Time to Say Goodbye

4.1K 578 32
                                    

Anantian Suharsono

Gue memandang dua koper besar yang terbuka di depan gue

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Gue memandang dua koper besar yang terbuka di depan gue. Semuanya udah penuh sama baju dan perlengkapan lain yang bakal gue butuhin selama tinggal disana. Di kasur gue tergeletak beberapa dokumen seperti paspor, visa, dan tiket serta beberapa dokumen lainnya yang gue butuhkan untuk mengurus kuliah gue disana.

Besok gue bakal flight ke Korea. Negara yang asing banget buat gue, dan bahkan gue sendiri gak pernah kepikiran bakal bisa kuliah disana. Gue buta sama negara yang sering dijuluki sebagai negeri ginseng tersebut. Gue gak tahu bahasa mereka, kebudayaan mereka, gue yakin 100 persen gue bakal kayak kayak anak hilang disana. Ditambah lagi gue bakal jauh dari orang tua gue. Gue bakal beradaptasi lagi dengan lingkungan baru, dengan teman-teman yang baru pula.

Rasanya berat banget. Gue takut kalo home sick. Selama ini walaupun gue tergolong mandiri, gue sebenernya masih belum bisa apa-apa sendiri. Pasti selalu ada bibi atau mama yang bantu gue. Gue menarik napas beberapa kali. Mencoba menenangkan diri gue sendiri. Gak apa-apa, Yan, lo bakal balik lagi kok. Lo gak bakal kenapa-napa disana. Lo pasti bisa ngelewatin ini semua!

"Dek." Panggil seseorang yang sudah gue tau siapa dia. Kak Talitha atau biasa gue panggil Nyai. Dia berdiri di ambang pintu dan bersandar. Tangannya tersila di depan dada. Wajahnya datar kedua matanya menatap tepat ke arah gue. Gak ada ekspresi galak yang biasa dia tunjukkan ketika sedang melihat ke arah gue.

"Kenapa? Tumben kesini." Ia berdecak kemudian berjalan menghampiri gue. Dia duduk di ranjang dan melihat ke arah koper gue yang mungkin kalo dia masuk juga bakal cukup kayaknya. Walaupun kita serumah, Nyai jarang banget masuk ke kamar gue. Katanya kamar gue kayak zona terlarang untuk ditinggali dan dimasuki karena kamar gue selalu berantakan. Begitupula sebaliknya. Gue gak pernah masuk ke kamar Nyai kecuali disuruh Mama bangunin dia. Karena menurut gue, masuk ke kamar Nyai sama aja kayak masuk ke kandang buaya.

"Lo yakin mau kuliah di Korea?" tanyanya pelan. Tak ada bentakan atau nada suara tinggi seperti biasanya.

"Menurut lo? Udah packing, beli tiket, tinggal berangkat. Ya kali gue gak yakin?" ujar gue "lagian lo harusnya seneng, kan di rumah gak ada yang gangguin lo lagi."

"Ck, bukan masalah itu." Dia terdiam "gue kayaknya bakal kehilangan lo banget deh. Kan lo bakal jarang balik."

Kini giliran gue yang terdiam. Hubungan gue sama Nyai bisa dibilang masuk kategori love hate sibling. Gue akan selalu nyari dia kalo dia gak ada di rumah, begitu pula sebaliknya. Tapi kita selalu ribut kalo kita berdua sedang ada di rumah. Sampe Mama udah gak bisa menghandle kalo gue sama Nyai ada di satu tempat seperti acara keluarga.

Gue menunduk lemas. Gue jadi keinget dulu dia pernah marahin gue gara-gara gue bolos kelas dan ketahuan BK. Dia marah se marah-marahnya sama gue sampe ngomong "mau jadi apa lo kalo sekarang aja suka bolos? Mau kuliah dimana lo kalo sekarang doyan bolos?! Emang ada kampus yang mau nampung anak bolosan kayak lo? Malu-maluin!". Gue tau kalimat dia emang kadang nusuk. Banget. Tapi kalimat dia juga yang kadang bikin gue sadar kalo di dunia ini masih ada yang peduli sama gue selain Mama Papa. Cuma Kak Thalita yang berani marahin gue sampe ngata-ngatain. Gue gak pernah sekalipun masukin omongan Kak Talitha ke hati. Gue bawa omongan dia ke pikiran gue agar gue bisa sadar.

"Gue bakal balik kali ah."

"Ya iya, tapi kan gak tiap hari." Ia menunduk.

Gue tersenyum. Ini kayaknya pertama kalinya dalam sejarah hidup seorang Talitha Suharsono jadi mellow kayak gini. "kak, gausah menye dong." Ucap gue "mana nih Talitha yang galak mampus? Masak gue pergi kuliah aja jadi soft gini sih?"

"Ah elu mah!" ia menatap kedua mata gue. Gue tau matanya udah mulai memerah, gue tahu kalo dia bakal nangis. Suara dia udah mulai bergetar. Sudut bibirnya ia paksa agar tersenyum walaupun gue tau bibirnya udah geter nahan tangis.

"Kan lo punya gebetan sekarang, siapa itu? Jongin? Apa siapa sih?" ucap gue sambil mengingat-ingat "bakal ada yang jagain lo."

"Jongin ya Jongin. Elu ya elu. Jongin gak bisa jadi Tian, Tian gak bisa jadi Jongin. Kalian punya porsi yang beda."

"Iya? Gue kira porsi gue sebatas pembantu sama tukang bangunin lo doang." Gue tertawa kecil.

"Ah sialan lo. Gue lagi serius padahal." Ia mengusap matanya dengan punggung tangannya.

"Udah, gausah nangis. Udah jelek makin jelek." Gue kembali tertawa "lo inget gak sih, dulu pernah marahin gue gara-gara gue bolos? Terus lo tanya kampus mana yang mau terima gue? Sekarang udah kejawab kan?" dia tertawa. "makasih ya udah marahin gue. Kalo lo dulu biarin gue gitu aja, kayaknya gue gak bakal dapet beasiswa di Yonsei deh. Gue bakal gitu-gitu aja atau bahkan gak kuliah karena males."

"Alah sampah lo." Dia memukul pelan perut gue.

"Makasih karena lo udah jadi kakak yang baik buat gue. Mau orang-orang ngatain lo galaknya kayak apa, buat gue lo tetep yang terbaik."

Gue tahu gimana susahnya Kak Talitha buat bantu Mama sama Papa jaga gue yang pengen hidup bebas. Gue tau gimana capeknya Kak Talitha harus marah-marah terus buat ngasih tau gue. Gue tau kalau sebenernya dia gak bermaksud seperti itu. Mau segalak apapun, gue tetep menganggap Kak Talitha malaikat gue. Because she is my truly angel.

Side StoryTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang