Anak Mami

3.7K 624 44
                                    

Febiano Sehun

Anak mama, anak mami, manusia rempong, dan berbagai julukan lainnya seperti udah akrab di telinga gue

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Anak mama, anak mami, manusia rempong, dan berbagai julukan lainnya seperti udah akrab di telinga gue. Dulu waktu semester satu, hampir setiap hari gue ditanya "mana mama lo? Gak ikut masuk kelas sekalian?" sama beberapa anak karena gue selalu bawa bekal makan ke kampus. Jujur aja gue kesel lama-lama, karena apa salahnya sih lo bawa makan sendiri ke kampus? Emang salah ya kalo gue ke kantin cuma numpang duduk buat makan doang gak beli makan disana? Emang gue harus menuruti kehidupan masa kini yang apa-apa serba beli? Gak kan? Salah gitu kalo gue mau lebih deket sama nyokap gue sendiri? Umur kan gak ada yang tau, apa salahnya kalo kita lebih mendekatkan diri sama orang tua mumpung masih bisa.

Menurut gue, gak ada yang bisa ngalahin rasa dari masakan nyokap gue. Kalaupun ada, pasti gue tetep balik ke masakan nyokap gue. Mungkin bakal terdengar lebay, tapi bagi gue, masakan nyokap udah kayak rumah. Mau makan dimana aja dan semahal apapun, gue bakal tetep lebih suka masakan nyokap.

Gue gak tahu apakah gue harus merasa beruntung atau merasa sial karena punya temen kayak Jongin. Dia cuma satu-satunya temen gue yang selalu ngebela gue disaat anak-anak lain ngejek gue. Cuma dia yang selalu bilang "diemin aja, mereka belom pernah ngerasain bistik sapi buatan nyokap lo sih. Jadi pada julid. Padahal kalo dikasih pasti nambah." Tiap ada anak kelas yang tanya "bawa makan apa hari ini, Hun?"

Oke, gue sebenernya gak mau muji-muji Jongin disini, tapi emang kenyataannya gitu. Cuma dia yang mau bela gue walaupun dengan resiko hampir separuh bekal makan gue dia yang habisin, katanya sih "itung-itung jasa ngomong belain lo tadi.", tapi entah kenapa gue gak pernah ngerasa kesel kalo dia yang minta.

Pernah sekali gue sengaja bawain dia bekal karena gue lagi ogah berbagi bekal dengan siapapun, termasuk sama Jongin. Dan lo tau apa? Mata dia tiba-tiba memerah. Gue kaget setengah mati, ternyata dia mau nangis karena terharu. Dia ngomong "sumpah ya, hampir 18 tahun gue hidup, kayaknya baru kali ini ada yang ngasih gue bekal makan." Setelah kejadian itu, gue gak pernah bawain dia bekal lagi. Gue lebih memilih memperbanyak bekal di kotak gue agar bisa berbagi dengan dia.

Gue dan segala perilaku ribet gue emang kadang bikin susah siapa aja. Contohnya kayak masalah kamar mandi. Gue paling gak bisa kalo harus kencing di kamar mandi yang kalau dari luar aja udah kecium bau bacin. Biasanya sih di WC kampus gue suka gitu sih. Apalagi gedung DKV jadi satu sama gedung teknik yang emang kebanyakan cowok. Jadi gue gak pernah berharap sih WC kampus di gedung gue bakal sebersih WC cewek yang emang jarang dipake.

"Lo pernah pipis di WC cewek gak sih?" tanya Jongin tiba-tiba saat kelas. Gue udah biasa, sih menerima pertanyaan random dan gak penting dari Jongin saat kelas. Justru gue heran kalau dia gak ngomong sama sekali.

"Ya enggak lah. Mending gue lari ke gedung sebelah atau nahan pipis daripada ke WC cewek buat pipis." Ucap gue sembari berbisik karena gue gak mau ketahuan dosen.

"Alah payah. Padahal mah pipis ya pipis aja loh. Kan lo gak ada niatan ngintip." Ucapnya. iya sih, bener juga. Tapi kan ya tetep aja bego. Suka heran gue sama Jongin. Kayaknya pas kecil dia kalo minum susu formula dicemil bubukan kali ya? Gak diseduh pake air.

"Ya tapi kan tetep aja, bego. Namanya WC cewek ya buat cewek."

"Gini deh, coba kalo lo udah diujung banget, gak bisa lari ke gedung sebelah, terus gak bisa nahan juga, cuma ada WC cewek, lo masih tetep gak mau pake?"

"Ya itu mah beda kasus." Ucap gue mulai kesal.

"Ya sama a—"

"KALIAN BERDUA YANG DI POJOK, KELUAR DARI KELAS SAYA!" Sejak saat itu gue benci kalo Jongin ngajak ngomong waktu di kelas.

"Lo pernah gak sih ngerasa benci sama diri lo sendiri?" tanya Jongin waktu kita duduk di koridor kelas setelah diusir dari kelas. Sebenernya kita bisa aja pergi kemana kek, kantin, atau balik ke rumah sekalipun, karena kita bukan lagi anak SD yang kalo disuruh keluar tapi malah duduk di depan pintu kelas. Tapi gue sama sekali gak punya tujuan saat itu, jadi gue memutuskan untuk duduk di bangku panjang depan kelas.

"Pernah. Sering."

"Gara-gara?"

"Gara-gara diri gue sendiri." Ucap gue kemudian terdiam "dan orang-orang sekitar." Tambah gue.

Jongin mengangkat sebelah alisnya sembari menoleh ke arah gue.

"Terkadang omongan orang-orang sekitar yang bikin gue benci sama diri gue sendiri. Omongan orang-orang yang bikin gue kadang mikir 'ternyata gue bikin jijik ya? Apa-apa serba ribet' dansebagainya." Gue terdiam sebentar "emang sih gak baik ngikutin omongan orang melulu. Tapi itu sesuatu yang gak bisa gue cegah, kan?"

"Yailah. Manusia emang udah kodratnya kayak gitu. Menghujat dan dihujat. Santai aja kali. Humans are complicated, and sadly, we are human too." Gue kembali terdiam mendengar kalimat Jongin. "jangan nyubit kalo gak mau dicubit. Intinya cuma itu. Perihal kelakuan lo yang serba ribet dan sering dikatain anak mami, diemin aja, karena emang lo kayak gitu. Tinggal diri lo sendiri aja yang mau gimana. Menerima keadaan lo dengan rasa bangga atau berubah karena tuntutan sosial? Semuanya balik ke lo lagi."

However, we can't prevent to hurting someone and being hurt, because we are human and human will always complicated.

Side StoryTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang