Talking-Talking with Pacar

59 3 0
                                    

“Ir, aku mohon kamu jangan salah paham lagi, ya. Aku post itu karena terpaksa. Itu hukuman dari Pak Alan karena tadi aku telat masuk kelasnya. Habis ketemu kamu tadi, mendadak aku mules, sakit perut, jadi mesti ke toilet dulu. Makanya, aku sampe telat lima belas menit ke kelas dia,” jelas Revina panjang lebar, berharap Irsyad mau mengerti.

“Harus banget begitu, ya? Kayak gak ada hukuman lain aja?” Dalam hati, sebenarnya Irsyad agak kesal. Bagaimana mungkin ia bisa adem-adem saja melihat kekasihnya berfoto selfie dengan sang mantan.

“Sebenernya, tadi Pak Alan kasih dua pilihan. Pilihan yang kedua itu, aku diminta bikin surat pernyataan, terus suruh dimintain tanda tangan ke tiga dosen tertua di kampus. Ya, aku terpaksa pilih opsi pertama, dong. Kalo harus berurusan sama tiga dosen sepuh, sama aja cari mati, kan, Ir?”

“Bener juga, sih. Bisa-bisa pacar aku ini habis dimaki tuh tiga dosen. Emang, ya, dosen kamu yang satu itu, kelakuannya selalu ajaib. Ada-ada aja, bikin hukuman kayak gitu. Ini kali pertama aku lihat ada hukuman macem ini, loh, Rev. Heran, deh.”

“Tau, tuh. Aku pun baru pertama kali ngalamin sendiri. Tapi, Ir, kamu beneran gak marah, kan? Plis, jangan kesel lagi. Kita baru aja baikan.”

Satu tangan Irsyad meraih jemari tangan Revina lantas menggenggamnya erat. Sembari menoleh sesekali menatap Revina, membagi fokus pandangannya pada jalanan di depan. Ia tersenyum pada Revina.

“Sayang, aku gak marah, kok. Aku juga gak sanggup berantem lagi sama kamu. Ntar kita malah jauh lagi. Aku paham posisi kamu. Emang dasar kelakuan tuh dosen aja yang ajaib. Harusnya aku gak heran.”

“Makasih, Irsyad. Aku pun malu post foto begitu. Mana pake muka jelek pula.”

“Di foto itu, kamu tetep manis, kok. Sayang aja ada pemandangan gak enak di samping kamu. Hm, kita aja udah jarang selfie bareng, kan?”

“Kamu kan sibuk, Ir.”

“Kamu pun juga sibuk skripsian, kan?”

“Em, lagian kamu kan tau, aku gak suka post-post foto selfie di akun aku. Yang satu itu kan karena terpaksa aja. Tapi, gapapa, kok. Kalo sekali-kali kita selfie, terus kita post bareng di akun kita.”

Irsyad kembali tersenyum. “Oke. O ya, kamu mau mampir cari makan dulu, gak?”

“Kamu belum makan siang, ya?”

“Udah, sih, tadi. Cuma sekarang lagi pengin makan aja, tapi bukan makan yang terlalu berat.”

“O gitu. Boleh, sih, Ir. Aku juga tadi sebenernya udah makan siang di kantin kampus. Tapi, gak masalah lah kalo cari jajan sore-sore gini.”

“Sipp. Em, kita makan di kedai bakso di depan sana aja, ya. Kalo di sana, kan, kita bisa request porsi kecil juga, biar gak terlalu ngenyangin. Di sana juga ada menu lain, gak cuma bakso doang.”

“Oke, boleh, deh.”

Mobil Irsyad berhenti di depan sebuah kedai dengan menu utama bakso yang cukup terkenal. Mereka pun masuk dan memilih meja yang kosong. Mereka duduk berdua berhadapan. Irsyad pun mulai memesan seporsi kecil bakso. Sementara Revina lebih memilih makan pempek sore ini.

Tak berapa lama, pesanan mereka pun datang.

“Selamat makan, Sayang.”

Sembari menghabiskan makanannya, obrolan kembali mengalir di antara mereka.

“Rasanya udah jarang banget kita bisa makan berdua kayak gini, ya, Rev,” seru Irsyad.

“Ya. Kangen juga, sih. Tapi, semenjak kamu mulai kerja, aku tau kalo kamu pasti sibuk banget, kan.”

