11. 📚 Special Guest

12.7K 939 982
                                    

Anak bayik gimbul kalo kagak bikin perkara sehari aja kayaknya gatel, ada aja udah ulah dia. Kali ini yang ketiban sial Kipli dan emaknya. Gara-gara ajaran sesat Aleccia akhirnya orang lain yang celaka. Gio gimbul yang percaya aja setiap kalimat Aleccia jadi beneran mikir, kalo Ironman dan kikumen rumahnya ada di belakang rumah Kipli.

Aleccia ini kalo ngejeplak ngawur aja, pemahaman adeknya yang masih terbatas situ aja jadi berimajinasi kemana-mana. Akhirnya pas emaknya Kipli jenguk bapak ganteng sepanjang masa, gio mutusin buat ngintilin ikut pulang. Berharap nanti bisa sowan ke rumah sang payawan cupel.

Aleccia awalnya demen gimbul diajakin ke rumah Kipli, bayangin rumah tenang tanpa ada biang kerok di bayik. Sayang emaknya Aleccia yang cantik kinclong tiada Tara itu bilang, kalo Gio kelanjur kerasan bahaya. Aleccia kagak bakalan punya adek. Baru nyadar, trus stress mendadak. Alec punya anak dua kok ya begini amat.

Kipli dan emaknya yang berangkat bawa sekarung singkong Ama ubi, juga setandan pisang dan sekresek terong. Balik-balik gendong bayi gimbul yang beratnya udah kek arca. Sepanjang jalan nanya melulu pula, apa cuuu apa cuuu. Emaknya Kipli sampe dower jawabin. Tapi sayangnya udah mau nyampe rumah Kipli Gio merem. Bacod melulu sih di jalan, belum nyampe batre udah abis aja.

Udah merem mau dibangunin kasian. Sama emaknya Kipli di taruh aja di depan tipi biar adem. Kasian ini anaknya wong Londo kayaknya kagak tahan gerah. Kipli nyangklong sebuah ransel, isinya segala perbekalan minggat. Bukannya Jully kuatir anaknya kagak bisa makan apa minum, kagak mah. Jully mikirnya takut kalo anaknya nyusahin orang, mau mimik maunya cucu beyuang. Mau ngemil maunya ceyul acin, ato yoti. Kan kasian emaknya Kipli.

Adeknya Kipli pas pada ngumpul nonton upin-ipin langsung buyar. Emaknya gendong ransel kirain bawa oleh-oleh eh malah yang digembok anak bayik. Bingung juga mana bayik bentuk kayak begitu, Nemu di mana coba kakak sama emaknya. Bayik rambut coklat mana gindut gimbul-gimbul.

Adeknya Kipli ada 4, yang 2 cowok yang 2 cewek. Yang paling kecil masih SD, yang Laen masih SMP sama SMU. Mereka 5 bersaudara, rame bener. Ya Alec sama jully anak cuma 2 aja udah bikin ribut, lah ini 5. Kebayang berisiknya.

" Mak, Nemu di mana....?" Tanya Supri yang masih SD.

" Bukan nemu Sup, anaknya majikan kakak lu ini." Jawab emaknya kipli.

" Kok ngikut mak....?" Sari, adek Kipli yang SMP.

" Kagak tau dah emak, kita pamitan dia ribut bilang yikut." Jawab emak.

Emaknya Kipli leyeh-leyeh di samping gimbul yang molor, rasanya pegel juga ini. Kayak abis gendong beras sekarung. Tadi melek mulut bunyi terus, sekarang merem mulut diem tapi tangan kaki masih juga kagak bisa diem. Tadi sama emaknya Kipli coba diselimutin, baru 5 detik selimut udah ditendang. Padahal maksud si emak biar si bayik kagak dirubung laler.

" Mak, ganteng." Puji Suleman sambil towel-towel rambut si gimbul.

" Ganteng lah Maaan Leman, bapaknya aja ganteng kayak wong Londo. Emaknya itu cantik kinclong, laler nempel pipi kepleset dah." Jawab emaknya Kipli hiperbola.

" Mak, perutnya bisa buncit begini....?" Tanya adek Kipli yang satunya lagi, Lia.

" Abis makan pisang abis dua tadi," jawab emaknya Kipli.

Kipli kipas-kipas depan tipi, masih anteng ini biang kerok merem. Coba nanti kalo udah melek, siap-siap lu pada. Sekarang masih muji segala, belum tau aja kelakuan. Tadi mau kagak diajakin kasian ibu kalo Gio ngamuk. Ibu ngurusin pak Alec aja udah lelah, ditambah ngurusin Gimbul yang kalo ngamuk kadang gak manusiawi, kagak tega.

" Hoaahhhh......" Ada sebuah suara bayik menguap.

Cilaka udah melek.

Gimbul akhirnya melek, baru bangun dia bingung. Setelah ngolet beberapa kali akhirnya dia duduk, masih juga bengong. Celingak-celinguk lihatin sekitar, trus lihat adeknya Kipli semua. Lihat emaknya Kipli, baru pas lihat Kipli senyum gimbul mengembang.

Dear Kids - Alec Fam season 2Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang