“Vin, coba lihat dulu sana di depan, Nak. Kayaknya ada tamu, tuh,” seru bunda Revina dari dapur begitu mendengar bunyi ketukan pintu.
Revina yang mendengar teriakan bundanya bergegas menuju pintu. Ia agak terkejut begitu melihat ternyata tamu yang datang adalah orang tua Irsyad.
“Eh, Tante-Om, mari masuk dulu.”
Revina mempersilakan mereka masuk dan segera memanggil bundanya. Bunda Revina pun tampak antusias begitu mengetahui orang tua Irsyad—calon besannya yang datang berkunjung.
Kedua keluarga saling berkenalan, dilanjutkan sedikit obrolan kecil. Selang sepuluh menit, Revina dan bundanya pamit ke dapur sebentar untuk menyajikan minum dan camilan.
“Eh, gak usah repot-repot, Rev, Jeng,” seru mama Irsyad.
“Gapapa, Jeng. Ini cuma seadanya. Kebetulan tadi juga pas lagi bikin kue. Silakan, sambil dicobain, ya.”
Minuman dingin beserta beberapa stoples kue kering sudah tertata rapi di atas meja. Obrolan pun berlanjut.
“Maaf, kemarin saya gak jadi dateng ke acara wisuda Irsyad. Ada urusan mendadak.”
“Oh, iya. Gak masalah, Jeng. Revina udah jelasin waktu itu, katanya Jeng lagi sibuk bantu bikin catering di tempat kerabat. Pasti Jeng Rosela ini pandai masak, ya. Kapan-kapan boleh lah kita masak-masak bareng, ya, Jeng, biar saya juga bisa ketularan ilmunya.”
“He-he. Jeng mah berlebihan. Tapi, buat masak bareng, dengan senang hati, Jeng. Pasti seru.”
Begitulah bila emak-emak bertemu. Pasti ada saja yang mereka bahas, hingga bercakap tak henti-henti. Obrolan pun didominasi oleh bunda Revina dan mama Irsyad. Papa Irsyad dan Revina hanya menyahut dan mengiyakan sesekali.
“Eh, iya Jeng. Kok Irsyad-nya gak ikut main ke sini?”
“Nah, iya. Tadi tuh anaknya bilang mau nyusul ke sini setelah urusannya selesai, tapi gak tau nih, kok belum sampe juga. Dia tadi bilangnya mau ada survei ke beberapa industri dulu, Jeng. Dia udah mulai mau cari-cari lowongan. Disuruh nerusin usaha papanya, dianya gak minat katanya. Malah milih cari sendiri pekerjaan di luar.”
“Oh, mungkin memang karena urusannya belum selesai, Jeng. Menurut saya, anak Jeng tuh hebat, loh. Mandiri, lebih suka berusaha sendiri. Apalagi selama ini Nak Irsyad udah jagain anak saya dengan baik.”
“Anak Jeng—Revina ini juga hebat, loh. Saya salut. Selama ini Irsyad tuh jarang banget bisa deket sama perempuan, bahkan gak pernah sekali pun ngenalin temen deket perempuan ke kami. Tapi, begitu ketemu Revina, dia langsung gampang nyantol. Pastinya ada yang istimewa di diri anak Jeng. Revina, kamu jangan bosen-bosen sama Irsyad, ya. Kalo dianya aneh-aneh atau bikin kamu kesel, langsung aja lapor ke tante.”
“Eh, gak kok, Tante. Irsyad baik, kok. Dia bahkan selalu ngertiin aku dan gak neko-neko,” sahut Revina.
Bunda Revina pun menimpali dengan senyuman.
Sementara obrolan terus mengalir di rumah Revina, di lain tempat, Irsyad ternyata sedang tertimpa masalah. Inilah sebabnya ia tak kunjung sampai di rumah Revina. Sebenarnya bukan masalah yang terlalu besar. Mobil Irsyad tak sengaja menyerempet seseorang. Untunglah orang yang diserempet tadi tidak terluka begitu parah. Namun, masalah ini justru jadi dibuat runyam, sebab yang jadi korban bukanlah orang sembarangan.
Irsyad sekarang sedang dalam perjalanan mengantar korban ke rumah sakit. Selain suara bising jalanan, ia pun mesti mendengarkan suara cerocos gadis di sampingnya yang masih saja mendumel.
“Haduh. Ya Tuhan, kenapa harus Kau-pertemukan aku lagi dengan cowok nyebelin sumber kesialan ini,” seru gadis itu.
“Eh, bisa diem gak, sih? Udahan napa? Masih untung gue dah mau tanggung jawab, nih. Padahal luka kecil begitu aja. Manja bener.”
“Gimanapun Anda ini tersangkanya, ya. Hm, ini pun mau nganter ke rumah sakit palingan juga gara-gara takut dikeroyok massa.”