“Kita sama-sama sibuk. He-he. Aku akan sering-sering luangin waktu lagi buat jalan berdua sama kamu, deh.”

“Btw, kerjaan kamu gimana?”

“Sejauh ini aman, kok. So far so good.”

“Udah betah, ya, sekarang?”

“Lebih tepatnya karena terbiasa, Sayang. Hm, tapi, aku tuh kepikiran pengin bikin bisnis lain sendiri, yang bisa kukerjain sambil kerja di industri. Ya, bisnis apa pun, lah, entah properti, online shop, atau semacamnya. Yang penting bisa jalan dua-duanya. Aku mau sisihkan sebagian dari gaji aku di industri nantinya buat bikin bisnisnya.”

“Ide bagus, tuh. Kalo ada peluang, kenapa gak? Aku pasti dukung kamu, kok, Ir.”

“Makasih, Sayang. Aku tuh ada plan begitu juga biar bisa buat persiapan kita, pernikahan kita, resepsi, rumah tangga kita. Aku tuh pengin bikin acara pernikahan yang mewah buat kita dari hasil kerja keras aku sendiri. Aku gak mau bebanin itu ke mama papa, ya, walaupun mereka pasti gak keberatan sama sekali buat biayain semua sesuai keinginan aku.”

“Uhh, pria idaman banget gak, sih? Calon pendamping berkriteria paling dicari, nih,” goda Revina.

“Jelas, dong. Pacar siapa dulu?”

Keduanya tertawa bersama.

“Kamu skripsinya gimana? Kalo cepet selesai, nanti biar bisa cepet aku lamar,” lanjut Irsyad.

“Ir, aku kan gak pengin buru-buru soal itu.”

“Iya-iya. Aku tau, kok, Sayang. Aku pun masih perlu ngumpulin pundi-pundi dulu buat nafkahin kamu dan anak-anak kita nanti.”

“Hmm.”

Setelah makanan mereka habis, Irsyad langsung mengantar Revina pulang karena tak ingin ia sampai pulang kemalaman. Sebelum sampai di rumahnya, Revina justru meminta Irsyad hanya mengantarnya sampai depan gang saja seperti kebiasaan Alan belum lama ini.

“Ir, nanti kamu turunin aku di depan gang aja, ya. Gak perlu sampe depan rumah.”

“Loh, kenapa, Sayang? Masa' di depan gang aja, sih?”

“Aku cuma gak mau ntar bunda lihat kamu. Kamu tau, bunda masih kesel. Mungkin butuh waktu buat dia baikan sama kamu. Aku gak mau nanti kamu dimarah-marahin lagi sama bunda.”

Irsyad meraih puncak kepala Revina dan mengelusnya lembut.

“Rev, gapapa, Sayang. Biar sekalian, kan, kalo aku bisa ketemu bunda kamu lagi, aku bisa coba minta maaf lagi sama dia. Aku akan berusaha lebih keras biar tante Rosela mau maafin aku. Masalah nanti aku kena marah, atau harus hadapin kekesalannya, itu biar jadi urusan aku. Kamu gak perlu cemas, ya. Aku gak masalah, kok. Aku akan tetep anter kamu sampe depan rumah.”

“Ya udah, terserah kamu aja, deh.”

Mereka sampai di rumah Revina. Belum juga mengetuk pintu, bunda Revina sudah menyambut lebih dulu.

“Vina, eh anak bunda dah pulang,” seru Rosela.

Sejenak ekspresinya berubah begitu melihat sosok Irsyad ada di sana.

“Kamu pulang sama dia, Vin?”

“Iya, Bunda. Tadi Irsyad jemput aku di kampus.”

“Tante, apa kabar?” tanya Irsyad semanis mungkin pada Rosela.

“Baik. Karena anak saya sekarang baik-baik aja. Makasih udah anter anak saya. Kalo udah gak ada urusan, silakan kamu bisa pergi sekarang,” jawab Rosela tanpa senyum sedikitpun. Ya, kesalnya belum bisa hilang juga.

Apa Irsyad harus menyerah saja? Belum apa-apa ia sudah diusir pulang walau secara halus. Jika ia minta maaf sekarang, apa bisa secepat itu hati bunda Revina luluh kembali dan menganggapnya calon menantu idaman lagi?

Terjebak Kenangan Mas DosenTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang