15

246 21 0
                                    

Bab 15. Menutup Gunung

Sejak salju pertama turun, gunung setinggi 800 li ini telah memasuki masa penutupan gunung. Hutan pegunungan yang terus menerus tiba-tiba menjadi sunyi.

Gunung itu langsung tertutup lapisan salju putih. Setiap hari, Xiong Da, seperti penduduk desa, membersihkan salju di sekitar atap dan rumah.

Tidak ada lagi seorang pun di desa yang berkumpul di bawah pohon teh besar. Rumah keluarga Xiong baru dibangun tahun ini, dan mereka sedikit khawatir akan tertimpa salju. Rumah-rumah tua penduduk desa yang sudah lama rusak tidak mampu menahan terombang-ambing. Tidak apa-apa di siang hari, tapi saya tidak bisa tidur nyenyak di malam hari.

Wen Lun tidur nyenyak akhir-akhir ini. Kecuali suara orang berjalan sesekali, dia tidak mendengar apa pun. Gunung yang semula berada dalam jangkauan pendengarannya, tiba-tiba meninggalkannya sendirian.

Wen Lun tidur agak goyah, dan hanya dengan suara deburan ombak laut dia bisa tenang.

Wen Lun menjadi tenang, tetapi Xiong Da hampir mati ketakutan.

Awalnya, situasi keluarga mereka jauh lebih baik dibandingkan dengan penduduk desa. Namun, ketika situasi Wen Lun jelas-jelas tidak tepat, Xiong Da sangat cemas hingga mulutnya penuh lecet.

Wen Lun tampak seperti sedang tertidur lelap. Xiong Da ingin membawa Wen Lun ke dokter, tetapi kereta keledai tidak dapat bergerak dalam cuaca yang sangat dingin, dan dokter tidak dapat pergi ke pegunungan. Xiong Da ingin membawanya ke kota kabupaten, tetapi dia takut Wen Lun tidak akan mampu menahan cuaca sebelum memasuki kota kabupaten.

Cui Lian dan Bi He adalah ahli dalam merawat orang. Dua hari ini, Xiong Da akhirnya melonggarkan jam malam bagi mereka dan mengizinkan mereka melayani Wen Lun.

Ketika Cui Lian dan yang lainnya mengikuti Wen Lun keluar rumah, mereka tidak bersedia sama sekali, dan mereka masing-masing memiliki pemikiran kecilnya sendiri. Setelah berhari-hari, mereka sudah terbiasa dengan kehidupan di pegunungan. Keluarga Xiong memiliki perbekalan yang cukup dan kehidupan mereka tidak sulit. Tidak banyak gangguan hubungan interpersonal di rumah, dan guru tertua bahkan mengajari mereka membaca dan menulis.

“Tuan tertua hanya banyak tidur, tidak apa-apa.” Cui Lian menghiburnya dengan suara rendah sambil menyuapkan sesendok bubur kurma merah ke dalam mulut Wen Lun. Kurma merahnya sudah dipetik, dan sendoknya berisi butiran beras yang lembut, ketan, dan mekar, yang penuh dengan rasa manis.

Hanya ada sedikit seukuran kuku di sendok perak kecil, tapi masih ada bubur yang meluap dari sudut mulutnya. Situasi ini hampir sama dengan saat Wen Lun berada di mansion. Hanya dalam beberapa hari, wajahnya yang tadinya agak kemerahan, dengan cepat berubah pucat, dan dia terlihat sedikit lebih kurus. Itu membutuhkan setengah jam untuk memberinya setengah mangkuk bubur.

Kompor menyala di dalam ruangan, dan semangkuk obat untuk maple berkulit besi dihangatkan di atasnya. Setelah bubur, Bihe memasukkan obat ke dalam mulut Wen Lun sedikit demi sedikit, dan gerakannya lebih hati-hati.

Saat Xiong Da masuk, Bihe baru saja selesai memberinya obat. Dia kurang tidur dalam beberapa hari terakhir, matanya menjadi merah, dan ekspresinya tampak sedikit galak. Ketiga orang yang awalnya sedikit takut padanya tidak berani mengucapkan sepatah kata pun saat melihatnya.

Cui Lian dan Bihe segera mengemasi barang-barang mereka dan meninggalkan ruangan.

Xiong Da berdiri di dekat anglo dan menghangatkan diri sebelum naik ke kang.

Wen Lun langsung mendatanginya, tetapi dia tidak lagi memiliki kekuatan untuk melepas pakaiannya. Dia bersenandung pelan dua kali, mengerutkan kening karena ketidakpuasan.

Bepergian melalui pegunungan yang jauh menuju petani teh_BLTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang