19

200 13 0
                                    

Bab 19. Memanfaatkan api untuk merampok

Anak gunung itu tangguh. Anak itu lebih seperti pingsan karena kelaparan daripada kedinginan. Semangkuk bubur panas menyelamatkan anak itu. Kemudian, sebelum anak itu sadar, dia diseret ke rumah kepala desa oleh Xiong Da.

Meski anak tersebut menyedihkan, keluarga mereka tidak dapat bertanggung jawab atas masalah ini. Situasi serupa juga terjadi pada penduduk desa. Begitu keluarga mereka membuka pintu ini, moralitas penduduk desa akan segera memberi tahu mereka apa artinya menjadi serakah.

Anak itu tampak sedikit bingung. Xiong Da menggendong anak itu di tengah jalan, dan tiba-tiba dia seperti terbangun dan menangis memanggil orang tuanya, lalu mencoba menendang dan memukul Xiong Da.

Xiong Da mengulurkan tangannya, menjepit lengan anak itu, dan mengetuk pintu rumah kepala desa tanpa mempedulikan ingus dan air mata di wajahnya.

Kepala desa mendengarkan penjelasan singkat Xiong Da tentang keseluruhan proses, dan matanya membelalak seperti lonceng tembaga.

Ketika anak itu mendengar orang tuanya melompat dari tebing, dia tertegun dan berhenti menangis atau melolong.

Tak lama kemudian, seorang penduduk desa berlari mendekat: "Kepala desa, ini buruk! Rumah Ergen terkubur di salju!"

Keluarga Ergen adalah ayah dari anak tersebut.

Anak yang tertegun mendengar ini dan tiba-tiba berteriak sekeras-kerasnya seolah-olah ada tombol yang ditekan: "Itu semua karena kamu! Kamu membunuh orang tuaku! Kamu membunuh orang tuaku! Aku akan membunuhmu!"

Kepala desa menjadi marah ketika mendengar ini: "Diam!"

Penduduk desa yang datang untuk melaporkan berita tersebut juga tercengang: "Apa yang terjadi? Erzhuzi, kenapa kamu ada di sini? Di mana orang tuamu?"

Erzhuzi dimarahi oleh kepala desa dan menangis begitu keras hingga tersedak. Pada saat ini, dia terus cegukan dan menunjuk ke arah Xiong Da dan berkata: "Dia, dia...cegukan...orang tuaku...cegukan..."

Kepala desa menampar Erzhuzi dan membuatnya terjatuh: "Bocah bau, apa yang kamu bicarakan? Orang-orang menyelamatkan hidupmu!"

Erzhuzi bangkit dari tanah dan langsung marah. Dia menendang bangku di sebelahnya dan berhenti cegukan.

"Kalian bicara omong kosong! Kalian berdua berkolusi satu sama lain! Kalianlah yang membunuh orang tuaku!"

Xiong Da sangat kesal sehingga dia tidak ingin terlibat dalam masalah ini sama sekali. Jika anak ini adalah anaknya, dia akan memukulinya sampai mati! Anggap saja semangkuk bubur di pagi hari sebagai memberi makan anjing akan membuat anjing mengibaskan ekornya!

Xiong Da menyapa kepala desa dan pergi, tidak mendengarkan teriakan anak di belakangnya. Dia awalnya berpikir bahwa keluarganya tidak akan kekurangan makanan, dan jika memang tidak ada orang di rumah untuk anak ini, dia bisa merawatnya secara diam-diam. Kini tampaknya istrinya benar-benar berpandangan jauh ke depan.

Wen Lun mendengar laporan rinci Xiong Da, dan alisnya yang awalnya mengerutkan kening menjadi rileks. Meski dia mengatakan itu saat itu, dia masih merasa sedikit bersalah. Sekarang sepertinya: "Di mana anggota keluarganya?"

Belum lagi Xiong Da telah meninggalkan desa selama lima tahun, bahkan sebelum dia meninggalkan desa, dia belum mengenal penduduk desa.

Li Er, sebaliknya, telah berlarian dengan rajin akhir-akhir ini, dan dia telah dilatih di rumah daerah, jadi dia tahu segalanya tentang seluruh desa: "Pasangan Ergen yang melompat dari tebing memiliki seorang putra tertua bernama Dazhuzi , yang konon bekerja sebagai pelayan di sebuah restoran di kota kabupaten."

Bepergian melalui pegunungan yang jauh menuju petani teh_BLTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang