Sebal-Sebal Romantis

62 1 0
                                    

Dalam perjalanan ke kampus, sebenarnya Revina hanya ingin diam dan sama sekali tak berminat mengobrol. Namun, Alan tentu tak mau membiarkan situasi yang seperti itu. Ia terus mengajak Revina bicara.

“Rev, kamu tadi udah sarapan? Kalo belum, ini saya ada bawa sandwich. Kalo mau, boleh, kok. Ambil aja,” tawar Alan.

“Gak, Pak. Makasih. Saya tadi dah sarapan, kok. Buat Bapak aja.”

“Hm, okey. O ya, nanti kamu juga ada jadwal kelas sama saya, kan?”

“Iya. Saya masih inget, kok, Pak. Habis saya kelas Prof Hadi nanti, saya langsung kelas sama Bapak. Saya gak akan bolos, kok.”

“Padahal saya cuma basa-basi, loh. Saya gak mikir macem-macem begitu, lah. Saya tau, mahasiswi bimbingan saya ini anak yang rajin.”

“Hmm.”

“Nanti sekalian pulangnya bareng saya lagi aja, gapapa, Rev. Biar kamu bisa lebih hemat ongkos, kan? Gak perlu pesen ojek segala.”

“Bapak gak usah repot-repot begitu. Saya gak gaji Bapak buat jadi sopir saya.”

“Siapa yang minta gaji, sih, Rev? Saya tuh seneng kalo bisa anter kamu. Jadi saya ada temennya. Saya gak suka kalo nyetir sendirian.”

“Ya udah, Pak Alan bisa cari orang lain buat diajak pulang bareng. Gak perlu saya, kan?”

“Kalo saya maunya kamu aja, gimana? Saya gak tertarik anterin yang lain. Cuma kamu yang paling spesial buat saya.”

Revina memilih tak merespons Alan lagi. Ia jera, Alan selalu saja cari kesempatan untuk mendekati dan mengambil hatinya. Walau sampai sekarang, usaha Alan tak ada yang mempan untuk Revina.

Alan tentu tak terima Revina mengabaikannya dan hanya diam.

“Rev? Kok diem aja? Jadi, mau kan, pulang bareng saya nanti?”

“Terserah Bapak. Saya juga susah mau hindarin Bapak. Saya tau, Pak Alan selalu bisa cari cara biar bisa anter saya pulang.”

“Nah, makanya, udah tau juga, kan. Jadi, kamu gak perlu repot-repot hindarin saya. Gak bakal guna, Rev.”

“Hmm.”

“Kamu dari tadi hmm-hmm aja.”

“Lagi mager ngobrol, Pak.”

“Ya udah, mumpung ada waktu, mending kamu belajar dulu. Masih sempet, lah. Nanti, saya mau adain kuis dadakan di kelas.”

Revina langsung melotot mendengar pernyataan Alan yang satu ini.

“APA, PAK? SERIUSAN?”

“Ya, biasa aja kali, Rev. Cuma kuis kecil-kecilan, kok. Nih, karena kamu spesial buat saya, jadi saya kasih tau kamu dulu.”

“Astaga, Pak. Mana belum ada persiapan pula. Belum belajar.”

“Sekarang masih bisa, kok. Saya juga gak akan kasih soal kuis yang susah-susah. Kamu tau kan, saya ini dosen yang baik, gak sejahat dosen-dosen sepuh di kampus.”

“Level susah Bapak sama saya tuh udah jelas beda.”

“Gak, kok, Rev. Jangan cemas.”

“Bapak ini. Menyebalkan. Pak Alan bikin saya makin sakit kepala. Gak usah ajak saya ngomong lagi, Pak.” Revina menyandarkan kepalanya di sandaran bangku mobil Alan, sembari menoleh menatap jendela.

“Jodoh saya lagi pusing? Kenapa, Rev? Mau saya cariin obat atau ke dokter dulu? Masih sempet kok sebelum kelas pertama kamu. Atau, saya juga bisa izinin kamu ke Prof Hadi dulu. Gimana?” Alan seperti sangat mengkhawatirkan Revina begitu mendengar ia mengatakan sedang sakit kepala. Alan sambil mengusap lembut puncak kepala Revina.

“Gak usah. Saya hanya perlu diem sebentar, Pak. Makanya, jangan ajak saya ngobrol dulu, ya.”

“Oke. Kamu tidur aja dulu sebentar. Nanti waktu sampe kampus, saya bangunin kamu. Gak usah khawatir, kuis dadakannya gak jadi, kok. Gak perlu terlalu mikirin itu.”

