Derita gimbul yang bolak balik kehilangan jadi mengundang banyak empati. Apalagi sejak kehilangan mocol bayu, tuh bayik nangis sampe sehari semalem. Berangkat sekolah masih mewek, pulang sekolah mewek juga. Siang maem ayam suwir disuapin mbak Ana juga ngunyah sambil mewek. Nangis juga perlu energi ya Mbul.
Emang jadi aman kagak ada yang ribut nyaik mocol segala, tapi tangisan gimbul itu bikin orang serumah ruwet. Biasanya kalo nangis bentaran doang trus diem. Lah ini mewek sampe merah, airmata campur ingus campur iler jadi satu. Bulu mata lentik biasanya misah ini sampe basah dan nempel satu sama lain.
Belom lagi tiap ketemu orang pasti ngadu, katanya mocolnya iyang. Yang denger antara kasian tapi pengen ngakak. Mbak Lastri sama mbak Sri sampe bingung mau jawab apa. Diajakin bude sum bikin kue, biasanya liat mixer muter-muter gimbul hepi. Nih tetep aja, gimbul jongkok depan mixer ya sambil nangis.
Kehilangan kali ini emang lebih dahsyat daripada kehilangan yambut juga kehilangan ayam. Emang kok ditinggal pas lagi sayang-sayangnya itu berat. Orang dewasa aja kadang kagak sanggup trus baper, apalagi bayik. Jully pulang kerja mau gendong gimbul badan masih rontok. Akhirnya Alec yang kena batunya.
" Sayangnya Daddy nangis mulu sih...." Gumam Alec sambil peluk-peluk anak bayik yang nemplok di dada.
" Mocol Jio iyang da-da....huwaaaa....." Jawab Gimbul sambil mewek.
Alec kalo gini jadi bingung, maunya tuh motor dibawain Ucup aja biar tragedi nyungsep kagak keulang lagi. Kan bahaya bener itu nyungsep pake motor, udah kagak becandaan lagi itu fatalnya. Kirain anaknya kagak liat motor trus lupa eh masih inget, malah dibelain nangis gerung-gerung.
" Gak apa-apa Dad, besok paling lupa...." Kata Jully hibur bapaknya yang ngerasa bersalah.
" Daddy jahat ya Jully....?" Tanya alec begitu gimbul yang nemplok di dada Alec udah merem pegel mewek.
" Enggak, yang Daddy lakuin bener. Daddy kan kagak mau anaknya celaka...." Kata Jully kalem.
" Ini Gio nangis sampe gini, sampe anget badannya." Gumam Alec lagi.
" Ya biasa Dad, namanya juga bocah kan ya. Nyari barang yang dia suka kagak ada ya nangis...." Jawab Jully sabar sambil ngelap muka anaknya biar ingusnya kagak nempel di baju bapaknya.
" Daddy kek jahat gitu Jul, ama Gio...." Kata Alec lagi yang ngerasa bersalah.
" Kenapa bilang gitu....? Kalo gio denger gimana....? Anak gak boleh denger kata dan kalimat buruk. Apa lagi yang menghakimi seseorang kayak yang barusan Daddy bilang. Gak boleh Daddy....." Kata Jully tegas kasih pengertian.
" Ya kan ngerasanya gitu." Gumam Alec.
" Tetap gak boleh Daddy, sebagaimana kita gak bilang anak kita nakal apa bandel apa gimana. Kita juga gak boleh bilang orang lain apa diri sendiri itu jahat, apalagi di depan anak. Mereka menyerap dan mencipta stigma. Trus jadi beranggapan kayak gitu." Jelas Jully.
" Ya maaf Jully, kalo otak hati sedang rusuh. Yang keluar kadang kalimat yang toxic....." Jawab Alec.
" Iya mama paham, gio udah tidur. Moga besok lupa ya Dad, udah gak usah dipikirin...." Kata Jully ngadem-ngadem pikiran bapaknya.
Jully paham bener, Alec itu kalo urusan anak bini itu pasti kalah. Liat anak bini nyungsep ya motor jadinya diilangin, dengan harapan udah kagak ada motor anak bini bakal aman. Eh ternyata anak bayik malah ribut nyari motor.
Jully juga paham, selain ngurus kebutuhan keluarga, bapaknya anak-anak juga mikir kerjaan. Itu kantor isinya banyak karyawan juga, semua tanggung jawab ada di pundak Alec. Makanya jadi bini orang hebat itu juga kudu hebat. Jadi seorang ibu juga harus bisa mencipta suasana dan lingkungan keluarga yang sehat.
KAMU SEDANG MEMBACA
Dear Kids - Alec Fam season 2
Ficción GeneralAlec yang kini seorang suami, berusaha menjadi kepala rumah tangga yang baik. Menjadi suami yang baik untuk Jully, menjadi Daddy terbaik untuk Aleccia dan Gio. Jully yang sudah menerima Alec kembali, harus paham kalo suaminya adalah hasil dari produ...