Sebelum baca, jangan lupa tekan bintang vote-nya dulu ya~ selamat membaca💜
✿‧˚✧ᵔ ᵕ ᵔ✧˚‧✿
SEMENJAK saat itu, hubungan Gita dan Gala tanpa sadar jadi semakin dekat. Kalau sebelumnya Gita ke rumah Gala untuk bertemu Bunda Ndari, sekarang ia sudah menganggap rumah Gala rumah kedua. Di rumah Gala kan semuanya serba ada, jadinya Gita betah. Pokoknya yang tinggal di sini beneran kayak keluarga sendiri. Nggak perlu sungkan. Mau ngapain aja bebas. Mau ke perpustakaan bacain buku, dengerin curhatan Mbak Ifah di gazebo sambil ngemil atau kadang nemenin nonton drakor yang untungnya Gita nggak sampai teracuni oppa-oppa sama ahjussi-ahjussi tampan, kadang juga bikin kue bareng Ibu Yati.
Bahkan kadang, Gita jadi asistennya Gala. Bantuin ngetikin proposal, nge-print ini itu, sampai nyuapin Gala pas Gala lagi sibuk nyusun materi buat OSIS. Semua terjadi begitu aja, apalagi Gala kan anak yang pinternya di atas rata-rata jadi Gita bisa les privat gratis dan ternyata Gala guru yang baik hati dan penyabar. Gala bakal menjelaskan sampai Gita benar-benar paham.
Seperti sekarang, di perpustakaan pribadi Gala lagi nerangin tugas matematika pada Gita.
"Rumus cepetnya pake ini, nggak perlu yang dicetak di buku paket."
Gita hanya mengangguk-angguk.
"Terus biar elo gampang hafalin rumus, tempelin di banyak tempat yang sering elo liat. Kayak di tembok, di cermin, di meja belajar, atau di mana terserah. Elo juga bisa bikin catatan rumus di buku kecil yang muat di saku biar bisa dihafalin ke mana-mana."
"Bukan buat contekan?" tanya Gita menaik-turunkan alisnya.
Gala segera menjitak dahi Gita dengan bolpoin, membuat Gita mengaduh.
"Jangan dibiasain nyontek."
Gita mengusap dahinya sambil nyengir. "Tapi kata Bambang nyontek nggak apa asal nggak ketauan. Soalnya pasti guru-guru juga pernah ngerasain nyontek pas jadi murid. Bener kan omongannya Bambang?"
"Kebiasaan nyontek itu bisa bikin elo ketergantungan sama orang lain Ta, baik sekarang ataupun nanti. Nanti elo nggak bisa survive di luar sana. Begitupun dengan elo yang buat contekan untuk diri elo sendiri. Elo bakal ngelakuin segara cara buat dapetin yang elo mau dengan cara yang salah, yang mungkin bisa ngerugiin diri elo sendiri."
"Kalo dikasih secara cuma-cuma, masa ditolak gitu aja Gal. Kan rezeki jangan ditolak. Kalo ada yang berbaik hati ngasih kemudahan ngapain susah-susah buat mikir nyari jawaban."
"Itu sama aja elo belajar biar gampang disuap sama orang. Misal suatu saat elo tau kejahatan besar Adam yang bakal atau udah ngerugiin keberlangsungan makhluk hidup yang ada di dunia dan cuma elo saksinya di saat orang lain nggak tau, elo bakal pilih tutup mata, tutup telinga karena elo merasa hutang budi gara-gara dikasih nilai yang nggak seberapa." Gala menatap Gita lekat yang menatapnya balik tanpa berkedip. "Secara nggak sadar, kebiasaan nyontek itu berpengaruh di masa depan. Entah elo yang rugi atau ngerugiin."
"Kenapa harus Adam yang jadi contoh jahatnya sih?"
"Ya, masa gue. Gue tuh anak baik dan jujur." Gala menyilangkan tangan di depan dada dan memasang wajah angkuh. "Gue ambil contoh nyata. Gue pernah jadi saksi mata waktu Adam ngasih elo contekan. Dan gue yakin elo udah hafalin contekan yang dikasih Adam."
"Elo bisa ngomong gitu karena nggak pernah di posisi terbawah Gal. Menurut gue, nyontek itu bentuk pembelajaran kok. Belajar sosialisai dan membangun relasi."
"Iya, relasi jahat yang menghancurkan generasi rusak akhlak yang suka ngegampangin sesuatu nantinya." Gala mengangguk-angguk. "Pinter banget ya emang Gitania ini melakukan pembelaan. Cocok banget jadi pengacara yang ngebelain para koruptor nanti. Biar hukumannya ringan atau bahkan nggak dihukum sama sekali. Ah, atau jadi hakim aja gantiin siapa tuh yang pernah vonis yang ngerugiin negara tapi malah disuruh ikhlasin aja buat siapa pun yang merasa dirugikan."
KAMU SEDANG MEMBACA
CHEMISTRY DI ANTARA GITA
Teen Fiction[LENGKAP!] Gita, sosok cewek datar yang kalem tapi kalau udah nemu yang sefrekuensi bisa ikut gila juga. Dan Gita terdampar di kelas 11 IPA 2 yang ada si biang segalanya. 11 IPA 2 menjadi tempat berkumpul idamannya anak kelas lain. Yang terkenal ak...