“Kalo lo sendirinya juga pake mata kalo jalan, gak bakal sampe nyium mobil orang kali. Suka banget nabrakin diri ke orang lain, gak di kampus, gak di jalanan.”
“Tuh, kan. Gak berubah juga, tetep bisanya nyalahin orang doang. Padahal di sini aku yang luka-luka, loh.”
Ini memang bukan pertama kali mereka bertemu. Kasus tabrakan sebelumnya terjadi di kampus. Ya, gadis itu—lagi-lagi Prita.
“Enough! Lebih baik shut up, atau gue turunin sekarang, nih.”
“Coba aja turunin, kalo berani.”
Irsyad mengusap mukanya dengan satu tangan. Ia begitu tak menyangka harus terjebak dalam situasi semacam ini, bersama orang ini, dan di waktu yang tidak tepat.
“Gara-gara lo, gue jadi telat ke rumah pacar gue, nih. Padahal kami ada pertemuan keluarga, bokap-nyokap gue bahkan udah nunggu di sana. Dan gue malah harus kejebak sama lo begini.”
“Makanya Mas, kalo nyetir itu pake mata! Gak usah nyalahin aku doang, lah. Kasihan deh, gak jadi ketemu Kak Revi.” Prita keceplosan menyebut nama Revina.
“Eh, tunggu! Lo ... jadi lo kenal Revina juga? Kok bisa? Atau lo nguntit gue, ya? Lo sampe cari tau soal siapa pacar gue.”
“Astaga, Mas. Ngapain juga kurang kerjaan begitu. Kalo mau nguntit orang, aku pun milih-milih juga kali. Aku sama Kak Revi itu udah bestie banget, bahkan sejak aku ketemu Masnya. Heran juga sih, kok bisa Kak Revina bisa mau punya pacar yang bentukannya macem ini.”
Irsyad makin penasaran, dari mana Prita bisa mengenal Revina. Siapa Prita sebenarnya?
“Lo serius temenan sama Revina? Gue aja gak pernah lihat lo di kampus sebelum insiden sial waktu itu. Kalo pun bener, kok ya bisa Revina punya temen macem lo gini?”
“Hmm... Kuaduin Kak Revi baru tau rasa, loh,” ancam Prita.
“Serius deh, lo siapa, sih? Kenal sama Revina dari mana? Sejak kapan? Gimana ceritanya?” cecar Irsyad.
“Kepo aja, nih Masnya! Mager juga sih jelasinnya, haha!”
“Anjirr!”
Irsyad makin kesal. Ternyata tak semudah itu mendapat jawaban dari Prita.
“Nama lo siapa?” tukas Irsyad lagi.
“Idihh, nanya-nanya. Udah punya pacar masih aja modus ngajak kenalan cewek lain.”
“Buset, lama-lama gue lempar spion juga nih, lo. Siapa juga yang sudi modusin lo? Bukan mau kenalan, Mbak, cuma pengin tau nama aja.”
“Sama aja dong, Mas.”
“Hahh... gue mau tau nama lo biar bisa gue tanyain langsung ke Revina, apa dia beneran kenal sama lo. Atau mungkin lo memang cuma ngaku-ngaku.”
“Gak percayaan banget nih orang.”
“Ya udah, gak usah banyak cing cong, tinggal sebut nama aja apa susahnya, sih?”
“Tidak semudah itu, Tuan Irsyad! Itu privasi.”
“Nah, lo bahkan udah tau nama gue. Padahal gue gak pernah bilang sama lo, kan.”
“Mas, nanti deh, ya. Kukasih tau, kalo gak lupa, sih. Tapi, sekarang mending simpen dulu penasarannya. Rumah sakitnya dah di depan, tuh.”
Irsyad masih tampak tak sabaran, tetapi ia berusaha menahan diri.
“Ya udah, gih. Obatin dulu luka lo, periksain bener-bener. Biar urusan gue cepet kelar. Gue sih yakin, gak ada luka serius. Lo aja yang kelewat manja.”
“Awas aja kalo Masnya kabur!”
Prita masuk ke ruangan dokter. Sementara Irsyad harus menunggu di kursi tunggu. Ia pun berpikir lebih baik menghubungi Revina sekarang sekalian memberitahu kalau ia akan terlambat datang—mungkin sangat terlambat.
“Mending telepon Revina dulu, deh. Mereka pasti juga udah nungguin di sana.”
KAMU SEDANG MEMBACA
Terjebak Kenangan Mas Dosen
Roman d'amourRevina Shania Rosaline mendapat kejutan besar di masa-masa akhir semester perkuliahannya. Setelah merana menghadapi LDR tanpa kepastian, sang kekasih--Alan Raskal Affandra yang dulu juga seniornya di kampus tiba-tiba kembali dari studinya di Tiongko...