Bab 44. Kelas Literasi
Para pemalas di gunung pergi, dan keluarga kepala desa pindah kembali ke rumah mereka sendiri. Pada hari kepulangannya, kepala desa dengan sungguh-sungguh mengunjungi keluarga Xiong. Tepatnya, dia datang mengunjungi Yao Qing.
“Xiong, Tuan Xiong!” Kepala desa masih sedikit takut saat melihat Xiong Da. Terkadang ketika dia melihat batu bata di dindingnya, dia ingin menggalinya dan mengembalikannya untuk keluarga Xiong.
Wen Lun hampir tersedak dan menoleh untuk melihat "Tuan Xiong Xiong".
Tuan Xiong Xiong menganggapnya membosankan: "Kepala desa ingin mengatakan sesuatu." Dia tidak terbiasa dengan orang dewasa yang berbicara di belakangnya ketika dia tinggal di pegunungan.
Kepala desa menundukkan kepalanya dan berkata: "Penduduk desa ingin memanfaatkan musim sepi untuk belajar beberapa kata dari Tuan Yao." Yao Qing mengajar anak-anak tanpa hambatan. Kelasnya sederhana, hanya berlatih kaligrafi, dan dia hanya membuat meja pasir dan memotong dahan untuk berlatih.
Ketika penduduk desa mengirim anak-anak mereka untuk belajar bersama Yao Qing, hanya sedikit dari mereka yang benar-benar berpikir mereka bisa belajar apa pun. Tujuan bermain lebih dari ekspektasi. Namun setelah beberapa bulan, meskipun saya melihat sekelompok anak-anak mengejar dan berkelahi di sekitar desa setiap hari, mereka benar-benar dapat mengenali banyak kata. Beberapa dari mereka bahkan bisa menceritakan beberapa cerita dan masuk akal.
Wajah Yao Qing kaku, dadanya membusung, dan dia memandang Wen Lun dengan tatapan tidak ada orang lain selain dirinya.
Wen Lun tidak keberatan dengan hal ini: "Di mana tempat untuk kelas? Sekarang tidak ada cukup ruang." Kelas sekarang berada di ruangan tempat asrama aslinya berada. Dari guru hingga siswa, mereka semua adalah anak-anak setinggi tiga kepala. Itu seperti rumah mainan. Itu cukup untuk keperluan sehari-hari, tapi jika orang dewasa benar-benar datang untuk belajar, apalagi ruangan itu, bahkan kamar keluarga Xiong saat ini tidak akan cukup. Apalagi musim dingin berbeda dengan waktu lainnya. Jika kita mengajar di udara terbuka, kita akan mati kedinginan.
Sejak kepala desa ada di sini, dia sudah mendapat ide: "Kuil tua bisa diperbaiki."
Kuil tua? Wen Lun sudah lama berada di Desa Dacha, tapi dia belum pernah mendengar tempat seperti itu.
Xiong Da mengetahuinya, mengangguk, dan menjelaskan kepada istrinya: "Ada kuil pegunungan di ujung timur desa, tempatnya seharusnya cukup." Kemudian dia menoleh ke kepala desa dan menyeringai, “Harus ada aturan untuk membuka sekolah.”
Kepala desa memandangi gigi putih besar Xiong Da, dan merasakan hawa dingin di bagian belakang lehernya: "Seharusnya ada di sana."
Kemudian, Wen Lun dan Yao Qing menyaksikan Xiong Da dan kepala desa melakukan negosiasi dan konsultasi yang mendetail dan intens mengenai masalah-masalah seperti biaya sekolah, perbaikan rumah, konsumsi arang harian, meja dan perlengkapan sekolah lainnya, serta isi kelas.
Jangan memandang kepala desa seperti burung puyuh. Kalau menyangkut masalah tertentu, dia langsung menolak menyerah.
Wen Lun merasa tidak menarik untuk mendengarkannya, tapi Yao Qing melihat bolak-balik antara Xiong Da dan kepala desa, matanya berbinar.
Wen Lun tiba-tiba teringat sesuatu, memanggil Li Er untuk datang mengerjakan sesuatu, menyebarkan empat harta penelitian, dan menuliskan perjanjian yang telah mereka selesaikan satu per satu. Wen Lun mempunyai beberapa gagasan tentang isi kelas: "Kami akan mengajari penduduk desa apa yang mereka perlukan ketika mereka bekerja di musim semi."
Hanya satu atau dua bulan saja, jauh dari awal musim semi. Setelah musim semi membajak, sebagian besar penduduk desa akan turun gunung untuk bekerja. Menurut kepala desa, masyarakat sangat menderita karena buta huruf. Menurut Wen Lun, alasan mengapa penduduk desa menderita lebih besar karena mereka tidak tahu bagaimana harus bersikap.
Nilai-nilai di kota kabupaten sangat berbeda dengan nilai-nilai di desa pegunungan. Perilaku penduduk desa di desa sama sekali tidak dapat diterima di kota kabupaten, jadi mereka secara alami diblokir di mana-mana. Wen Lun bersedia melakukannya. Apalagi jika ia bisa mengubah sebagian perilaku penduduk desa, ia akan merasa lebih nyaman tinggal di desa, tanpa khawatir ayamnya dicuri atau telurnya diambil.
KAMU SEDANG MEMBACA
Bepergian melalui pegunungan yang jauh menuju petani teh_BL
FantasyBaca aja ga usah di vote woyy!!!😁😁 Seorang pelajar bajingan modern melakukan perjalanan melalui ruang dan waktu untuk menjadi putra seorang penguasa daerah kuno. Identitasnya canggung. Ibu tirinya mengawasinya dengan iri, dan adik-adiknya menguci...