jam tiga sore, gue udah rapih dengan tas yang sudah gue gemblok. gue menyalakan sebatang rokok sembari menunggu anne datang. gue ga biasa nunggu dia di bawah apa lagi di kamarnya. kl pas gue nunggu dia lagi ganji baju bahaya banget hahaha..
habis sebatang, anne belum juga muncul. gue telp hp nya tidak ada jawaban. ah mungkin anne masih mandi, pikir gue. gue beranjak menuju teras depan dan menyalakan sebatang lagi.
gue melirik jam tangan, tinggal lima belas menit lagi sebelum jarum jam tepat berada di angka empat. anne belum juga muncul. gue mulai jengkel menunggunya. gue turun ke bawah dan mengetuk pelan kamarnya.
"Ne, anne....."
tak ada jawaban dari dalam
gue membuka pintunya, gue dapati anne sedang terduduk lesu di atas kamarnya. gue mendekatinya dan dia tersenyum
"kenapa ne?"
anne menggeleng
"kok belum rapih? lo ga mau pulang?"
"lo pulang sendiri aja, nte. gue disini aja"
"loh kenapa? elo sendirian loh disini"
"udah gpp, lo balik aja"
"ayoolah ne, lo ngapain sendirian disini"
"gue mau disini aja, nte"
"alesannya? lo ga ada uang buat pulang? gue ongkosin ayo"
anne tertawa
"banyakan juga duit gue"
"iyalah banyakan duit lo, duit lo selalu utuh" cibir gue
"nte.... ga usah pulang" anne menatap gue penuh harap
"kenapa?"
"pokoknya gue ga mau pulang"
"emang kenapa ne?" aneh nih anak, biasanya orang selalu senang bertemu keluarganya. atau jangan jangan anne lagi ada masalah sama keluarganya?
"........"
"setiap pergantian tahun keluarga gue ga pernah ada di rumah, nte"
"serius?"
"buat apa gue bohong. setiap tahun keluarga gue ga pernah tau gue balik ke rumah. keluarga gue berpikir gue tetap disini dan bareng sama lo. kl keluarga gue tau setiap tahun pulang, gue pasti diajak ke ausy. makanya gue selalu minta pulang sehari sebelum malam tahun baru. pas keluarga gue udah ga ada di rumah"
"emang kenapa lo ga mau ikut keluarga lo?"
"gue setiap ikut kesana dijodoh jodohin mulu sama tetangganya oma gue. sebel gue"
"oh gitu, iya...iya bener. ga usah.. ga usah ikut..." kata gue semangat
anne terkikih pelan. gue ga tau maksudnya apa"eehhm.. trus kenapa setiap tahun lo minta pulang?"
"karena lo juga mau pulang. daripada gue sendirian disini mending gue ikut"
"trus sekarang masalahnya lo ga mau pulang itu apa? tahun tahun kemarin bisa, kenapa tahun ini engga?"
"masalahnya setiap malam gue selalu sendirian di rumah. gue kan takut"
"yaudah gue nginep aja di rumah lo"
anne bepikir sejenak
"kl ga boleh juga gpp"
"lo emang paling ngertiin gue, nte"
"so?"
"engga !! mau lo kesamber petir lagi"
"lah kita kan ga ngapa ngapain"
"ga ngapa ngapain? amnesia lo?"
"belum sempet maksud gue"
"tapi hampir !!"
"lah elo lagi pake nyosor segala"
"ya tetep aja lo yang salah, ngapain coba lo nindih nindih badan gue"
"ga bisa gitu dong. ini bukan sepenuhnya salah gue. lo juga ga berontak"
perdebatan panjang ini tak akan berakhir hingga perang dunia ketiga. karena gue cinta perdamaian dan ga mau perang terjadi, gue pun mengalah. gue anggap semua itu gue yang salah. tahun ini kita ga pulang ke jakarta. padahal gue udah punya janji. yaudahlah mau diapain lagi.......
KAMU SEDANG MEMBACA
-Lebih Dari Sekedar No Absen-
Randomawalnya ga pernah terpikirkan buat gue nulis cerita ini. setelah acara reunian kemarin, ga tau kenapa gue jadi ingin banget nulis cerita ini. ya sekedar gue bernostalgia. Nama gue Dante, gue ingin menuliskan sebuah kisah hidup gue dari jaman masih k...