Hari kedua Revina tanpa Alan di dekatnya. Harusnya, rasanya baik-baik saja. Alan hanya dosennya. Sebatas mantan kekasihnya. Tak lebih. Entah mengapa, Revina justru sering terbayang-bayang dengan tingkah konyol sang dosen pembimbing.
Alan yang suka mengusiknya. Alan yang suka membuatnya harus membahas hal-hal unfaedah. Alan yang lihai membuat Revina naik pitam, kesal sampai ubun-ubun, sekaligus geleng-geleng kepala dengan tingkah-tingkah luar biasa.
Alan—si dosen absurd yang ... mungkinkah ia rindukan? Tidak. Jangan rindu! Rindu itu terlarang untukmu. Dia bukan someone special yang masih harus dirindukan. Begitulah, cara Revina tetap menstabilkan otak dan pendiriannya.
“Lihat aja, gak usah dipikirin juga, ntar pasti tuh orang neror lagi, Rev,” gumam Revina dalam hati.
Namun, hingga menjelang sore, kekonyolan itu tetap sama sekali tak terlihat. Rasanya sunyi. Ke mana Alan yang gila itu? Jujur, Revina sempat bertanya-tanya.
***
Sementara lain cerita, di hari yang hampir petang, Irsyad berkumpul dengan teman-temannya sepulang bekerja. Mereka berbincang di sebuah kafe sembari menikmati live music. Banyak yang mereka bicarakan. Candaan demi candaan pun terlontar. Topik yang mendominasi adalah kegiatan mereka masing-masing selepas selesai kuliah.
Mengingat Irsyad dulunya adalah seorang aktivis sejati, tentu teman dan kenalannya tersebar di mana-mana. Rasanya mungkin tak sempat menemui semuanya dalam satu waktu di samping kesibukan bekerjanya.
Obrolan di detik-detik terakhir justru mencatut bahasan soal pasangan hidup.
“Irsyad, jadi kapan mau seriusin hubungan lo sama si siapa itu cewek lo—Revi—ah, Revina?”
“Gue dari dulu juga udah serius kali sama Revina.”
“Bukan gitu, Sob. Maksud si Adam itu, kapan mau ke jenjang lebih serius? Nikah, Sob.”
“Gak dalam waktu dekat, lah. Revina juga belum wisuda.”
“Lah, terus masalahnya apa? Banyak kok, rumah tangga dan perkuliahan yang bisa berjalan bersamaan.”
“Gue yakin, Revina juga gak mau buru-buru. Dia lebih pengin fokus sama skripsinya dulu. Habis wisuda pun tentu dia juga pengin berkarier, dong. Gue pun baru banget masuk kerja. Seenggaknya tunggu gue bener-bener mapan dulu, lah. Lo pada mikir, nikah cuma butuh asal sah dan resepsi aja? Kesiapan finansial juga penting. Gue gak mau malah bikin orang yang gue sayang hidup susah nantinya.”
“Mantep banget lah lu. Tapi, btw, omong-omong soal skripsi cewek lo. Emang lo gak takut kalo dia justru makin deket tuh sama dosennya? Jangan sampe lo malah kalah ketikung sama tuh dosen. Gimanapun juga, tuh dosen mantannya cewek lo. Mereka pernah saling ada rasa. Gak menutup kemungkinan masih ada sisa-sisanya.”
“Gue percaya Revina, kok.” Satu jawaban yang pasti dari Irsyad. Dalam suatu hubungan, kepercayaan memang hal amat penting.
“Percaya sih percaya. Yang namanya hati, tetep gak ada yang tau, Sob. Kalo cewek lo sampe luluh lagi sama tuh dosen, lo mau apa? Gak bisa juga nyalahin kepercayaan lo itu, kan. Gosipnya udah santer di kalangan anak-anak kampus, bahkan sampe ke alumni-alumni. Cewek lo itu makin deket sama mantannya. Kayaknya tuh dosen juga emang sengaja deketin cewek lo lagi biar mau diajak balikan. Malah banyak yang jodoh-jodohin mereka biar bisa jadian lagi. Gimana, tuh?”
“Gue juga tau soal itu, kok. Yang lo bilang tadi itu bukan sekadar gosip atau kayaknya. Tuh orang udah terang-terangan ngomong sama gue mau rebut Revina lagi.”
“Buset! Serius lo? Nah, lo kok masih berasa santuy tenang-tenang aja gitu?”
“Udah gue bilang, kan. Gue percaya sama Revina. Mau tuh dosen deketin kayak apa, kalo Revina nolak, ya, tuh dosen bisa apa?”
KAMU SEDANG MEMBACA
Terjebak Kenangan Mas Dosen
Roman d'amourRevina Shania Rosaline mendapat kejutan besar di masa-masa akhir semester perkuliahannya. Setelah merana menghadapi LDR tanpa kepastian, sang kekasih--Alan Raskal Affandra yang dulu juga seniornya di kampus tiba-tiba kembali dari studinya di Tiongko...