11

282 21 1
                                    

Bab 11. Berbicara tentang hal yang tidak masuk akal

Jalan pegunungan dari Kabupaten Longzhou ke Desa Dacha. Bagi warga Desa Dacha, jalannya sekarang sudah sangat bagus, bahkan gerobak keledai pun bisa menuju ke sana. Dulu, butuh waktu seharian penuh hanya untuk turun gunung.

Namun bagi orang yang belum pernah ke gunung sepanjang 800 mil ini, jalan pegunungan ini sungguh mengancam nyawa. Lebar jalan bervariasi dan bergelombang. Dari waktu ke waktu, batu-batu kecil berjatuhan dari atas. Itu menempel di tebing, dan sungai mengalir ke timur di bawah. Wen Cheng berjalan selama dua jam dan hampir terlempar ke tanah oleh hembusan angin gunung. Untungnya, pohon yang terbentang secara diagonal menghalanginya dan dia tidak tumbang.

Pelayan Wen Cheng bocah buku Xiaofu juga berusia lima belas atau enam belas tahun, lebih muda dari Wen Cheng, tetapi dia terbiasa bekerja dan kebugaran fisiknya jauh lebih baik daripada Wen Cheng. Dia melihat Wen Cheng menerkam batang pohon, berpura-pura membantu: "Kedua... Huh... Kedua, Tuan Muda Kedua..."

Wen Cheng mengangkat kepalanya sedikit dan melihat wajah Xiaofu yang biasanya cerah memerah, dengan dua garis hitam, rambutnya berlumuran keringat dan menempel di tanah, dan dia mengendus-endus sambil berbicara. Sebagai pengontrol wajah senior, Wen Cheng tidak bisa menahan diri untuk tidak memalingkan wajahnya dengan jijik, melambaikan tangannya, dan menunjukkan bahwa dia baik-baik saja: "Istirahatlah sebentar."

Xiaofu duduk di tanah setelah mendengar ini, terengah-engah, dengan tatapan gelap di matanya. Dia mencibir dalam hatinya ketika memikirkan alasan tuan muda kedua pergi keluar, "Pergi ke pegunungan untuk mencari ramuan untuk ayah", dan membawanya dengan seorang tukang buku kecil? Keganasan gunung seluas 800 li ini, apalagi di Kabupaten Longzhou, diketahui semua orang di seluruh Negara Bagian Qi?

Tetapi sekelompok orang di rumah daerah mengikuti dan memuji tuan muda kedua karena berbakti. Sebagai satu-satunya pelayan yang bisa berkencan dengan tuan muda kedua, Xiaofu juga merasa iri. Tapi hari-hari seperti itu...

Ketika tuan dan pelayan tiba di Desa Dacha, hari sudah gelap, dan bahkan penduduk desa di bawah pohon teh besar pun menghilang. Penduduk desa enggan menyalakan lampu minyak. Dalam cahaya redup, bahkan suara orang-orang di seluruh desa hampir tidak terdengar. Sekelompok kelelawar terbang tanpa suara, dan tiba-tiba terdengar tawa yang aneh. Bayangan hitam besar melintas di udara tanpa suara apa pun.

Keringat panas di dahi Xiaofu langsung berubah menjadi keringat dingin, dan suaranya gemetar: "Hantu... Kedua, Tuan Muda Kedua, ada hantu!"

Bagaimanapun juga, Wen Cheng memiliki pengetahuan, dan dia tidak ingin kehilangan muka di depan para pelayan, jadi dia segera memarahi: "Hantu apa! Itu burung hantu malam, ada apa?"

Xiaofu mengencangkan jari-jarinya saat memegang bungkusan itu, dan merasa tidak nyaman sama sekali. Burung hantu malam, burung hantu malam, itu burung yang sedang berkabung. Jika burung hantu malam tertawa, seseorang pasti akan mati. Xiaofu memandangi matahari yang meluncur menuruni gunung dengan cepat, dan dengan berani menyarankan: "Tuan Kedua, saya akan mencari tahu di mana rumah suami saya dulu."

Wen Cheng melambaikan tangannya: "Hari mulai gelap, ayo pergi bersama." Saat ini, Wen Cheng sangat menyesalinya. Dia pikir mengendarai keledai itu tidak bagus, jadi dia berjalan mendaki gunung.

Wen Cheng punya seekor kuda. Itu adalah kuda yang tinggi, dan bahkan di kota, itu membuat iri banyak tuan muda. Baik itu Kabupaten Longzhou, ibu kota kabupaten, atau Prefektur Anjiang, ibu kotanya, semuanya berada di pegunungan. Kuda lokal merupakan kuda berkaki pendek yang banyak digunakan untuk bertani dan membawa barang. Kuda silsilah padang rumput jenis ini sangat langka.

Namun kuda jenis ini tidak cocok untuk ditunggangi di pegunungan, dan Wen Cheng tidak menyukai kuda berkaki pendek karena citranya yang buruk.

Wen Cheng menyesali hal itu di dalam hatinya, dan memikirkan bagaimana memperlakukan saudara baiknya ketika dia bertemu dengannya nanti. Memikirkan hal-hal yang menggembirakan, tampaknya bahkan tungkai dan kakinya menjadi lebih ringan.

Bepergian melalui pegunungan yang jauh menuju petani teh_BLTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang