Mentang-mentang tanggal merah semua ngenakin molor. Sayangnya dari sekian banyak manusia yang tinggal di tempat itu ada satu yang kagak ngerti tanggalan. Siapa lagi kalo bukan baby Gio si anak bungsu yang kelakuan kayak gitu. Pagi bener baby monitor di atas nakas jully udah berbunyi dan teriak nyaring.
Sambil ngumpulin segala sisa nyawa yang masih beredar di mana-mana, Jully menyeret kaki menuju kamar Gio si gimbul. Rupanya si bocah udah melek, plus pantatnya udah nungging-nungging kebelet pup. Tadi malam kebanyakan makan sih, segala dimasukin mulut. Pagi buta kebelet dah dia.
Jully masih ngantuk gara-gara Daddy malem-malem ngajakin lembur. Setelah nungguin Gio pup sambil Jully setengah teler, trus nyebokin juga akhirnya Jully nitipin Gio ke bawah. Kagak kuat nahan kantuk Jully berangkat mapan ke ranjang lagi dia, nerusin merem sambil ngelonin bayi gede yang masih juga merem.
Kalo pagi sebenernya ya semua masih sibuk. Bude Sum siapin sarapan buat semuanya, Lastri bersihin rumah, Sri nyapu luar, mang Karman nyiram kembang. Sedangkan satpam di luar masih belum ganti shift, yang jaga Pak Sulkan dan Pak Samudji. Gio gak seberapa akrab sama tuh bapak-bapak. Apalagi yang shift sore sampe malam Pak Sukro dan Pak Jaini, Gio malah gak kenal. Yang Gio kenal cuma si ubur-ubur Kipli dan Soni doang.
Gio di kantornya bude Sum malah bikin ribut, ngintil aja di belakang sambil pegangin rok. Kan bude Sum jadi ribet dan kuatir, kalo bude lagi mundur trus ada Gio bisa kelindes penyet. Mana gimbul satu ini nanya melulu lagi, bude masak jadi kagak konsen. Tiap bude sum gerak gio bunyi apa cu apa cu melulu.
Akhirnya sama bude Sum si baby Gio dititipin kepada Lastri yang lagi vakum-vakum lantai satu. Gak lupa bude kasih perbekalan biar gak ganggu orang. Sehelai kain serbet sama bude dikalungin di leher Gio, sebuah kemoceng juga dikasih. Sebelum beneran dilepas udah dipasangin sepatu gambar bebek, dan sebuah masker. Alesannya bude Sum, Gio pake topeng biar kayak Ironman. Gitu si bocah nurut aja.
" Paaaagi beciiih beciiiiih......!!" Gio mengoceh sambil ngelap meja.
" Iya bener dek, dilap itu meja sampe debu ilang semua...." Kata Lastri sambil lanjut vakum-vakum gorden.
" Bak Yaci jiooo yap mejaa...." Kata Gio pamer.
" Pinter, itu yang pojokan kelewat." Kata Lastri sambil nunjuk.
" Ciyaaaap bak Yaciii...." Jawab Gio spontan.
Lastri mesem dikit lihat tingkah anak sang majikan. Biasanya di kampung dia Lastri lihat anak kecil kalo dikasih tau ngeyel ngajak gelud lah ini bayik nurut bener. Mana bantuin bersih-bersih pula, ini bapak sama emaknya kalo tau ngamuk kagak ya anaknya ikutan pegang kemoceng sama ngelap meja.
" Gio, duduk aja biar mbak Lastri yang bersih-bersih...Gio sana maen....." Suruh Lastri yang kuatir kena omel ndoro juragan.
" Bak Yaci ceeeewet jiooo baaancu yeeeewel.....!" Si bayik ngomel.
Lastri bingung jawab apa lagi, maunya kan biarin aja maen itu anak sang majikan. Ini beres-beres kan kerjaan asisten rumah tangga emang. Belum lagi nanti kalo ternyata majikannya ngerti trus gak terima anaknya ikutan bawa kemoceng sambil kalungan serbet gini kan gawat. Bisa jadi nanti kek yang ada di film-film sinetron itu, asisten rumah tangga disiksa. Kan ngeri kali ya, niat cari duid eh pulang babak belur.
" Jiooo becih beciiiiih....yumahh jio beciiih....kincoong...." Gio memuji hasil kerjaannya sendiri.
" Elah ngerti bahasa kinclong juga ni bocah," gumam Lastri heran.
Lastri yang lagi vakum-vakum sofa ngelirik si bocah yang pindah ke lantai. Khusyu dia ngelap lantai pake serbet. Tau lah nalar bocah itu sampe mana, tapi beneran ini anak rajin bener. Mulutnya aktif bunyi tangannya juga aktif gerak.
KAMU SEDANG MEMBACA
Dear Kids - Alec Fam season 2
Ficção GeralAlec yang kini seorang suami, berusaha menjadi kepala rumah tangga yang baik. Menjadi suami yang baik untuk Jully, menjadi Daddy terbaik untuk Aleccia dan Gio. Jully yang sudah menerima Alec kembali, harus paham kalo suaminya adalah hasil dari produ...