne. Tapi seiring berjalannya waktu, siapa yang tau kedepannya seperti apa..
Anne berpindah posisi, kini ia duduk di sebelah gue sembari menyender ke tembok.
“ntee”
“apaan?” jawab gue ketus. Gue masih kesel rokok gue dipatahin semua
“yee.. ga usah nyolot !!” anne menarik bibir gue dengan tangannya. Lalu melotot
Gue mendengus pelan
“apa anne?” suara manis yang gue buat buat
“kakak lo yang mau lamaran siapa namanya? Kak reni ya?”
“iren, ne. Bukan reni”
“ohh.. udah ganti nama ya?” ucapnya sembari terkekeh pelan
“terserah lo deh, ne” jawab gue malas
“trus, lo kapan ntee?”
Gue menengok ke arahnya.
“kapan apanya?” tanya gue heran
“kapan lo kaya kak iren, dodol” anne menjitak pelan
“gue kaya kak iren? Ya bakalan lah !!” Kata gue “mana ada si cewek yang mau ngelamar cowok”
“ish dasar bego” anne kembali menjitak gue, kali ini sedikit lebih keras “maksud gue, lo kapan mau ngelamar cewek lo”
gue bangun dari tiduran. Duduk tepat didepannya sembari memandang sinis ke arah anne
“ngeledek lo, hah?”
Anne tertawa lebar
“oh iya gue lupa, lo kan jones”
“ga sadar non? lah lo sendiri, emang lo punya cowok?”
Giliran gue yang tertawa lebar, sementara anne terdiam. memandang sinis ke gue. dan mulai menyiksa gue.....
KAMU SEDANG MEMBACA
-Lebih Dari Sekedar No Absen-
Randomawalnya ga pernah terpikirkan buat gue nulis cerita ini. setelah acara reunian kemarin, ga tau kenapa gue jadi ingin banget nulis cerita ini. ya sekedar gue bernostalgia. Nama gue Dante, gue ingin menuliskan sebuah kisah hidup gue dari jaman masih k...