“Beneran gak jadi, Pak?”

“Ya. Kurang baik apa saya, coba? Apa pun bisa saya lakuin buat kamu, Sayang. Udah, tidur aja dulu, ya.” Alan mengucapkannya dengan lembut dan begitu romantis.

Sebenarnya, yang membuat Revina sakit kepala adalah karena bicara dengan Alan. Namun, ya sudahlah. Setidaknya, kini ia bisa tenang sejenak. Ia bisa menghindari kebucinan Alan untuk sementara waktu.

Sampai di kampus, Alan membangunkan Revina perlahan. Ternyata, tadi Revina benar-benar tidur. Alan mencoba berbisik di dekat telinga Revina sembari sedikit menepuk lengannya. Revina pun pelan-pelan membuka matanya.

“Eh. Udah sampe, ya, Pak?”

“Iya, Jodoh. Kita udah di kampus.”

“Em, oke. Kalo gitu makasih, Pak. Saya permisi ke kelas duluan.”

“Selamat belajar! Yang semangat, ya. Eh, gak mau cium tangan dulu?”

“Lah, ngapain, Pak? Bapak ayah saya juga bukan.”

“Kan, saya dosen kamu. Biasanya kamu sopan sama dosen-dosen yang lain. Kalo ketemu juga cium tangan.”

“Lah, si Bapak. Kan, Pak Alan beda. Mau disamain sama dosen-dosen sepuh di sini?”

“Beda? Hm, saya lebih spesial, ya?”

“Haduhh. Serah deh, Pak. Udah ah, saya mau ke kelas.”

“Rev, kalo gak cium tangan, mau cium yang lain juga boleh, kok. Saya kasih bonus peluk juga kalo mau.”

“Mending saya cium tembok, Pak. Permisi.”

Tiba-tiba, Revina mengaduh. “Aduh!” Kepala Revina tak sengaja terjedot bagian atas pintu mobil Alan ketika ia baru akan turun dari mobil dengan terburu-buru dan kurang berhati-hati.

“Astaga. Tuh, kejedot, kan. Makanya hati-hati, Sayang. Kamu, sih, kualat gegara lebih milih cium tembok daripada cium saya.”

“Mobil Bapak aja yang nyebelin. Sama kayak yang punya.”

Revina berjalan cepat ke kelasnya. Sementara Alan yang ditinggal di dalam mobil hanya senyum-senyum melihat tingkah gadisnya.

“Makin hari, jodohku makin bikin gemes aja. Revina-Revina.”

***

Revina baru selesai dari kelas pertamanya hari ini. Sebelum jam kelas dengan Alan dimulai, Revina pergi ke kantin lebih dahulu untuk membeli snack dan minuman dingin.

Ketika ia baru berjalan dari kantin kampus, langkahnya dihadang oleh seseorang. Orang yang tidak Revina sangka bisa ada di kampus, apalagi di jam segini. Revina mematung menatap pria di hadapannya.

“Sayang,” sapa pria itu. “Aku pengin bicara sama kamu.”

“Kamu, di sini? Bukannya ini masih jam kerja kamu?”

“Aku izin keluar sebentar dari industri. Nanti aku balik lagi ke sana. Aku tau kamu ada di kampus. Jadi, aku ke sini buat ketemu kamu. Kalo aku ke rumah, mungkin bunda kamu gak izinin aku ketemu kamu lagi kayak kemarin.”

“Irsyad—

“Rev, maafin aku, Sayang,” ujar Irsyad sembari spontan langsung merengkuh Revina dalam pelukan eratnya. Revina masih terdiam. Dalam hati, Revina bertanya, apa Irsyad ingin memperbaiki kesalahpahaman di antara mereka? Atau justru ini karena ia sudah mengetahui tentang kejadian malam itu.

“Aku minta maaf. Karena aku, kamu harus ... aku udah tau semuanya dari dosen pembimbing kamu. Rev, aku udah buat kamu dalam bahaya. Harusnya, malam itu aku gak biarin kamu sendiri. Maaf, Sayang. Maafin aku.”

Ya, Irsyad sudah tahu. Dan ia harus tahu pun dari Alan—saingan sekaligus ancaman untuknya sebagai pemilik posisi sebagai kekasih Revina.

“Irsyad, aku gapapa. Pak Alan dateng tepat waktu buat nolongin aku,” jawab Revina.

Apa setelah ini Revina dan Irsyad akan kembali berbaikan?

Terjebak Kenangan Mas DosenTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang